11 Cara Mengatasi Sakit Hati dan Kecewa Karena Cinta

cara mengatasi sakit hati dan kecewa karena cinta

Cara Mengatasi Sakit Hati dan Kecewa Karena Cinta – Namanya hidup, pasti tidak berjalan selalu mulus, ada saja rintangan dan hambatan yang menghadang.

Termasuk dalam hal percintaan, gak selamanya fine-fine aja, kadang ada percekcokan, perbedaan pendapat atau sampai patah hati karenanya.

Untuk urusan sakit hati dan kecewa karena cinta ini, banyak yang bilang mudah diatasi, tapi pada kenyataannya susah banget.

Apalagi kalau pas sendirian, pasti Kamu bakal gampang ngelamun dan kepikiran doi lagi.

Cara Mengatasi Sakit Hati dan Kecewa Karena Cinta

Buat yang lagi patah hati alias broken heart karena urusan asmara, gak usah sedih lagi.

Coba deh ikuti beberapa tips cara mengatasi sakit hati dan kecewa karena cinta berikut biar gak kepikiran lagi.

1. Cari Temanmu

Disini Kamu bisa benar-benar tahu, mana sahabat sesungguhnya dan mana yang hanya ingib berteman dengan Kamu kalau lagi ada maunya.

Sahabat sejati adalah orang yang selalu ada saat kita dalam suka maupun duka.

Kalau hanya teman ada maunya, biasanya mereka akan pura-pura sibuk ketika Kamu butuh mereka.

Sahabat sejati, bagaimana pun cara nya pasti sempetin waktunya buat menemani Kamu atau ikut merasakan apa yang Kamu alami, termasuk dalam hal ini saat mengatasi kecewa dan sakit hati karena cinta.

Kamu bisa ceritakan semua masalah yang Kamu hadapi dan apa yang Kamu rasakan.

Kamu bisa bebas mengekspresikan semuanya dengan sahabatmu.

Dengan begitu, beban Kamu akan semakin ringan dan rasa sakit akibat patah hati bisa lebih berkurang.

Itu karena Kamu akan ngerasa gak sendiri dalam menghadapi momen-momen pahit ini.

2. Cari Kesibukan

Rasa sakit akibat patah hati itu biasanya menyerang dikala kita sendiri. Saat itu entah darimana datangnya, bayangan-bayangan tentang masa lalu menghampiri kita. Itu yang membuat kita susah sembuh dari perasaan kecewa.

Untuk itu, sebaiknya Kamu cari kesibukan biar gak kebanyakan melamun.

Saat sedang beraktivitas mungkin Kamu akan lupa sejenak perasaan itu, lalu akan kambuh lagi ketika Kamu kesepian. Lawan dengan menyibukkan diri.

Cara apa saja bisa Kamu kerjakan yang bikin Kamu sedikit pun tak ingat rasa sakit hati dan bisa mengatasi rasa kecewa karena cinta, seperti beberes rumah, menulis, atau apapun itu yang bisa buat Kamu senang.

3. Jalani Hobi Kamu

Hobi adalah cara yang cukup mujarab untuk mengatasi sakit hati karena cinta.

Dengan menjalani hobi, membuat Kamu merasa senang, lepas, puas, sehingga pada akhirnya beban Kamu teralihkan.

Menjalani hobi bisa apa saja sesuai apa yang Kamu suka, seperti bermain musik, memelihara binatang, mononton film atau lainnya.

4. Berhenti Stalking

Stop mengikutinya, di medsos apapun. Rasa penasaran itu kadang selalu muncul, tapi itu harus Kamu kendalikan. Karena dengan mengikuti dia terus akan semakin menyiksa Kamu.

Jalan terbaik adalah blok saja media sosial miliknya. Memang cara ini terkesan kekanak-kanakan, tapi cara ini cukup efektif untuk mengatasi sakit hati dan kecewa karena cinta.

Selain itu, Kamu juga bisa menyingkirkan barang-barang pemberian mantan dari hadapan Kamu.

Biasanya, kalau Kamu melihat barang tersebut, Kamu akan mengingat-ingat kembali kenangan masa lalu, hal itu akan membuat Kamu semakin tidak bisa move on.

5. Benahi Mindset Kamu

Pola pikir atau mindset ini sebenarnya adalah hal utama yang perlu dibenahi saat Kamu patah hati.

Dengan cara berpikir yang benar, maka Kamu akan lebih lega dan bersyukur atas apa yang menimpa diri Kamu.

Kamu harus mulai berpikir bahwa “Dia” bukanlah yang terbaik untukmu. Kalau dia yang terbaik buat Kamu, pasti dia gak akan buat Kamu sakit hati.

Selain itu, Kamu juga harus berpikir bahwa Kamu adalah orang yang masih beruntung, karena diberi tahu lebih awal bahwa dia bukan yang “Terbaik” buat Kamu.

Bayangkan kalau Kamu sudah sampai jenjang pernikahan lalu doi bikin Kamu patah hati!

Toh kalau emang dia “Jodoh” Kamu, itu pasti akan datang lagi.

6. Menyadari Arti Hubungan

Hal terburuk apa dari menjalin hubungan? Ya patah hati, sakit hati dan kecewa..

Sebenarnya patah hati itu kan gak mesti pas berhubungan, bisa juga ketika cintamu bertepuk sebelah tangan (seperti lagu DEWA).

Oleh karena itu, Kamu harus segera menyadari arti dari hubungan, bahwa siap mencintai berarti siap kecewa ataupun sakit hati karena berakhirnya hubungan.

Kamu harus merenung sejenak, flashback, dan mulai menyadari bahwa ada pertemuan pasti ada perpisahan, termasuk siap berhubungan berarti siap menerima hal terburuk.

Sadari betul bahwa ini adalah hal biasa yang bukan hanya Kamu saja yang mengalaminya. Degan begitu Kamu akan sedikit lega!

Cuma tidak perlu takut untuk mencintai seseorang, selama pilihan Kamu adalah orang yang tepat, hal tersebut gak bakalan terjadi.

Walaupun seumur hidup Kamu tak akan menemukan orang yang tepat atau sempurna sesuai harapan Kamu, tapi paling tidak mendekati.

So, lebih selektif di awal ketika memilih pasangan itu adalah langkah tepat yang bisa Kamu ambil untuk menjadi pelajaran kedepannya.

7. Membuka Diri

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi sakit hati dan kecewa karena cinta adalah mulai membuka diri untuk “Orang” yang baru.

Dengan hadirnya “orang baru” dalam hidup Kamu, itu akan membuat Kamu melupakan “orang lama”.

Dia akan membawa Kamu ke suasana baru yang bisa jadi lebih baik dari yang kemarin.

Dan pastinya Kami akan menemukan sesuatu yang baru yang belum pernah Kamu rasakan sebelumnya.

So, jangan terlalu larut dalam kesedihan, bukalah lembaran baru yang lebih baik.

Kalau Kamu terus meratap, itu nggak baik juga buat kesehatan dan mental Kamu.

8. Cari Udara Segar

Mungkin alternatif lain untuk mengatasi rasa galau Kamu adalah dengan mencari suasana baru, salah satunya adalah mengunjungi alam bebas atau tempat yang Kamu sukai.

Banyak orang yang suka pergi ke laut, gunung atau alam bebas lain hanya untuk sekedar mencari udara segar, tujuannya adalah menyegarkan otak dan keluar dari kesumpekan rutinitas.

Dijamin deh, cara mengatasi yang satu ini ampuh, habis balik dari liburan tersebut, pikiran Kamu akan lebih segar dan rasa sakit hati dan kecewa karena cinta.

9. Mendengarkan Musik

Yups, hidup tanpa musik itu hambar guys! Karena salah satu manfaat musik yang mengagumkan adalah bisa merubah suasana hati manusia.

Cuma disini Kamu juga harus selektif dalam memilih lagu yang Kamu dengar.

Jangan sampai saat patah hati Kamu dengar lagu melow yang liriknya tentang kekecewaan, itu justru makin bikin Kamu tenggelam.

Dengarkanlah lagu-lagu yang berirama ceria dan liriknya bisa membakar semangat Kamu.

Mungkin genre musik seperti “Rock” bagus untuk momen-momen seperti ini.

Selain mendengarkan musik bisa mengusir perasaan sakit hati maupun kecewa, ternyata banyak juga lho manfaatnya bagi kesehatan! Kamu bisa baca di sini.

10. Bersyukur

Lho kok orang lagi kecewa disuruh bersyukur?

Bersyukur itu kapanpun sob! Baik senang maupun susah!

Bersyukur bahwa Kamu mengetahui lebih cepat bahwa seseorang itu bukan yang terbaik untuk Kamu!

Harusnya Kamu senang kan… 🙂

Tuhan telah memberi tanda, bahwa orang yang telah membuat Kamu sakit hati dan kecewa bukanlah orang yang tepat.

Daripada Kamu tahu belakangan, lebih cepat Kamu tahu itu kan lebih baik!

Lagipula kalau memang dia jodoh Kamu, itu gak akan kemana kok!

11. Mendekatkan Diri Pada Tuhan

Tidak ada cara mengatasi sakit hati maupun kecewa karena cinta yang paling ampuh dan paling cepat selain cara yang satu ini.

Sebenarnya kapan pun dan dalam kondisi apapun Kamu harus selalu dekat dengan Tuhan.

Cuma kalau Kamu masih jauh dari Tuhan, mungkin momen ini adalah pelajaran berharga buat Kamu agar lebih dekat lagi kepada Yang Maha Mencintai.

Dekat dengan Tuhan itu membuat perasaan dan hati kita semakin tenang, menghilangkan kesedihan dan menumbuhkan rasa optimis. Percaya deh!

Mintalah pada Tuhan untuk menghilangkan rasa sakit hatimu, mengobati rasa kecewa, dan mengampuni dosa-dosa semua orang yang telah menyakitimu.

Kalau Kamu lakukan dengan sungguh-sungguh dan serius, yakinlah persaanmu akan semakin membaik.

Cobalah ikuti beberapa saran cara mengatasi sakit hati karena cinta di atas, pilih saja cara mana yang Kamu suka dan cocok dengan kehidupanmu.

Baca juga:

Semoga setelah menjalani beberapa tips cara mengatasi sakit hati dan kecewa karena cinta di atas, rasa perih tersebut akan segera sirna.

You May Also Like

About the Author: Ardiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *