5 Cara Membuat Lirik Lagu yang Bagus dan Berkualitas

Diposting pada
cara membuat lirik lagu

Cara membuat lirik lagu – Lirik adalah faktor penentu dalam kesuksesan sebuah lagu, dimana salah satu penilaian kualitas lagu, terkadang dilihat dari kualitas liriknya.

Kekuatan lirik dapat mengubah suasana hati, sikap, cara berpikir, bahkan perilaku kita, pengaruhnya sangat kuat!

Kalau Anda bingung bagaimana cara membuat lirik lagu yang bagus dan berkualitas, kali ini My Simple Tricks akan memberikan tips tentang langkah-langkah penulisan lirik lagu dengan mudah. Yuk, simak!

Cara Membuat Lirik Lagu yang Bagus

Belakangan ini, kita bisa melihat bahwa tren musik tanah air menjadi lebih sederhana. Orang-orang lebih suka mendengar lagu-lagu yang mudah didengarkan (easy listening), daripada lagu rumit yang penuh skill.

Penikmat musik lebih suka dengan nada yang sederhana, tidak terlalu banyak sinkopasi, dan yang terpenting adalah memiliki lirik yang mengena di hati serta mudah dimengerti.

OK, langsung saja kita mulai bagaimana cara membuat lirik lagu yang keren, berikut langlah-langkahnya:

1. Tentukan tema lirik

Langkah pertama cara membuat lirik lagu yang bagus adalah dengan menentukan tema terlebih dahulu, ini adalah bagian yang paling penting.

Tentukan tema untuk lirik Anda, apakah itu tema seputar percintaan (jatuh cinta, patah hati, pengkhianatan, galau, dll), spiritual, kritik sosial, keresahan, dll.

Jika memungkinkan, sesuaikan lirik dengan jenis musik yang telah Anda buat sebelumnya (kalau Anda sudah membuat lagunya terlebih dahulu).

Tetapi jika Anda belum membuat lagu, maka Anda bebas menentukan tema dari lirik lagu. Hal Ini bertujuan untuk menyatukan musik dan lirik agar lebih serasi, meskipun tidak harus seperti itu.

Misalnya: Anda membuat lagu bergenre Thrash Metal, akan lucu jika liriknya bertema cinta, meskipun hal tersebut sah-sah saja.

Mungkin langkah pertama ini sudah cukup jelas tentang tema lirik lagu. Anda harus sudah mempunyai bayangan tentang tema apa yang ingin Anda buat di awal.

2. Bayangkan alur cerita

Langkah kedua dalam cara membuat lirik lagu yang bagus adalah dengan membayangkan alur cerita.

Anda dapat mengembangkan kreativitas untuk membuat alur cerita dalam pikiran Anda. Tidak perlu terlalu detail, tetapi poin-poin pentingnya saja.

Contoh: Anda sedang menjalin hubungan asmara, pada awalnya berjalan dengan baik, kemudian datanglah teman Anda merusak hubungan tersebut, Anda merasa dikhianati.

Poinnya adalah: Awalnya hubungan berjalan dengan baik – Teman Anda merusak hubungan Anda – Anda merasa dikhianati.

Contoh di atas adalah kerangka utama alur cerita.

Jika dikembangkan bisa menjadi: Anda mulai berkenalan dengan kekasih Anda – Menjalin hubungan – Teman Anda pada awalnya tidak memiliki perasaan terhadap kekasih Anda – Semakin lama, ada perasaan cinta terhadap kekasih Anda – Anda merasa dikhianati – Anda patah hati.

Jika ingin lebih mudah, buatlah alur cerita tentang pengalaman Anda, atau tentang hal-hal penting dalam hidup Anda.

3. Mulai menulis lirik lagu

Setelah Anda menentukan tema, buat alur cerita, selanjutnya mulailah menulis.

Kemampuan menulis lirik lagu yang bagus tanpa musik itu tidak mudah, tetapi juga tidak sulit. Kadang hal ini tergantung juga dari kebiasaan si penulis lagu.

Ada tipe pencipta lagu yang membuat musik dulu, kemudian lirik, ada juga yang sebaliknya, lirik dulu baru musik. Sebenarnya sama saja.

Dalam membuat lirik lagu, ada kalanya kita sudah punya gambaran di kepala, tetapi sulit sekali bagaimana cara untuk menuangkannya dalam selembar kertas.

Untuk mengatasi masalah tersebut, solusinya adalah tulislah sesegera mungkin apa yang ada di pikiran Anda, tulis apa saja yang nyangkut di pikiran Anda.

Setelah itu barulah Anda bisa susun dan pilih kata-kata yang menurut Anda sesuai.

Dalam menulis lirik lagu yang bagus, pemilihan kata yang tepat itu sangat penting, dimana dengan memilih kata yang tepat Anda bisa menyentuh hati pendengar.

Selain itu, pemilihan kata ini juga akan berpengaruh pada lirik lagu secara keseluruhan.

Jangan lupa untuk menentukan segmen audiens Anda. Jika Anda ingin semua orang menyukai lirik Anda, buatlah lirik sederhana yang mudah dimengerti semua orang.

Jangan terlalu puitis, tetapi jangan juga terlalu banyak menggunakan bahasa sehari-hari, Anda bisa menggabungkannya.

Atur lirik berdasarkan bagian-bagian lagu. Seperti untuk bait pertama lirik menceritakan awal kisah, bait kedua sudah mulai naik tensinya, barulah pada bagian reff buatlah klimaksnya.

Buatlah klimaks (inti) dari lirik di bagian chorus atau reff. Buatlah yang terbaik, jelaskan inti dari lirik tersebut.

Gunakan kata-kata yang tepat dan indah, sebab biasanya orang akan ingat sebuah lagu hanya pada bagian reff-nya saja.

Bahkan, beberapa pencipta lagu lebih mudah kalau membuat bagian reff-nya terlebih dahulu.

4. Tinjau ulang lirik lagu yang dibuat

Cara membuat lirik lagu selanjutnya adalah dengan meninjau ulang pekerjaan Anda. Setelah Anda membuat liriknya dengan sempurna, jangan lupa untuk memeriksa semua lirik dari awal.

Adakah bagian dari cerita yang hilang, adakah yang berlebihan, adakah kata-kata yang kurang menggambarkan cerita, dll.

Yang penting untuk Anda pastikan adalah lirik sudah memiliki tema, alur cerita, dan pemilihan kata yang tepat.

Dan yang tak kalah penting adalah liriknya sudah sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

5. Minta saran kepada orang lain

Setelah keempat langkah cara menulis lirik lagu di atas Anda jalankan, yang terakhir adalah meminta saran kepada seseorang.

Mungkin Anda bisa memperlihatkan lirik yang Anda buat ke teman Anda, apakah liriknya sudah sesuai dan mudah dimengerti atau belum.

Jika ada yang perlu direvisi, silahkan Anda pertimbangkan lagi dan sesuaikan ulang dengan lirik yang ada.

Kalau Anda sudah terbiasa atau pro, hal seperti ini tidak perlu dilakukan. Namun kalau masih pemula dalam menciptakan lirik lagu, sebaiknya bisa minta saran atau diskusikan dengan yang lebih mengerti soal merangkai kata-kata.

Baca juga:

Itulah beberapa cara membuat lirik lagu yang bagus langkah demi selangkah. Jangan lupa untuk terus menulis, kembangkan kemampuan menulis, pelajari dan amati lirik-lirik lagu yang populer. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *