Cara Membuat Home Recording Murah dan Profesional

Diposting pada
cara membuat home recording

Cara Membuat Home Recording Murah dan Profesional – Beberapa tahun belakangan ini, home recording atau rekaman rumahan menjamur dimana-mana. Baik digunakan untuk keperluan pribadi atau digunakan sebagai bisnis komersial.

Apa Itu Home Recording?

Home Recording adalah proses rekaman yang bisa dilakukan di rumah, bahkan di kamar hanya dengan peralatan sederhana.

Berbeda dengan peralatan studio rekaman profesional, yang memerlukan ruangan khusus, dengan rancangan akustik ruang khusus, peralatan pendukung analog (yang cukup mahal), serta instrumen yang memiliki spesifikasi rekaman standar profesional.

Memang tidak dapat dipungkiri, merekam di studio rekaman profesional lebih baik. Gema ruangan terasa lebih alami, serta alat musik yang lengkap.

Oleh karena itu, musisi profesional lebih memilih rekaman studio untuk hasil yang lebih profesional dan hebat, dibandingkan dengan home recording.

Ada yang bilang, “Ada harga, ada kualitas,” memang pendapat seperti itu ada benarnya juga. Sama seperti studio rekaman, harga sewanya lebih mahal daripada rekaman rumah, kualitas juga pasti lebih baik.

Eitss, tapi tunggu dulu, ternyata banyak juga lho musisi profesional yang menggunakan dan membuat home recording sendiri. Bahkan sebagian besar musisi DJ atau EDM (Electronic Dance Music) merekam lagu mereka sendiri dengan cara home recording.

Jadi sebenarnya home recording itu juga tidak kalah bagus dengan studio rekaman profesional!

Untuk musisi yang memiliki budget lebih, tidak ada salahnya untuk memilih studio rekaman, tetapi bagaimana untuk pemula dalam bermusik?

Ingin membuat demo lagu? Tidak punya banyak anggaran?

Solusinya adalah Home Recording…

Home recording juga bisa dijadikan sebagai lahan bisnis, untuk paket home recording biasanya dibandrol dengan harga Rp.350.000 – Rp.700.000 per shift (5-6 jam), atau di beberapa studio menggunakan sistem paket per lagu (sudah termasuk mixing dan mastering).

“Sekarang adalah era digital, mari kita rekam sesuatu secara digital”.

Cara Membuat Studio Rekaman dengan Laptop di Rumah (Home Recording)

Kali ini My Simple Tricks akan membahas bagaimana cara membuat home recording dengan budget murah, sederhana, tapi dengan hasil yang profesional.

OK, apa saja alat recording murah dan sederhana yang dibutuhkan?

1. Komputer / Laptop

laptop - home recording

PC atau Laptop adalah alat utama yang diperlukan untuk membuat home recording atau studio rekaman.

Di sini kita membutuhkan PC dengan spesifikasi yang lumayan OK, tidak perlu PC high-end, tetapi setidaknya memiliki kecepatan, RAM dan hard disk yang cukup untuk menjalankan software recording.

Persyaratan minimum:

  • Prosesor Dual Core atau lebih tinggi
  • RAM 2 GB atau lebih tinggi
  • Ruang hard disk 160 GB atau lebih
  • VGA 128 MB atau lebih tinggi
  • Slot firewire (opsional)
  • USB 2.0

Setidaknya itulah persyaratan minimum yang dibutuhkan. Tentunya spesifikasi yang lebih tinggi akan lebih baik.

Kisaran harga: 3 – 7 Juta (cari yang second)

2. Software Rekaman

software rekaman - home recording

Untuk membuat home recording, kita membutuhkan software untuk merekam, mixing serta mastering.

DAW (Digital Audio Workstation)

Banyak sekali software yang bisa digunakan untuk merekam (DAW), DAW yang biasa digunakan untuk home recording maupun studio rekaman profesional di antaranya:

  • Nuendo
  • Cubase
  • Pro Tools
  • Sonar

Perangkat lunak di atas adalah DAW paling umum yang digunakan Sound Engineer profesional. Dalam software tersebut, Anda bisa recording, mixing dan mastering.

Tetapi biasanya para Sound Engineer menggunakan software khusus untuk mastering, seperti Wavelab.

Anda juga dapat menambahkan efek suara default dari software, seperti, reverb, delay, echo, flanger, dll.

Balancing volume juga dapat dilakukan pada DAW ini, yang bisa menggantikan fungsi mixer.

Selain itu, beberapa plugin juga bisa ditambahkan untuk mengedit serta memperkaya karakter sound instrumen.

Anda dapat mempelajari tutorial DAW di YouTube untuk lebih lanjut.

Software Instrumen Digital

Jika Anda tidak memiliki alat musik, berarti Anda perlu instal software instrumen digital. Dari segi harga, instrumen digital pasti lebih murah daripada membeli instrumen asli.

Namun dari segi kualitas, alat musik asli tentu lebih baik dan terdengar alami. Sedangkan software instrumen terdengar kaku dan robotik karena menggunakan sistem midi, sekalipun sudah dibuat sedinamis mungkin.

Pada beberapa software, biasanya dilengkapi fitur pengaturan (humanize) agar terkesan lebih manusiawi.

Berikut adalah beberapa software instrumen digital yang dapat Anda gunakan untuk keperluan membuat home recording:

  • BFD (Drums)
  • Reason (Semua Instrumen)
  • Fruity Loops (Semua Instrumen)
  • Amplitube (Efek Gitar)
  • Groove Agent (Drums)
  • Steinberg Virtual Bassist (Bass)
  • Traktor (Virtual DJ) dll …

Estimasi harga: 0,5 – 2 juta (gunakan yang freeware)

3. Sound Card

sound card - home recording

Selanjutnya untuk membuat studio rekaman di kamar, Anda membutuhkan sound card. Sound card adalah konverter suara dari analog ke digital.

Standar sound card sederhana, setidaknya memiliki 2 input dan 2 output. Ada beberapa sound card yang memiliki fitur pre-amp dan Phantom power untuk menghidupi mikrofon tipe condenser.

Sebaiknya Anda menggunakan sound card dengan spek tersebut, karena selanjutnya Anda juga butuh mic condenser.

Untuk koneksi sound card ke PC, biasanya menggunakan USB slot atau Firewire.

Estimasi harga: 0.5 – 3 juta (cari yang second)

4. Speaker Monitor & Headphone

Speaker monitor - home recording

Alat selanjutnya yang dibutuhkan untuk membuat home recording adalah speaker monitor dan headphone.

ntuk ruangan kecil, cukup gunakan speaker monitor kecil. Cari speaker yang memiliki rentang frekuensi antara 35Hz – 20kHz.

Perbedaan antara speaker umum dan speaker monitor khusus rekaman adalah dalam hal frekuensi suara.

Speaker umum (aktif & pasif) biasanya jangkauan frekuensi terbatas, serta ada beberapa peningkatan pada frekuensi tertentu.

Sedangkan speaker monitor rekaman memiliki suara datar (flat) tanpa ada peningkatan frekuensi, serta rentang frekuensi seperti tertulis di atas. Jadi, suara yang dihasilkan akan semirip mungkin dengan sumber suara aslinya.

Sementara fungsi headphone adalah untuk mendengarkan suara secara lebih detail.

Perlu dicatat bahwa ketika Anda mendengarkan suara melalui headphone, itu akan berbeda dengan ketika Anda mendengarkan melalui speaker. Itu karena reverb ruangan dan jarak antara telinga dan speaker Anda.

Jadi, dengarkan headphone untuk pengeditan lebih detail, kemudian dengarkan melalui speaker untuk hasil akhir.

Estimasi harga: 1 – 4 juta (cari yang second)

5. Mikrofon + Stand Mic

mikrofon - home recording

Alat recording terakhir yang Anda butuhkan untuk membuat home recording murah tapi profesional adalah mikrofon. Pilih jenis mikrofon tipe condenser.

Jika Anda memiliki anggaran lebih, beli pop filter untuk meredam suara yang tidak diinginkan saat take vokal.

Studio rekaman profesional juga menggunakan mikrofon condenser untuk merekam vokal dan instrumen lainnya.

Fungsi stand mic sudah pasti untuk menjaga posisi mic agar lebih stabil. Tidak perlu beli yang bagus, yang penting cukup kokoh untuk menahan posisi mic. Toh stand mic ini tidak digunakan untuk show, hanya untuk rekaman di rumah.

Estimasi harga: 0,5 – 2 juta (cari yang second)

6. Alat Musik

akustik gitar - home recording

Memang benar fungsi instrumen alat musik bisa diganti dengan menggunakan software MIDI, tetapi pada beberapa kasus, tetap saja instrumen dibutuhkan.

Suara yang dihasilkan alat musik analog seperti gitar atau bass kurang asik kalau menggunakan MIDI. Rasanya terdengar kurang bulet dan dinamikanya kurang terasa.

Rekomendasi Kami, setidaknya Anda perlu membeli gitar dan bass. Apalagi gitar akustik, susah untuk dibuat MIDI nya.

Mungkin alat-alat musik inilah yang harganya cukup mahal untuk membuat home recording rumahan, tetapi Anda bisa cari yang second.

Estimasi harga: >1 juta

Baca juga:

Itulah beberapa peralatan yang harus dimiliki jika Anda ingin membuat home recording murah meriah, sederhana namun kualitasnya bisa menyerupai studio rekaman profesional. Anda dapat membeli beberapa gear nstrumen dan mixer sebagai tambahan.

Alat-alat rekaman di atas juga cocok untuk Anda yang ingin membuat backsound atau merekam suara untuk video YouTube. Jadi tidak perlu lagi mengambil lagu orang untuk backsound.

12 thoughts on “Cara Membuat Home Recording Murah dan Profesional

  1. halo kak.. maaf, boleh kasih tahu lebih spesifik lagi tidak, kak? soalnya pas saya lihat di olshop.. kebanyakan menanyakan include kabel atau tidak. saya sebagai pemula tidak terlalu paham. lalu juga mengenai phantom power.. mohon bantuannya kak, terimakasih

    1. Spesifik apanya nih / gear yg mana? Kalau merk tidak bisa saya sebut, karena tdk diendorse hihihi…

      Phantom power biasanya ada di soundcard atau mixer, dia kodenya 48V, umumnya untuk memberi power pada mic tipe condenser, harus menghidupkan tombol ini.

      1. oh.. jadi kan kaka sudah memberikan informasi secara garis besarnya nih kak.. mungkin kaka bisa memberitahukan spesifiknya seperti butuh kabel seperti apa jenis apa, lalu apakah kita harus membeli barang lagi diluar yang kaka sampaikan.. contohnya kek phantom power itu apakah harus beli lagi atau ada yang tidak perlu beli lagi.. begitu kak.. maaf ya kak soalnya pengen tahu banget hehe makasii

        1. Biasanya phantom power itu include di soundcard atau mixer, contohnya nih: http://www.tokopedia.com/destinysound/xox-ks105-usb-online-soundcard-with-48v-phantom-power . coba buka link itu. Btw, itu bukan dagangan saya, cuma td browsing aja.

          Kalau mau recording sederhana cukup dengan soundcard itu dan mic condenser saja cukup sebenarnya. Mic biasanya sudah include kabel jack. ada yg tipe xlr atau mono jack biasa. Cari yg compatible dgn soundcardnya. Lebih detail bisa tanya ke penjual.

          Soundcard sendiri bisa terkoneksi ke usb pc. Masalah set untuk record dari soundcard ke softwarenya, itu pembahasan cukup panjang. Coba buka https://id.wikihow.com/Merekam-Suara-pada-Komputer-Windows

          Gampangnya, beli sepaket aja, soundcard seperti itu dan mic condensernya. Ingat, jgn buru2 beli, tanya2 dulu ke penjual dan perbandingan harga.

          Alurnya, dari mic colok ke soundcard, soundcard ke pc.

          1. oke, baik kak.. terimakasih banyak ya kak atas infonya. jika saya ada pertanyaan lagi, kaka tidak keberatan kan?muehehehe terimakasih juga menyediakan media seperti ini, jadi bisa langsung berinteraksi dan bertanya kepada kaka. sukses dan sehat selalu kak, God bless..

  2. Bang, saya ngedit yg enak pake apa ya buat nge youtube? Jadi cuman buat edit sound aja. Maaf kalo gak nyambung pertanyaannya hehehe

    1. Pake apa aja enak bang, yg ringan dan simpel pake aja wavelab atau yg jadul, cool edit pro ringannnnn.

      Kalau edit sound multitrack (mixing), coba aja pakai nuendo.

  3. saya pemula alat2 yang sudah punya ;
    1. Lepto/komputer
    2. Mixer behrenger 8 cenal
    3. Keybord yamah PSR 970S
    – alaty apa lagi yang harus ditambah dan semuanya kisaran sekitar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *