6 Cara Memelihara Lobster Air Tawar di Aquarium

Diposting pada
cara memelihara lobster air tawar di aquarium

Cara memelihara lobster air tawar di aquarium – Selama ini kita mengenal lobster adalah hewan laut yang kerap dikonsumsi, bahkan harganya cukup mahal di restoran-restoran. Tapi ternyata, lobster juga bisa dijadikan sebagai penghias aquarium.

Saat ini, budidaya lobster telah berkembang di mana-mana, sehingga lobster pun sudah gampang ditemui di toko-toko ikan hias manapun.

Tak hanya air laut, lobster air tawar pun kini mulai berkembang dan banyak aquarist yang memelihara hewan bercangkang ini di akuariumnya.

Kali ini kita akan bahas mengenai bagaimana cara memelihara lobster air tawar dan apa saja kebutuhannya, agar lobster bisa tumbuh maksimal dan yang terutama terbebas dari stres saat masuk aquarium.

1. Media

Lobster air tawar ini sebenarnya termasuk hewan yang cukup kuat, sehingga ia bisa dipelihara di kolam maupun dalam aquarium.

Umumnya, untuk budidaya lobster air tawar, biasa menggunakan kolam sebagai tempat pemijahan.

Namun, jika Anda hanya ingin merawat dan menikmati keindahannya, akurium adalah tempat yang tepat dijadikan sebagai tempat tinggal mereka.

Ukuran Aquarium Ideal

Dalam merawat lobster air tawar, sebenarnya tidak memerlukan aquarium yang besar. Tetapi, pada prinsipnya semakin besar akuarium, tentu semakin baik, dan semakin mahal biaya perawatan pastinya he..he..he.. 🙂

Idealnya, aquarium untuk lobster setidaknya memiliki kapastias 20 galon air atau 75 liter air.

Jika ingin lebih kecil dari itu, maka pastikan kondisi air selalu bersih dan kurangi jumlah lobster serta ikan lain.

Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan, lobster ini merupakan penjelajah alami, sehingga jika ada sedikit saja celah dalam akurium, mereka bisa keluar.

So, pastikan untuk tidak memberikan akses udang ini untuk merayap ke atas, atau sebaiknya berikan saja penutup aquarium.

Peralatan Aquarium

Lobster adalah hewan yang suka sekali bersembungi dicelah-celah bebatuan atau tempat apapun untuk bersembunyi.

Sehingga, jika ingin memeliharanya di aquarium, Anda memerlukan bebatuan atau hiasan-hiasan yang memungkinkan lobster untuk bersembunyi.

Hewan ini bersifat sangat teritorial, jika ingin memelihara ikan teritorial, selalu sediakan tempat untuk bernaung sebagai markasnya.

Biasanya, para hobbyst menggunkan pipa PVC sebagai media persembunyian lobster.

Jika Anda ingin akuarium terlihat lebih natural, mungkin Anda bisa menyediakan batu-batu karang dengan banyak celah-celah di dasar.

2. Kondisi Air

Seperti ikan hias lainnya, untuk cara memelihara lobster air tawar juga memerlukan kondisi air yang baik, meskipun bisa dibilang hewan ini cukup kuat.

Suhu ideal untuk lobster air tawar, berkisar antara 24 sampai 30 derajat Celcius, sehingga cocok dipelihara di negara-negara beriklim tropis seperti Indonesia ini.

Tingkat keasaman atau pH yang cocok untuk lobster berkisar antara pH 7 sampai 8. Dengan tingkat kesadahan air sekitar 10—12° dH. Anda bisa menggunakan air tanah maupun air PAM yang ada di Indonesia.

Sedangkan untuk kandungan oksigen dalam air, minimal terdapat 7 ppm dan CO2 maksimal 10 ppm. Sehingga kalau ingin memeliharanya di akuarium, Anda memerlukan aerator dan sistem filtrasi yang cukup baik.

Pergantian Air

Menurut para ahli, dalam cara memelihara lobster air tawar ini Anda perlu melakukan pergantian air sebanyak 25% dari total air aquarium, dengan frekuensi seminggu sekali.

Tetapi, jika air keruh lebih cepat karena berbagai hal, Anda bisa menggantinya sesuai kebutuhan.

Yang perlu ditekankan disini ialah, jangan pernah memasukan air ledeng langsung ke akuarium. Biasakan untuk mengendapkannya dulu semalaman sebelum dimasukan ke dalam aquarium. Ini berlaku untuk memelihara ikan akuarium jenis apapun.

3. Pakan Lobster Air Tawar

Lobster sebaiknya diberikan pakan yang tidak berlebihan (karena dapat merusak kualitas air) dan juga tidak kurang (jika kekurangan makanan, mereka bisa memangsa sesamanya).

Anda bisa memberinya makan dua kali sehari, dengan porsi 25% di pagi hari, dan 75% di sore hari.

Mengapa lebih banyak porsi di sore hari?

Perlu diingat, lobster air tawar adalah hewan nokturnal, yaitu hewan yang aktif di malam hari.

Jenis Pakan

Untuk jenis pakannya sendiri, sebenarnya cara memelihara lobster air tawar ini tidak perlu repot-repot, karena hewan ini tergolong omnivora.

Di habitat aslinya, lobster ini bisa memakan daun-daunan dan ranting pohon yang jatuh ke air.

Selain itu, pada habitat alaminya, hewan ini mencukupi kebutuhan pakan hewaninya dengan memakan bangkai-bangkai yang jatuh ke dasar air.

Mereka tidak akan memakan bangkai yang masih mengambang di atas air, namun saat jatuh ke dasar, mereka akan segera memakannya.

Saat ini sudah banyak pellet-pellet khusus lobster yang dijual dan memenuhi semua kebutuhan nutrisi dari lobster.

Biasanya, tipe pellet yang bisa diberikan adalah pellet kering yang jatuh tenggelam (sink).

Perlu diketahui, umumnya pellet yang dibuat pabrikan itu ada dua jenis, yaitu tipe mengambang (floating) dan tenggelam (sinking).

Selain pellet kering, lobster juga bisa diberikan cacing beku. Jadi, sebenarnya untuk urusan makan udang ini tidak merepotkan.

Berhubung krustasea ini adalah pemakan segala, maka Anda juga bisa memberinya sayur-sayuran, seperti wortel, jagung rebus, singkong dan sayuran lainnya.

4. Menggabungkan Lobster Air Tawar dengan Ikan Lain

Lobster air tawar adalah hewan yang mempunyai tempramen cukup damai, tetapi kalau diganggu ia bisa jadi sangat agresif. Tetapi, biasanya mereka tidak cukup cepat untuk melukai ikan lainnya.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin menggabungkan lobster ini dengan ikan lain, pastikan menggabungkannya dengan ikan yang lebih gesit.

Tidak disarankan memasukan lebih dari satu lobster dalam aquarium. Mereka bersifat agresif dengan sesamanya, dan cenderung mencoba saling membunuh dengan jenis lobster lainnya.

Kalau ingin memelihara lebih dari satu lobster dalam akuarium, pastikan Anda memiliki aquarium yang cukup luas dan berikan banyak tempat perlindungan.

Beberapa jenis ikan seperti cichlids dan lele, terkadang suka menyerang lobster air tawar ini, jadi penting sekali untuk memberikan mereka tempat berlindung.

5. Perawatan Lobster Air Tawar yang Sakit

Panyakit yang sering menimpa lobster adalah parasit yang hidup di badan serta kepala lobster. Ciri-cirinya, berkembang parasit berwarna putih susu di bagian badan atau kepalanya.

Di samping itu, ciri lainnya penyakit ini seperti menurunnya nafsu makan, pergerakan yang lebih lambat dari biasanya (tidak lincah).

Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, penyakit parasit ini bisa berbahaya bagi lobster, bahkan bisa menimbulkan kematian.

Cara memelihara lobster air tawar yang sakit adalah dengan mengkarantinya, Dengan memisahkan lobster ke tempat khusus karantina yang telah diberikan garam, dengan kadar kurang lebih 30 ppt. Dan jangan lupa berikan aerator.

Durasi masa karantina lobster sakit berkisar antara 10 sampai 14 hari, atau sampai terlihat perubahan pada lobster.

Ganti air sekitar 3 sampai 4 hari sekali dengan air yang sudah diberikan garam dan diendapkan terlebih dulu.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi White Spot pada Ikan di Akuarium

Perawatan model ini sebenarnya cukup umum untuk mayoritas ikan hias dan menjadikannya pertolongan pertama bagi ikan-ikan yang sakit.

6. Tips Tambahan dalam Memelihara Lobster Air Tawar

  • Mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk menambahkan pasir yang tebal dalam aquarium. Hewan ini senang menggali, baik untuk bersembunyi, mencari makan atau sekedar bermain-main.
  • Kalau ingin memegang lobster, peganglah bagian bawah lengan dari belakang, untuk menghindari capit mereka.
  • Mayoritas lobster air tawar hanya bisa bertahan hidup dalam 2 sampai 3 tahun, namun dengan perawatn yang benar, mereka bisa hidup sampai delapan tahun.
  • Lobster suka dengan tanaman air untuk bermain-main seperti di habitat aslinya, boleh juga untuk menambahkan tanaman air dalam akuarium Anda.
  • Hindari makanan yang mengandung tembaga. Banyak dari makanan ikan olahan yang mengandung tembaga, dan itu tidak bagus untuk lobster.

Baca Juga:

Itulah sekilas mengenai cara memelihara lobster air tawar di aquarium. Tips ini berguna untuk bermacam jenis lobster secara umum. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *