10 Bassist Terbaik Dunia Sepanjang Masa

Diposting pada

Bassist terbaik dunia – Bass adalah instrumen petik yang sering digunakan dalam format band.

Walaupun tidak se-populer gitar, namun bass sebenarnya alat musik yang cukup vital perannya dalam membentuk nada dasar serta ritme dalam sebuah musik.

Meskipun alat musik ini kurang begitu populer, tidak demikian dengan para pemainnya. Bahkan, terkadang pemain bass bisa lebih dikenal dibanding dengan vokalisnya.

Mungkin karena penampilannya yang menarik, aksi panggung memukau, atau skill bermain bass yang begitu mumpuni.

Seperti bassist-bassist berikut ini yang terkenal karena permainannya yang memukau. Inilah daftar nama bassist terbaik dunia sepanjang masa versi My Simple Tricks. Apa saja? Simak selengkapnya!

1. Billy Sheehan

Billy Sheehan pemain bass terbaik dunia

Billy Seheehan adalah pemain bass kelahiran New York pada 19 Maret 1953 yang telah berkarir dalam dunia musik selama hampir lima dekade.

Ia memulai karir pada tahun 1970 dan telah mengisi bass di beberapa band, seperti Mr. Big, Talas, Niacin, Stevie Vai, Winery The Winery Dogs, dan David Lee Roth. Namun ia paling dikenal sebagai bassist saat bergabung bersama Mr. Big.

Billy begitu populer karena skill bermain bass yang di atas rata-rata. Pernah dalam sebuah pertunjukkan Mr. Big, Ia bermain solo dan menunjukkan skillnya dengan menggunakan bor sebagai alat bantunya (picking).

2. Cliff Burton

cliff burton

Pemain bass terbaik selanjutnya adalah Cliff Burton. Cliff adalah bassist kedua Metallica dari tahun 1982 hingga saat kematiannya.

Salah satu bassist terbaik dunia ini lahir di Bukit Castro, California, pada 10 Februari 1962 dan memulai karirnya pada 1980. Namun, ia mulai dikenal saat bergabung dengan band rock raksasa “Metallica”.

Selama bergabung bersama Metallica, Cliff Burton berhasil merilis tiga album studio Metallica, yaitu Kill ‘Em All, Ride the Lightning dan Master of Puppets.

Sayangnya pada 27 September 1986, ia tewas karena kecelakaan bus tragis yang terjadi di pedesaan Swedia, saat sedang menjalani tur album “Master of Puppets”.

3. John Paul Jones

john paul jones

John Paul Baldwin atau lebih dikenal dengan nama panggungnya John Paul Jones, adalah musisi asal Inggris yang lahir di London pada 3 Januari 1946.

Selain sebagai pemain bass di Led Zeppelin, ia juga seorang penulis lagu, produser, komposer, dan arranger.

Karirnya dimulai pada tahun 1961 dan awalnya bekerja sebagai musisi sesi. Kemudian pada tahun 1968, bersama Jimmy Page, Robert Plant, dan John Bonham ia membentuk band rock “Led Zeppelin” yang begitu melegenda.

Untuk urusan skill bermain bass sudah tidak diragukan lagi, karena memang Led Zeppelin sendiri termasuk band rock yang menggunakan skill tinggi dalam lagu-lagunya.

4. John Deacon

John Deacon

John Deacon adalah seorang pensiunan musisi Inggris yang terkenal sebagai gitaris bass di Queen.

Selain bermain bass untuk grup Queen, ia juga menggubah banyak lagu hits, seperti ‘One One Bites the Dust’, ‘I Want to Break Free’, ‘You Best Friend My’, dan ‘Back Chat’.

Di samping itu, ia juga berperan penting dalam manajemen keuangan grup. Setelah vokalis Queen Freddie Mercury meninggal pada tahun 1991, Deacon hanya bermain beberapa kali dengan Queen sebelum memutuskan pensiun pada tahun 1997.

5. Paul McCartney

Paul McCartney pemain bass terbaik dunia

Jika Anda tidak begitu “familiar” dengan nama-nama pemain bass sebelumnya, pasti Anda akrab dengan bassist yang satu ini. Yups, dia adalah Paul McCartney, bassist yang juga vokalis band paling sukses di dunia sepanjang masa “The Beatles”.

Paul McCartney adalah seorang penyanyi, penulis lagu, multi-instrumentalis, dan komposer yang lahir di Liverpool, Inggris, pada 18 Juni 1942. Karirnya di industri musik dimulai pada tahun 1957 dan dia masih exist hingga kini.

Karirnya sebagai musisi maupun pencipta lagu begitu cemerlang, terbukti dengan raihan 18 Grammy Awards dan lagu-lagu yang masih dinyanyikan banyak orang sampai saat ini.

6. John Myung

john myung

John Ro Myung atau lebih dikenal dengan John Myung adalah seorang bassist Korea-Amerika dan pendiri band metal progresif “Dream Theater”.

Pria kelahiran Chicago, 24 Januari 1967 ini awalnya bermain biola pada saat berumur lima tahun, namun segera bertransformasi menjadi pemain bass hingga kini.

Penampilannya yang kalem di atas panggung, membuat pemain bass ini memiliki reputasi sebagai “bassist yang misterius”. Tetapi, berbanding terbalik dengan permainan bassnya yang begitu atraktif dan sulit ditiru.

7. John Entwistle

John Entwistle

Beralih ke bassist terbaik dunia selanjutnya, John Entwistle lahir di London pada 9 Oktober 1944 dan mengawali karirnya pada tahun 1961. Ia terkenal sebagai pemain bass band ‘The Who’.

Selain sebagai seorang pemain bass, ia juga penyanyi, penulis lagu, dan produser di industri film dan musik.

Banyak yang menganggap John Entwistle sebagai pemain bass terbaik di dunia sepanjang masa. Tak heran kalau musisi-musisi sekarang banyak yang terinfluence oleh permainan John. Hingga pada tahun 1990, ia masuk ke dalam jajaran Rock and Roll Hall of Fame.

Sayangnya pada 27 Juni 2002, John Entwistle ditemukan tewas di kamar 658 di Hard Rock Hotel and Casino, Las Vegas, karena serangan jantung yang dipicu overdosis kokain.

8. Flea

Flea Bassist Terbaik Dunia

Michael Peter Balzary atau yang lebih dikenal dengan nama panggung ‘Flea’, adalah pemain bass “nyentrik” yang lahir di Melbourne, Australia, pada 16 Oktober 1962.

Ia mulai dikenal saat bergabung dengan band rock ‘Red Hot Chilli Peppers’. Selain perannya yang menonjol dalam band RHCP, ia juga banyak berkolaborasi dengan artis lain selama karirnya, seperti Johnny Cash, Alanis Morissette, The Mars Volta, Young MC, dan Tom Waits.

Selain sukses berkarir di industri musik, Flea juga melebarkan sayapnya sebagai aktor. Tak tanggung-tanggung, ia telah berperan dalam lebih dari 20 film dan serial televisi.

Salah satu aksi panggung Flea yang tak pernah terlupakan adalah saat ia manggung bersama Red Hot Chilli Peppers di sebuah konser besar “Woodstock” pada tahun 1999, di mana ia bermain bass sambil telanjang bulat.

9. Geddy Lee

Geddy Lee

Lahir dengan nama Gary Lee Weinrib, Geddy Lee adalah seorang musisi, penyanyi, dan penulis lagu. Ia lahir di Ontario, Kanada, pada 29 Juli 1953.

Ia terkenal sebagai vokalis, kibordis, dan bassis ‘Rush’, grup rock asal Kanada.

Selain menjadi anggota ‘Rush’, Geddy Lee juga sempat bersolo karir. Single debutnya adalah ‘My Favorite Headache’, yang dirilis pada tahun 2000.

Geddy Lee terkenal karena gaya dan teknik individualnya yang begitu memukau. Bahkan, banyak bassist saat ini terinspirasi dari permainan bass Geddy.

10. Chris Squire

Chris Squire bassist terbaik dunia

Bassist terbaik dunia terakhir adalah Chris Squire. Ia adalah seorang musisi, penyanyi, dan penulis lagu yang terkenal sebagai pemain bass dan anggota pendiri band rock progresif “Yes”.

Ia lahir di London pada 4 Maret 1948, dan memulai karirnya sebagai seorang musisi pada tahun 1965.

Uniknya, dia diberi julukan “Fish” karena dia seorang Pisces dan karena dia pernah membanjiri kamar hotel di Oslo.

Selain menjadi pemain bass “Yes”, ia juga tampil solo karir dan mengisi bass di banyak band.

Sayangnya, pada Mei 2015 ia didiagnosis terkena leukemia eritroid akut, hingga pada 27 Juni 2015 ia menghembuskan nafas terakhirnya.

Baca Juga;

Daftar bassist terbaik dunia sepanjang masa di atas, tidak berdasarkan urutan peringkat, melainkan menempati posisi yang sejajar sebagai pemain bass legendaris.

Catatan penulis: Ada 4 nama depan “John” pada list di atas, sepertinya orang yang bernama “John” cocok sebagai pemain bass lol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *