Asia Pulp and Paper : Komitmen Turunkan Zero Fire

Diposting pada

Asia Pulp and Paper telah berhasil menerapkan salah satu program mengenai Manajemen Kebakaran Hutan yang Terintegrasi. Program APP ini telah menekan angka kebakaran hutan hingga mendekati target yang ingin dicapai yaitu zero fire. Perusahaan yang masih menjadi bagian dari Sinar Mas Group ini telah berkomitmen untuk meningkatkan upaya agar kebakaran hutan di wilayah konsesinya dapat diantisipasi saat musim kemarau.

Suhendra Wiriadinata selaku Direktur Asia Pulp and Paper mengatakan bahwa upaya yang dilakukan APP harus dipikirkan setiap tahunnya karena BMKG memperkirakan bahwa musim kemarau akan lebih lama dari tahun sebelumnya.

Asia Pulp and Paper
Asia Pulp and Paper

Program yang sedang dijalani Asia Pulp and Paper ini menargetkan nol kebakaran hutan di semua wilayah konsesinya pada tahun 2020. Sebab, APP melihat adanya keberhasilan yang baik pada tahun 2018. APP berhasil menekan angka kebakaran hutan hingga 0,07%. Hingga saat ini, Asia Pulp and Paper akan meningkatkan upayanya agar mencapai target zero fire.

Program Manajemen Kebakaran Asia Pulp and Paper

Tidak dipungkiri bahwa Asia Pulp and Paper telah melewati berbagai tantangan selama perjalanan bisnisnya. Walaupun tidak mudah, APP tetap berusaha untuk bertanggung jawab serta mencari solusi dari permasalahan dan tantangan yang dihadapi. Melalui manajemen kebakaran, Asia Pulp and Paper membentuk tim patroli serta satuan gugus tugas yang ditempatkan di berbagai titik Provinsi rawan kebakaran hutan. Satuan tim yang terlibat dalam manajemen kebakaran APP terdiri dari Pemda, TNI, Polri, Manggala Agni, masyarakat peduli api serta pelaku usaha yang terlibat di daerah desa yang rawan kebakaran.

Bencana kebakaran yang menjadi musibah tahunan di beberapa titik di Indonesia bukanlah menjadi tanggung jawab bagi pemerintah maupun pihak swasta yang terlibat. Tetapi, menjadi tanggung jawab seluruh rakyat di Indonesia.

Komitmen Zero Fire

Asia Pulp and Paper berkomitmen untuk mencapai zero fire di area konsesi miliknya. Agar hal tersebut dapat terwujud, APP menerapkan sistem penanggulangan kebakaran hutan yang dirancang secara integrasi dengan pemerintah pusat dan daerah. Kegiatan penanggulangan ini terdiri dari empat strategi yang meliputi deteksi dini, persiapan, pencegahan dan respons cepat.

Sudah tiga tahun Asia Pulp and Paper menjalankan program penanggulangan kebakaran hutan ini. APP berfokus pada persiapan, respon cepat dan deteksi dini. Adapun pihak APP telah mempersiapkan peralatan hingga helikopter, meningkatkan kapasitas anggota tim, pemadam kebakaran dan menerapkan sistem komando bencana. Agar penanggulangan kebakaran semakin maksimal, pihak APP juga melakukan uji coba teknologi yang dapat melakukan identifikasi kebakaran lebih dini.

Asia Pulp and Paper mengatakan bahwa keterlibatan masyarakat dalam bagian dari tim sangatlah penting. Melihat hal tersebut, Asia Pulp and Paper mulai mengembangkan Program Desa Makmur Peduli Api sebagai organisasi warga yang dapat melakukan edukasi di sekitar area wilayah konsesi.

Program yang sudah berjalan dari tahun 2018 ini juga turut memberikan bantuan kepada warga sekitar. Setidaknya ada 284 desa dan 16.807 kepala keluarga yang tersebar di area konsesi Asia Pulp and Paper. Dengan adanya program tersebut, APP berharap dapat memaksimalkan upaya menuju zero fire. Hingga saat ini, Asia Pulp and Paper telah mewujudkan zero fire di beberapa daerah baik di area wilayah konsesi milik APP ataupun 5 km di luar dari batas wilayah Asia Pulp and Paper.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *