Aquarium Laut Tanpa Protein Skimmer Bisa Berjalan Baik

Diposting pada
aquarium laut tanpa skimmer

Aquarium Laut Tanpa Protein Skimmer – Protein skimmer sudah ada sejak lama dan belakangan ini, para produsen telah membuat peningkatan besar dalam segi efisiensinya.

Bahkan, bagi para pecinta ikan hias air laut, menjalankan aquarium laut tanpa skimmer rasanya mustahil, walau hal ini tidak sepenuhnya benar. Nanti kita akan bahas lebih lanjut.

Fungsi protein skimmer sendiri ialah untuk memisahkan materi padat yang terlarut di air melalui gelembung udara yang ditiupkan.

Hingga akhirnya menghasilkan buih-buih kotoran di atas permukaan skimmer.

Singkatnya, protein skimmer ini meniru proses alami alam dalam membuang kotoran ke dari laut ke daratan, seperti yang dilakukan ombak yang membawa buih-buih kotoran ke pantai.

Oleh karena itu, rasanya protein skimmer sangat dibutuhkan demi menjaga kualitas air dalam aquarium yang menunjang kehidupan biota laut di dalamnya.

Saya anggap Anda sudah faham apa itu protein skimmer dan apa fungsinya bagi aquarium laut Anda. Anda bisa browsing tentang berbagai manfaat protein skimmer.

Seperti yang kita tahu, harga protein skimmer beserta pompa yang berkualitas baik itu cukup mahal. Makanya banyak para penghobi bertanya-tanya, apakah aquarium laut tanpa skimmer bisa berjalan dengan baik.

Nah, pada artikel kali ini Saya ingin mengutip jawaban dari aquaworldaquarium.com mengenai pertanyaan apakah aquarium laut tanpa skimmer bisa tetap berjalan? Berikut penjelasannya!

Apakah Aquarium Laut Bisa Dijalankan Tanpa Skimmer?

Saat ini ada semakin banyak reef keepers yang sangat sukses menjalankan reef tank mereka tanpa protein skimmer.

Kita perlu mencari tahu mengapa tank-tank ini bisa berjalan baik.

Menurut “Tony Griffitts” seorang reef keeper asing berpengalaman:

“Saya telah menjalankan banyak Fish Only (FO) dan reef tank dengan dan tanpa skimmer selama bertahun-tahun. Sampai hari ini saya tidak dapat mengatakan bahwa ada manfaat yang nyata dari menggunakan protein skimmer.”

“Saya menggunakan protein skimmer selama bertahun-tahun pada sistem FO dan kemudian saya melepaskannya dari sistem. Sistem ini dijalankan selama bertahun-tahun tanpa skimmer dan tidak ada dampak nyata pada kesehatan ikan.”

“Saya juga telah membuat banyak reef systems tanpa menggunakan skimmer, dan berjalan sangat baik pada small polyp stony (SPS), mereka tumbuh sangat baik, dan beberapa spesies ikan laut memijah. Beberapa pengaturan reef system memiliki kadar nitrat yang tidak terdeteksi setelah dijalankan selama bertahun-tahun.”

Mengapa Aquarium Laut Bisa Berjalan Tanpa Skimmer?

Mengapa sistem ini bekerja dengan sangat baik? Dalam reef system, Anda hanya perlu melihat penghuni makro dan mikro.

Banyak dari makhluk tersebut adalah hewan penyaring yang memproses protein, sama seperti yang diproses (dikeluarkan) oleh skimmer dari air.

Ketika deep sand bed (DSB) digunakan dalam sistem, hal tersebut dapat dikolonisasi oleh hewan penyaring yang membantu pertukaran air melalui dasar pasir.

Pertukaran air yang berjalan lambat melalui hamparan pasir pada gilirannya sangat membantu reduksi nitrat alami.

Hal tersebut bisa menjelaskan mengapa beberapa reef tank tanpa skimmer memiliki pembacaan nitrat yang tidak terdeteksi.

Ketika Anda menjalankan protein skimmer pada reef tank, pada dasarnya itu menghilangkan sumber makanan untuk makhluk-makhluk tersebut, sehingga akan mempengaruhi populasi yang dapat didukung oleh sistem.

Banyak penghobi aquarium laut yang dari awal menggunakan protein skimmer melihat penurunan besar dalam jumlah busa yang dikumpulkan setelah sistem diatur selama beberapa bulan.

Banyak yang mulai beranggapan bahwa skimmer mereka tidak berfungsi dengan baik lagi, walaupun laju aliran dan produksi gelembung terlihat sama.

Hal ini dapat dikaitkan dengan fakta bahwa hewan penyaring sudah mulai sangat menjajah dan sekarang bersaing dengan skimmer.

Hewan penyaring yang hidup di lapisan pasir yang dalam (DSB) mengambil protein sebagai sumber makanan, dan juga bermanfaat sebagai reduksi nitrat alami.

Dalam sistem di mana tidak ada DSB, ikan atau invertebrata yang akan memakan hewan penyaring yang hidup di hamparan pasir, skimmer mungkin akan punya beberapa manfaat pada kualitas air, sejauh kapasitas perawatan oksigen dan akumulasi nitrat / fosfat.

Manfaat-manfaat di atas juga dapat direalisasikan dengan cara penggantian air biasa yang besar.

Namun, skimmer pada curing tank live rock masih bisa jadi sangat bermanfaat, karena proses curing live rock dapat membunuh banyak organisme penyaring makanan.

Ketika tidak ada organisme yang menyaring makanan, cara terbaik untuk menghilangkan protein adalah dengan skimmer.

Kesimpulan

Teori menggunakan protein skimmer pada aquarium laut terdengar bagus, tetapi pada kenyataannya, dampak terhadap aquarium laut yang sudah mapan minimal.

Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memvalidasi dampak menjalankan protein skimmer pada sistem kelautan.

Baca Juga:

So, kesimpulan pertanyaan apakah aquarium laut tanpa skimmer bisa dijalankan dengan baik? Jawabannya adalah bisa dengan berbagai catatan seperti dijelaskan di atas. Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *