Cara Membuat Artikel Bahasa Inggris dengan Mudah

cara membuat artikel bahasa inggris

Cara Membuat Artikel Bahasa Inggris dengan Mudah – Banyak para blogger yang bingung atau ragu untuk membuat blog atau artikel berbahasa Inggris, atau yang sering disebut blog bule.

Salah satu faktornya adalah tidak percaya diri dengan kemampuan bahasa Inggrisnya.

Memang dapat dimaklumi sih, namun sebenarnya banyak juga nilai plus kalau kita membuat blog berbahasa asing tersebut.

Diantaranya adalah penghasilan dan kesempatan yang lebih besar, karena kita menjaring visitor dari seluruh dunia.

Salah satu contoh penghasilan yang lebih besar yaitu dari keuntungan iklan, apalagi jika kita bekerjasama dengan Google AdSense.

Dibandingkan dengan blog berbahasa Indonesia, tentunya blog dengan artikel bahasa Inggris jauh lebih menguntungkan, karena Google AdSense membayar lebih tinggi untuk visitor dari negara-negara premium seperti, Amerika, Inggris dan Kanada, di mana ketiga negara tersebut menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya.

Tentunya mereka akan lebih mengutamakan pencarian website yang berbahasa Inggris pula.

Oleh karena itu jika blog atau website Anda menggunakan bahasa Inggris, sudah tentu blog Anda masuk salah satu kategori pencarian mereka.

Namun mempunyai blog berbahasa Inggris ternyata tidak semudah yang kita kira, karena persaingannya juga lebih ketat dan global.

Artinya akan lebih sulit untuk mendapat visitor dari blog bule tersebut dibanding dengan blog berbahasa Indonesia.

Itu adalah salah satu kelemahannya, tapi jika blog Anda dapat ranking yang bagus di mesin pencari atau artikel Anda banyak yang baca, maka BOOM!! visitor melejit dan uang pun akan mengalir.

Buat yang kurang percaya diri dengan membuat artikel bahasa Inggris, sebenarnya gak sulit-sulit amat kok!

Anda tidak perlu jago berbahasa Inggris. Penulis sendiri bisa dibilang mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang alakadarnya. Cuma Saya nekat untuk memulai membangun blog bule, dan masih jalan sampai sekarang.

Cara Membuat Artikel Bahasa Inggris

Jika Anda sudah bulat ingin membuat blog ataupun artikel bahasa Inggris, maka berikut ini langkah-langkah cara membuat blog atau artikel bule dengan mudah:

1. Buat Artikel Berbahasa Indonesia Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat artikel dasar dengan menggunakan format bahasa Indonesia terlebih dahulu. Anda buat artikel tersebut sebagus mungkin.

Gunakanlah gaya bahasa formal dan istilah-istilah yang umum. Jangan gunakan gaya bahasa atau candaan kita sehari-hari untuk membuat artikel, karena nanti maksudnya akan sulit dipahami oleh pembaca Anda, di mana mereka mempunyai gaya bahasa atau istilah yang berbeda dengan kebiasaan atau kebudayaan kita.

Usahakan Anda membuat konten atau artikel yang unik, yang lain daripada yang sudah ada. Karena, kalau konten yang Anda buat sama saja atau mirip-mirip dengan yang ada, efeknya adalah artikel Anda akan sulit berada di halaman pertama mesin pencari, itu kalau Anda bermain optimasi (SEO).

Selain itu, membuat konten yang unik dan beda juga akan memancing pengunjung agar lebih lama bertahan dalam website Anda.

2. Terjemahkan

Ini adalah era modern, dimana apapun serba gampang. Mungkin dulu Anda harus terjemahkan sesuatu secara manual, kali ini Anda tinggal terjemahkan saja lewat Google Translate. So easy, right?

Google translate bisa menterjemahkan sebanyak 5000 karakter sekali proses. Sangat mudah sekali, tinggal klik translate, maka jadilah artikel bahasa Inggris.

Semakin hari kemampuan terjemahan mesin ini semakin canggih dan readable (mudah dibaca). Cuma tetap harus Anda cek secara manual, tidak langsung copy mentah-mentah.

Nah, disinilah perlunya sedikit kemampuan bahasa Inggris Anda, yaitu untuk mengecek kalimat-kalimat agar susunannya enak dibaca dan maksudnya tepat.

Untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris, biasanya Saya paksakan untuk selalu baca artikel bahasa Inggris, jika tak mengerti maksudnya, maka Saya langsung terjemahkan, dan Saya pahami kalimat per kalimat.

Lambat laun Anda akan mulai paham dengan gaya penulisan artikel bahasa Inggris, dan semakin lama akan semakin lancar untuk menulis artikel dasar (bahasa Indonesia) untuk diterjemahkan.

Sebenarnya banyak tools lain untuk terjemahan bahasa, seperti bing translator atau Yandex translate, di mana semuanya gratis seumur hidup. Namun menurut Saya Google translator adalah mesin yang paling sempurna.

3. Cek Grammar

Apa itu grammar? Grammar adalah tatabahasa.
Apakah Anda harus faham grammar? Sebaiknya sih iya.

Cuma gak usah khawatir, di dunia maya ini sudah banyak alat-alat untuk cek grammar tersebut. Saya biasa pakai GrammarCheck, di mana tools tersebut juga gratis, walaupun ada versi premiumnya.

So, Anda gak perlu repot lagi untuk mencari anak sastra Inggris untuk cek grammar artikel Anda. Tools tersebut juga sekaligus mengecek kesalahan ejaan (typo).

Setelah Anda melakukan 3 langkah diatas (buat artikel dasar, terjemahkan dan cek grammarnya), maka artikel Anda sudah siap edar.

Membuat artikel atau blog bahasa Inggris mudah bukan? Anda hanya perlu melakukan cara-cara di atas. Semuanya gratis pula!

Baca Juga:

Jangan lupa untuk selalu mengasah kemampuan berbahasa Inggris Anda, dengan selalu membaca artikel-artikel bahasa Inggris ataupun berteman dengan blogger-blogger dari manca negara, sehingga makin hari kemampuan Anda makin terasah. Happy English!

You May Also Like

About the Author: Ardiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *