Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

rambut rontok

Penyebab dan cara mengastasi rambut rontok secara alami – Rambut disebut juga sebagai “Mahkota Wanita.” Rambut mengekspresikan kepribadian dan gaya seseorang.

Lalu apa jadinya jika mahkota ini bermasalah? Pasti akan mengganggu penampilan dan mood Anda bukan?

Masalah rambut rontok yang berlebihan bisa menjadi bencana yang mengerikan, mempengaruhi mood serta rasa percaya diri, apalagi bagi wanita.

Namun jika ditangani dengan benar, masalah rambut rontok ini dapat diatasi, dengan melakukan perawatan sederhana di rumah secara alami dan efektif.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang tips dan cara mengatasi rambut rontok secara alami, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Penyebab Rambut Rontok

Sebelum masuk cara mengatasi rambut rontok secara alami, sebaiknya Anda perlu tahu dulu apa saja penyebab rambut rontok. Berikut adalah penyebab kerontokan rambut yang paling umum terjadi, diantaranya:

1. Rambut kekurangan nutrisi

Besar kemungkinan bahwa nutrisi penting yang berguna bagi rambut tidak masuk dalam diet harian Anda, seperti zat besi, tembaga, seng dan protein.

Selain itu, kekurangan vitamin D juga bisa menjadi penyebab lain rambut rontok. Untuk menghindari kekurangan vitamin D ini, pastikan untuk keluar rumah dan menikmati sinar matahari pagi.

2. Ketidakseimbangan hormonal

Setelah usia 30, wanita dapat mengalami ketidakseimbangan hormon yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Ini biasanya disebabkan oleh konversi Dihidrotestosteron (DHT) yang berlebihan.

Meskipun estrogen adalah hormon utama yang diproduksi wanita, testosteron dan androgen lainnya seperti DHEA(Dehydroepiandrosterone) juga terjadi di tubuh wanita. Ketika wanita mencapai usia tertentu, mereka mungkin mulai mengubah androgen ini menjadi DHT.

3. Masalah tiroid

Jika kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang berlebihan atau malah kurang, maka siklus pertumbuhan rambut dapat berubah.

Jika Anda memiliki masalah tiroid, Anda juga akan melihat gejala lain yang muncul selain rambut rontok, seperti masalah berat badan, kepekaan terhadap dingin atau panas, dan perubahan denyut jantung.

4. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) memiliki ketidakseimbangan hormon yang menciptakan kadar androgen lebih tinggi. Hal ini sering menyebabkan rambut tumbuh di wajah dan tubuh, sementara rambut di kepala tumbuh lebih tipis.

PCOS juga dapat menyebabkan masalah ovulasi, jerawat, dan penambahan berat badan.

5. Pil KB

Pil KB dapat menyebabkan kerontokan rambut. Hormon dalam pil yang menekan ovulasi dapat menyebabkan rambut menjadi tipis, terutama pada wanita dengan riwayat keluarga rambut rontok. Terkadang rambut rontok dapat terjadi ketika Anda berhenti minum pil.

Obat lain yang terkait dengan rambut rontok adalah pengencer darah dan obat-obatan yang mengobati tekanan darah tinggi, penyakit jantung, radang sendi, dan depresi.

6. Stres

Stres yang ekstrem dapat menyebabkan kerontokan rambut secara tiba-tiba, ini bisa berlangsung selama beberapa bulan. 

Meminimalkan stres melalui olahraga, yoga, meditasi, dan pijat, akan mengurangi kemungkinan Anda mengalami kerontokan rambut.

7. Produk penataan rambut

Rambut yang terlalu sering ditata dapat menyebabkan kerontokan, karena bahan kimia beracun yang ditemukan dalam pewarna dan produk penataan rambut.

Demikian pula dengan sampo, hampir semua sampo mengandung Sodium lauryl sulfate (SLS) yang memiliki efek beracun pada sistem kekebalan tubuh dan telah terbukti merusak folikel rambut, serta menghambat pertumbuhan rambut.

Dianjurkan untuk tetap menggunakan sampo dan pewarna alami, atau paling tidak yang sedikit kandungan kimianya.

8. Kondisi Medis

Berikut adalah beberapa kondisi medis yang menjadi penyebab rambut rontok, seperti:

Telogen effluvium

Kita biasanya kehilangan sekitar 100 helai rambut sehari, tetapi kadang-kadang kerontokan terjadi karena stres, penyakit, obat-obatan atau hormon. Rambut umumnya tumbuh kembali dalam waktu enam bulan.

Alopesia androgenetik

Pada wanita, rambut umumnya menipis di bagian atas, daerah depan, tepat di belakang garis rambut, tetapi tetap tebal di bagian belakang.

Enzim menyebabkan konversi hormon seks laki-laki testosteron menjadi hormon lain, dihidrotestosteron(DHT), menyebabkan folikel rambut menghasilkan rambut yang lebih tipis sampai mereka berhenti.

Alopecia areata

Penyakit autoimun yang mempengaruhi hingga 2% populasi. Dampaknya bagi rambut akan menyebabkan bekas bundar rambut rontok dan dapat menyebabkan kebotakan total. Dalam banyak kasus, rambut akan tumbuh kembali.

Usia

Seiring bertambahnya usia, tingkat pertumbuhan rambut kita cenderung melambat. Helai rambut menjadi lebih kecil dan memiliki lebih sedikit pigmen, dan rambut menjadi lebih tipis, lebih halus, dan abu-abu.

Agar rambut Anda tetap sehat, konsumsilah seluruh makanan yang dapat membantu menjaga tubuh agar tetap awet muda.

Genetika

Rambut rontok yang bersifat genetik dikenal sebagai alopecia androgenetic dan dikenal sebagai penyebab paling umum kerontokan rambut.

Gen dapat diwariskan dari keluarga ibu atau ayah Anda, dan resiko semakin bertambah kalau kedua orang tua Anda mempunyai riwayat rambut rontok.

penyebab rambut rontok

Perawatan untuk Mengatasi Rambut Rontok

Berikut ini beberapa perawatan sederhana cara untuk mengatasi rambut rontok yang perlu Anda ketahui.

1. Sampo

Sangat penting untuk mengenal jenis kulit kepala Anda dan memilih sampo yang tepat.

Selain itu, mencuci rambut juga tergantung pada kulit kepala Anda. Misalnya, lebih banyak mencuci rambut dengan kulit kepala kering dapat menyebabkan rambut rontok, atau tidak mencuci kulit kepala berminyak tiga kali seminggu dapat menyebabkan hal yang sama.

Lebih lanjut, pastikan sampo tidak mengandung bahan kimia seperti sulfatparabendan silikon yang dapat membuat rambut Anda rapuh dan rentan terhadap kerusakan.

2. Kondisioner

Kondisioner yang baik dapat menjaga rambut Anda tetap indah dan sehat. Kondisioner mengandung asam amino yang dapat membantu memperbaiki rambut rusak, dan juga membantu menjaga rambut agar tetap halus.

3. Diet dan Olahraga

Anda perlu memberi makan rambut Anda semua nutrisi yang tepat, terutama lebih banyak protein dan zat besi.

Namun, jangan lupa untuk seimbangkan dengan olahraga teratur. Yoga dan meditasi adalah cara yang tepat untuk mengatasi rambut rontok.

4. Perawatan Kimia

Menjalani perawatan rambut yang terlalu sering seperti meluruskan, mengeriting dan mewarnai jelas tidak baik untuk rambut Anda.

Hindari penggunaan hair dryer, alat pengeriting rambut, terutama pada saat rambut dalam keadaan basah, karena itu sama halnya dengan merebus air di batang rambut Anda, sehingga akan membuatnya rapuh.

Jika Anda benar-benar perlu menggunakan blow dry, maka tetap pada pengaturan panas terendah.

Jika menggunakan produk lain yang memanaskan rambut Anda, mulailah dengan kondisioner tanpa dibilas, dan selesaikan dengan semprotan pelindung.

5. Oiling Hair

Oiling meningkatkan sirkulasi darah dan menutrisi akar. Pastikan memijat rambut Anda seminggu sekali dengan minyak yang sesuai dengan kulit kepala Anda. Tutupi dengan topi mandi dan cuci dengan sampo ringan setelah dua jam.

6. Terlalu banyak produk penataan

Menggunakan terlalu banyak produk yang mengandung bahan kimia pada rambut, dapat berbahaya dalam jangka panjang. Sebaiknya beri jarak dan cobalah cara alami (menggunakan bahan alami) sebagai gantinya.

7. Potong ujung rambut secara berkala

Biasanya, rambut cenderung mengalami kerusakan di bagian ujungnya, dan memotong atau merapikan sedikit ujung rambut Anda setiap 6-8 minggu, itu baik untuk rambut dan juga penampilan.

Rambut rusak memiliki tekstur seperti jerami, dan dapat dipotong untuk meningkatkan pertumbuhan dan menghilangkan ujung bercabang.

8. Hindari mandi dengan air panas

Mandi dengan air yang panas dapat mengeringkan dan mengupas kulit kepala dari minyak alami, sehingga rambut menjadi kering dan rapuh, yang pada akhirnya rambut akan mudah patah.

Sebagai gantinya, gunakanlah air hangat yang hangat dan bilas rambut dengan suhu paling dingin.

9. Jangan menyisir rambut basah

Helai rambut akan lebih rapuh dan rentan pecah ketika basah. Oleh karena itu penting untuk menggunakan sisir bergigi lebar atau membiarkannya kering terlebih dahulu sebelum disisir atau ditata.

10. Jangan mengikat rambut terlalu kencang

Menarik rambut terlalu kencang dari akar akan menyebabkan kerusakan, oleh karena itu harus dihindari. Dan juga sebaiknya tidak mengikat rambut Anda dengan kencang saat tidur.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Setelah mengetahui beberapa penyebab rambut rontok di atas, kini waktunya Anda untuk mengatasi permasalah tersebut. Berikut beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami, antara lain:

1. Masker telur

masker telur - perawatan kerontokan rambut

Telur kaya sulfurfosforseleniumyodiumseng dan protein, yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Cara mengatasi rambut rontok dengan masker telur:

  1. Pisahkan satu putih telur dalam mangkuk dan tambahkan masing-masing satu sendok teh minyak zaitun dan madu.
  2. Kocok hingga menjadi pasta dan aplikasikan masker dari akar ke ujung rambut.
  3. Setelah 20 menit, bilas dengan sampo ringan.

2. Akar licorice

akar licorice - cara mengatasi rambut rontok secara alami

Ramuan ini mencegah kerontokan rambut dan kerusakan lebih lanjut pada rambut. Selain itu dapat membantu menenangkan kulit kepala dan menyingkirkan setiap serpihan kering / ketombe.

Cara mengatasi rambut rontok dengan masker akar licorice:

  1. Buat masker dengan menambahkan satu sendok makan akar licorice dan seperempat sendok teh safron ke satu cangkir susu.
  2. Oleskan pasta ke kulit kepala dan seluruh bagian rambut, biarkan semalam.
  3. Keesokan paginya, cuci rambut Anda.
  4. Ulangi ini dua kali seminggu.

3. Santan Kelapa

santan kelapa - cara mengatasi rambut rontok secara alami

Protein dan lemak esensial di dalamnya meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

Cara mengatasi rambut rontok dengan santan kelapa:

  1. Parut kelapa berukuran sedang dan didihkan dalam panci selama lima menit.
  2. Saring dan dinginkan.
  3. Kemudian tambahkan masing-masing satu sendok makan biji lada hitam dan biji fenugreek ke dalam susu.
  4. Oleskan pada kulit kepala dan rambut Anda.
  5. Setelah 20 menit, bilas dengan sampo.

4. Teh hijau

teh hijau - cara mengatasi rambut rontok secara alami

Teh ini kaya antioksidan, yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

Cara mengatasi rambut rontok dengan teh hijau:

  1. Rendam dua – tiga kantong teh dalam satu atau dua cangkir air panas (tergantung pada panjang rambut Anda).
  2. Ketika dingin, tuangkan ke kulit kepala dan rambut Anda, sambil memijat lembut kepala Anda.
  3. Bilas dengan air dingin setelah satu jam.

5. Jus akar Bit (Beetroot)

jus akar bit - cara mengatasi rambut rontok secara alami

Akar Bit kaya akan vitamin C dan B6, folatmanganbetain dan potasium, yang kesemuanya penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

Selain itu, bisa bertindak sebagai agen detoksifikasi dengan membantu menjaga kulit kepala bersih.

Cara mengatasi rambut rontok dengan jus akar bit:

  1. Rebus 7-8 daun bit dan giling bersama dengan 5-6 lembar daun pacar (henna).
  2. Oleskan jus ini pada kulit kepala Anda, dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

6. Yogurt Yunani dan madu

yogurt dan madu untuk perawatan

Cara mengatasi rambut rontok dengan masker Yogurt Yunani dan madu:

  1. Campur 2 sendok makan yoghurt dengan 1 sendok makan madu dan lemon dalam mangkuk.
  2. Dengan kuas pewarna, gunakan masker ini pada kulit kepala dan akar rambut.
  3. Biarkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air dingin.
  4. Oleskan masker ini seminggu sekali.

7. Aloe Vera (Lidah Buaya)

aloe vera - untuk kerontokan rambut

Orang Asia, penduduk asli Amerika, termasuk Indonesia telah menggunakan Aloe Vera atau lidah buaya untuk menjaga agar rambut tetap sehat dan mencegah rambut rontok sejak dahulu.

Kandungan Aloe Vera bisa menyeimbangkan pH kulit kepala dan merawat dari dalam. Selain itu, Aloe Vera juga bisa membantu membersihkan pori-pori kulit kepala.

Anda bisa menggunakan gel Aloe Vera dengan santan dan sedikit minyak biji gandum untuk digunakan sebagai sampo, hal ini sudah terbukti.

Aloe Vera akan membantu Anda menghentikan kerontokan rambut dengan cara yang alami. Selain itu juga efektif dalam mengurangi masalah kulit kepala seperti gatal dan mengelupas.

Cara mengatasi rambut rontok dengan masker lidah buaya:

  1. Ambil batang lidah buaya dan ekstrak ampasnya.
  2. Oleskan ke rambut dan kulit kepala Anda dan biarkan selama sekitar 45 menit.
  3. Bilas dengan air biasa.
  4. Ulangi tiga hingga empat kali seminggu untuk hasil maksimal.

8. Biji fenugreek

biji fenugreek baik untuk kesehatan rambut

Fenugreek atau kelabat adalah salah satu bahan alami yang paling efektif untuk menghentikan kerontokan rambut. Bahkan mampu memperbaiki folikel rambut dan membantu pertumbuhan rambut.

Cara mengatasi rambut rontok dengan masker fenugreek:

  1. Rendam biji fenugreek semalam di dalam air.
  2. Giling hingga menjadi pasta halus dan terapkan ke rambut dan kulit kepala Anda.
  3. Biarkan masker di kepala Anda selama sekitar 30 menit.
  4. Anda dapat menutup kulit kepala Anda dengan menggunakan topi mandi untuk membuatnya tetap lembab.
  5. Setelah 30 hingga 40 menit, bilas dengan air biasa.
  6. Anda tidak perlu menggunakan sampo apa pun.
  7. Lakukan dua kali seminggu selama sebulan untuk mengontrol rambut rontok.

9. Jus bawang

jus bawang untuk merawat rambut

Sifat antibakteri bawang membantu melawan infeksi kulit kepala, sedangkan kandungan sulfur meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut. Manfaatnya dapat meningkatkan pertumbuhan dan mencegah kerontokan rambut.

Cara mengatasi rambut rontok dengan jus bawang:

  1. Untuk mengekstrak jus bawang, giling bawang, lalu peras airnya.
  2. Celupkan bola kapas ke dalam jus bawang dan aplikasikan ke kulit kepala Anda.
  3. Diamkan selama 20 hingga 30 menit, kemudian cuci menggunakan air biasa dan sampo ringan.
  4. Ikuti prosedur ini seminggu sekali dan lihat perbedaannya.

Makanan untuk Rambut Sehat

Perawatan dan sampo memang berperan dalam menjaga kesehatan rambut dari luar, namun rahasia rambut tebal, berkilau, dan kuat adalah diet yang sehat.

1. Bayam

Kekurangan zat besi adalah penyebab utama rambut rontok. Bayam bukan hanya sumber zat besi yang bagus tetapi juga vitamin A, C dan protein.

Bayam juga mengandung sebum yang berfungsi sebagai kondisioner alami untuk rambut dan memberi kita asam omega-3magnesiumkalium dan kalsium. Ini membantu dalam menjaga kulit kepala yang sehat dan rambut berkilau.

2. Wortel

Kita kenal wortel baik untuk mata, wortel mengandung vitamin A yang juga meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kulit kepala kering dan gatal.

Wortel dikenal ampuh untuk menambah ketebalan rambut, membuat rambut berkilau, meningkatkan sirkulasi darah, memperkuat rambut, melindungi rambut dari kerusakan eksternal seperti polusi dan juga membantu mencegah kerusakan rambut dan rambut rontok.

3. Telur

Karena rambut terdiri dari 68% protein keratin, telur membantu dalam membangun kembali rambut yang rusak. Telut juga kaya akan vitamin B yang disebut biotin yang membantu rambut untuk tumbuh.

4. Oat

Oat kaya serat, seng, zat besi, asam lemak omega-6 dan asam lemak tak jenuh ganda. Fungsinya mampu merangsang pertumbuhan rambut dan akan membuat rambut Anda tebal dan sehat.

5. Kenari

Kacang kenari mengandung biotin, vitamin B (B1, B6 dan B9), Vitamin E, banyak protein dan magnesium, dimana semua kandungan tersebut dipercaya ampuh untuk memperkuat kutikula rambut, serta menyehatkan kulit kepala.

Selain itu juga membantu melindungi sel-sel Anda dari kerusakan DNA yang mungkin disebabkan karena paparan sinar matahari.

6. Ayam

Daging tanpa lemak seperti ayam atau kalkun, kaya akan protein berkualitas tinggi yang memperkuat rambut rapuh dan mencegah kerusakan.

7. Stroberi dan jambu biji

Stroberi adalah makanan yang baik dikonsumsi sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok secara alami, karena mengandung silika tingkat tinggi. Silika adalah mineral penting untuk kekuatan dan pertumbuhan rambut.

Makanan lain yang kaya silika adalah beras, gandum, bawang, kubis, mentimun dan kembang kol.

Vitamin C juga mencegah rambut menjadi rapuh dan patah. Kita mengira bahwa jeruk adalah sumber vitamin C terbaik, padahal satu buah jambu biji kandungannya lebih banyak empat sampai lima kali lipat.

8. Yogurt

Yogurt mengandung Vitamin B5 dan Vitamin D yang bagus untuk meningkatkan kesehatan folikel rambut.

9. Ubi jalar

Beta carotene melindungi rambut kering, kusam dan menstimulasi kelenjar di kulit kepala Anda untuk membuat cairan berminyak yang disebut sebum.

Buah-buahan berwarna oranye dan sayuran seperti wortel, labu, blewah, mangga dan ubi jalar adalah sumber beta carotene yang bagus.

10. Paprika

Mungkin hal ini terasa aneh bagi Anda, tapi ternyata paprika bermanfaat untuk perawatan rambut rontok.

Karena paprika banyak mengandung vitamin dan mineral yang bagus untuk rambut, serta dapat mempertahankan warna alami pada rambut Anda.

Hal ini karena paprika mengandung vitamin B6 yang dapat merangsang produksi melanin dan pigmen pada rambut, sehingga rambut Anda dapat terjaga warna alaminya meskipun terkena sinar matahari.

Kandungan vitamin B6 juga dapat membantu mencegah rambut rontok secara alami.

Selain itu, paprika memiliki kandungan zat besi yang dapat membantu proses suplai oksigen ke dalam folikel rambut. Rambut yang dapat suplai oksigen yang bagus akan terlihat lebih sehat dan indah.

Baca Juga: Manfaat Tomat untuk Wajah

Tanaman untuk Mengatasi Rambut Rontok

Selain dari makanan, beberapa tanaman di bawah ini juga baik untuk mengatasi rambut rontok secara alami,  di antaranya:

1. Jojoba 

Jika Anda mengalami masalah rambut, seperti eksim, psoriasis, ketombe atau seborrhea, Anda bisa menggunakan minyak jojoba.

Penduduk asli Amerika dan orang-orang Meksiko telah menggunakan jojoba selama berabad-abad untuk mencegah kerusakan rambut, mengendalikan ketombe dan juga sebagai salah satu cara perawatan rambut rontok secara alami.

Minyak jojoba bekerja dengan baik untuk kulit hypoallergenic, selain itu jojoba oil memiliki khasiat yang bagus untuk melembabkan rambut.

Jojoba oil adalah salah satu produk perawatan rambut rontok alami terbaik. Oleh sebab itu banyak produk-produk sampo yang menggunakan jojoba oil dalam kandungan produk mereka.

2. Inai (Henna)

Henna adalah ramuan tradisional India, kalau di Indonesia biasa disebut pacar. Ternyata Henna memiliki manfaat yang bagus untuk rambut Anda. Henna bisa menjadi kondisioner alami.

Selain itu, Henna juga bagus dan bermanfaat sebagai produk cara perawatan untuk mengatasi rambut rontok secara alami.

Henna bisa memperbaiki kerusakan pada batang rambut dengan cara menyegel kutikula, memperbaiki dan menghentikan kerusakan pada rambut Anda.

3. Serai

Tanaman ini dapat membantu mengendalikan produksi minyak di kulit kepala. Selain itu juga memberikan nutrisi pada rambut.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan minyak kemiri untuk memijat juga. Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari tanaman ini.

Artikel Terkait:

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi rambut rontok secara alami. So, untuk memiliki rambut indah dan terbebas dari masalah kerontokan, Anda tidak perlu melakukan perawatan mahal di salon, Anda bisa kerjakan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Ardiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *