8 Bunga Beracun dan Berbahaya di Dunia

Bunga beracun dan berbahaya di Dunia – Karena kecantikannya, bunga telah lama menjadi salah satu simbol cinta.

Pada saat orang sakit atau ketika bertemu orang-orang terkasih, ulang tahun dan perayaan hari spesial lainnya, sering kali melibatkan bunga di dalamnya.

Tetapi dibalik keindahannya tersebut, beberapa jenis bunga justru bisa membunuh orang seketika.

Oleh sebab itu, tidak semua bunga yang indah boleh dipetik dan dijadikan hadiah, karena beberapa di antaranya diketahui adalah jenis tanaman yang memiliki racun mematikan.

Jenis Bunga Beracun dan Mematikan

Kalau penasaran apa saja bunga berbahaya dan beracun yang ada di dunia, berikut My Simple Tricks telah merangkumnya dalam 5 bunga beracun dan mematikan yang ada di dunia. Simak ya!

1. English Broom

English Broom - Bunga Beracun
English Broom

English broom adalah bunga yang berbahaya asli Inggris dan juga dapat ditemukan di Eropa Tengah.

Bunga kuning mekar yang indah ini, sekilas terlihat seperti sekumpulan pisang kecil yang lucu, tetapi jangan tertipu penampilannya, bunga cantik beracun ini amatlah berbahaya.

Tanaman berbahaya yang memiliki nama ilmiah Cytisus scoparius ini, mengandung sejumlah bahan kimia beracun yang mempengaruhi jantung Anda, dan pada akhirnya dapat menghentikan sistem saraf dan detak jantung.

Bunga ini dianggap sangat berbahaya bagi anak-anak dan wanita hamil. So, jangan sekali-kali dipetik ya!

2. Monkshood

Monkshood - Bunga berbahaya
Monkshood

Nama ilmiah bunga beracun ini adalah Aconitum, populasinya banyak dijumpai di Eropa Barat.

Monkshood adalah salah satu bunga paling beracun yang pernah ada. Dengan warna ungu yang indah dan penampilan yang elegan, bunga cantik beracun ini bisa menyebabkan kematian dengan cepat jika dicerna oleh manusia, bahkan dengan menyentuhnya saja bisa menyebabkan mati rasa.

Racun yang terkandung dalam bunga cantik ini bernama pseudaconitine.

3. Snakeroot Putih

Snakeroot putih - jenis tanaman beracun
Snakeroot putih

Bunga berwana putih yang terlihat cantik ini kalau dilihat jauh dari kata berbahaya, tapi siapa sangka tanaman hias beracun yang bernama ilmiah Ageratina altissima ini memiliki racun bernama tremetol yang dampaknya bisa fatal bagi manusia.

Jenis tanaman beracun ini biasa ditemukan di daerah hutan-hutan dan semak belukar di Amerika Utara yang juga sebagai tempat asalnya. Bunga ini mekar di pertengahan sampai akhir musim panas atau musim gugur.

Tanaman ini bisa tumbuh tegak dengan ketinggian mencapai 1,5 meter dan menghasilkan rumbpun batang tunggal atau banyak.

4. Foxgloves

Foxgloves - jenis tanaman mematikan
Foxgloves

Foxgloves ini juga dikenal sebagai lonceng orang mati. Bunga berbahaya ini adalah salah satu tumbuhan yang paling indah tetapi juga salah satu yang paling berbahaya.

Gejala-gejala yang disebabkan jika keracunan tanaman berbahaya ini seperti mual, kejang, delirium dan tremor.

Setiap bagian dari bunga cantik ini sangat beracun, so, jangan dekat-dekat bunga ini ya!

5. Lily of the Valley

Lily of the Valley - kembang beracun
Lily of the Valley

Nama ilmiah untuk tanaman hias beracun ini adalah Convallaria majalis. Bunga cantik ini lazim ditemukan di wilayah Asia dan Eropa.

Walaupun bentuknya indah seperti lonceng, namun jika tak sengaja racun ini masuk ke dalam tubuh, itu bisa mengakibatkan jantung berhenti berdetak, dan dalam dosis ringan akan menyebabkan muntah dan kram perut.

Tetapi meskipun beracun, ternyata bunga ini juga bermanfaat dalam hal medis dan dikembangkan untuk obat-obatan. Diantara beberapa khasiatnya dalam dunia kesehatan, yaitu sebagai pengobatan liver, epilepsi maupun untuk penangkal racun.

6. Daffodil

daffodil
Daffodil

Bunga beracun selanjutnya adalah Daffodil. Tumbuhan yang memiliki nama latin Narcissus ini juga termasuk tanaman yang mempunyai bunga yang cantik.

Umbi adalah bagian yang paling beracun dari bunga ramah ini, jadi Anda mungkin berpikir dua kali untuk menanamnya kalau Anda memiliki anjing atau hewan peliharaan yang suka menggali. Karena jika termakan, efeknya akan sangat berbahaya bagi hewan kesayangan Anda.

Menelan terlalu banyak umbi dari Daffodil ini dapat menyebabkan muntah, diare, kejang-kejang, tremor, dan aritmia jantung.

7. Hydrangea

Hydrangea
Hydrangea

Kumpulan bunga cantik berwarna ungu ini memang sedap jika dipandang, tapi jangan salah sangka, bunga ini mengandung racun yang tidak main-main, “Sianida.” Tentu Anda sudah tahu seberapa bahayanya kan?

Namun Anda tak perlu khawatir, racun pada bunga Hydrangea akan bereaksi jika hanya tertelan oleh tubuh maupun hewan peliharaan Anda.

Langkah terbaik menghindari efek beracun dari bunga ini adalah, membiarkan tanaman indah ini hidup liar di alam dan jangan menanamnya di taman Anda!

8. Oleander

Oleander Putih
Oleander Putih

Termakan hanya sebagian kecil dari tanaman cantik ini (yang berbunga putih, merah muda, atau merah) bisa berakibat fatal.

Dalam satu kasus, hanya satu daun sudah cukup untuk menyakiti seorang anak. Gejala keracunan dari bunga ini bisa meliputi kantuk, detak jantung melambat, dan gemetar.

Baca Juga:

Well, itulah 8 bunga beracun dan juga berbahaya yang ada di dunia, sebaiknya jangan menanam bunga-bunga cantik tersebut di kebun Anda ya!

You May Also Like

About the Author: Ardiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *