5 Bunga Berbentuk Unik dan Aneh di Dunia

Bunga unik dan aneh – Dunia Flora selalu saja menawarkan berbagai bentuk tanaman yang indah dan unik.

Rangkaian bunga cantik ini selalu menarik minat kita untuk melihatnya. Terkadang, nilai-nilai kecantikannya kerap dihubungkan dengan wanita.

Wanita dan bunga bak dua hal yang tak terpisahkan, namun tahukah Anda jika di dunia ini ada banyak sekali jenis bunga yang indah selain mawar, melati, tulip dan lainnya?

Bunga-bunga cantik ini memiliki bentuk yang unik dan aneh, ada yang mirip kepala monyet, bibir, merpati dan lain sebagainya. Penasaran? Berikut 5 bunga yang berbentuk unik dan aneh yang ada di dunia.

1. Snapdragon

Bunga unik Snapdragon
Bunga Snapdragon

Snapdragon adalah salah satu jenis tanaman kebun dengan nama latin Antirrhinum majus. Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan sebutan “mulut naga,” itu karena kemiripan bunganya yang menyerupai kepala naga.

Kata “antirrhinum” sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti “hidung,” ini karena bentuknya yang seperti hidung ketika bunga sudah dewasa.

Ketika merekah, snapdragon memiliki bentuk dan warna-warna yang cantik, namun kondisi ini akan berbeda ketika bunga sudah mati.

Ketika mati, bunga berbentuk aneh ini akan berubah seperti tulang kepala manusia. Karena keunikan tersebut, tradisi kuno masyarakat percaya jika bunga tengkorak ini memiliki kekuatan supranatural. Mereka percaya bahwa snapdragon dapat melindungi mereka dari roh jahat, kutukan dan sihir.

Saat ini tanaman snapdragon dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Tak hanya mawar atau anggrek yang jadi primadona bunga hias potong, bunga ini juga bisa digunakan sebagai bunga rangkai. Bunga cantik nan unik ini dinobatkan sebagai salah satu primadona bunga potong.

Bagaimana, Anda berniat merawat bunga berbentuk tengkorak ini?

2. Anggrek Monyet

Bunga aneh Anggrek Monyet
Anggrek Monyet

Bunga anggrek langka dan unik ditemukan di hutan hujan tertinggi Ekuador dan Peru.

Anggrek ini memiliki penampilan menyerupai wajah monyet kecil. Bunga yang mempunyai bentuk aneh ini ditemukan pada ketinggian 2.000 m di atas permukaan laut ini, lazim disebut “Anggrek monyet,” dengan nama ilmiah Dracula simia.

Nama Drakula di sini bermakna sebagai naga kecil, nama ini diambil dari adanya dua taji panjang yang menjuntai dari kelopak Anggrek unik ini. Seorang ahli tumbuhan “Luer” yang memberikan nama ilmiah ini pada tahun 1978.

Anggrek ini memiliki 120 jenis dan sebagian besar tumbuh di Ekuador. Meskipun memiliki aspek drakula, namun anggrek ini dianggap lebih menyerupai wajah monyet.

Anggrek monyet ini berbunga sepanjang tahun tanpa terpengaruh musim. Keharuman anggrek ini mirip dengan aroma jeruk yang sedang dikupas.

3. Anggrek Lebah

Anggrek lebah
Anggrek Lebah

Coba perhatikan gambar bunga di atas! Lucu sekali bukan? Bunga unik ini bak seorang bayi yang minta digendong.

Jenis bunga unik ini termasuk keluarga Anggrek, seperti bunga wajah monyet. Nama bunga ini adalah Ophrys apifera atau lebih dikenal dengan nama “bee orchid” atau “anggrek lebah”.

Dinamakan bee orchid lantaran bentuk bunga ini mirip lebah.

Bunga unik ini memiliki kelopak warna ungu yang cantik dengan bagian berbentuk mirip tubuh lebah gemuk.

Uniknya lagi, sebagian besar dari bunga ini memiliki bunga berbentuk lebah, dengan wajah yang tertawa lebar, dengan bagian sampingnya mirip tangan yang seolah mengajak bermain.

Mungkin bagi Anda yang sedang sedih, bisa menikmati keindahan dan keunikan bunga ini ya!

4. Holy Ghost Orchid

Holy Ghost Orchid
Holy Ghost Orchid

Melihat Anggrek unik ini, Anda akan menemukan sesuatu yang tak biasa dari bunga bernama Peristeria elata ini.

Lebih dikenal sebagai “holy ghost orchid,” bunga cantik ini seolah-olah memiliki seekor merpati di bagian dalam kelopak.

Sekilas memang tidak ada yang aneh dari bunga ini, namun jika kita mendekat ke arah bagian tengah kelopak, ada bentuk menyerupai seekor merpati yang sedang mengepakkan sayapnya. Bentuk merpati ini benar-benar mirip dengan merpati sungguhan.

5. The Kissing Flower

the kissing flower
The Kissing Flower

Bunga ini memiliki bentuk yang sangat unik, aneh dan terlihat sensual, yakni berbentuk bibir yang sedang memakai lipstik berwarna merah menyala.

Bunga unik ini adalah Psychotria elata atau lebih dikenal dengan nama “The kissing flower”.

Jika kita lihat lebih dalam, bunga berbentuk aneh ini terlihat seperti bibir yang ingin mencium sesuatu.

Bunga ini tumbuh secara alami dengan warna merah dan kerap ditemukan di daerah tropis. Biasanya bunga unik ini tumbuhan liar di dalam hutan.

Keren dan sangat menggemaskan bukan?

Bagaimana bunga-bunga yang berbentuk unik dan aneh di atas? Menarik bukan? Semoga menambah wawasan Anda!

Artikel Menarik Lainnya:

Tahukah Anda: Para ilmuwan menemukan bunga tertua di dunia pada tahun 2002, di China timur laut. Bunga bernama Archaefructus sinensis, mekar sekitar 125 juta tahun yang lalu dan menyerupai bunga lili air.

You May Also Like

About the Author: Ardiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *