10 Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan Dengan Mudah

Diposting pada
cara membersihkan bau amis ikan

Cara menghilangkan bau amis ikan – Ikan adalah salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang. Selain karena rasanya yang enak, ikan juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Diantaranya adalah protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Cara pengolahannya pun terbilang mudah, bisa digoreng, dipepes, dipindang dan masih banyak lagi. Namun salah satu kendala dalam pengolahannya adalah dalam pencucian ikan tersebut.

Terkadang meskipun sudah dicuci bersih, ikan masih saja meninggalkan bau yang amis. Tentunya bau yang tidak sedap ini akan membuat kita sedikit tidak berselera.

Penyebab kenapa ikan bisa berbau amis ialah karena trimetilamin, senyawa organik yang terdapat pada ikan. Dengan menghilangkan zat tersebut, maka ikan tidak akan berbau amis lagi.

Pada kesempatan kali ini My Simple Tricks akan berbagi tips cara menghilangkan bau amis pada ikan dengan mudah. Pastinya dengan bahan-bahan yang ada di sekitar Anda dan mudah didapat.

Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan

Beginilah cara menghilangkan aroma amis pada ikan. Simak baik-baik!

1. Perasan Jeruk lemon / Nipis

Buah yang satu ini sangat berguna sekali bagi kehidupan manusia, salah satu manfaatnya adalah bisa melenyapkan bau amis ikan.

Dalam 1 buah Jeruk lemon, memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak, sehingga seringkali digunakan dalam bidang kesehatan.

Selain mengandung vitamin C yang banyak, ternyata jeruk lemon juga ampuh untuk menghilangkan aroma amis pada ikan. Begini cara menghilangkan bau amis ikan dengan jeruk lemon:

  • Cuci bersih ikan dengan air mengalir
  • Bersihkan sisik ikan
  • Bersihkan kembali dengan air mengalir
  • Potong 2 jeruk lemon
  • Peraslah jeruk lemon tersebut
  • Baluri sekujur tubuh ikan dengan perasan jeruk lemon tersebut
  • Diamkan di lemari es selama 20 menit
  • Cuci bersih ikan dengan air mengalir hingga aroma lemon berkurang. Done!

2. Larutan Cuka

Cuka memiliki manfaat yang banyak untuk kehidupan kita, namun kandungan asam yang tinggi juga berakibat buruk untuk kita jika dikonsumsi secara berlebihan.

Cuka mudah ditemui di warung-warung terdekat. Begini cara menghilangkan bau amis ikan dengan cuka:

  • Bersihkan ikan dengan air mengalir
  • Rendam ikan dengan 1/2 sdt cuka
  • Diamkan selama 20 menit
  • Cuci bersih ikan dengan air mengalir. Done!

3. Gula

Nah, ini cara simpel dan jarang yang tahu. Ternyata gula selain sebagai pemanis, juga dipercaya bisa menghilangkan bau tidak sedap pada ikan. Begini cara menghilangkan bau amis pada ikan dengan gula:

  • Bersihkan ikan dengan air mengalir
  • Bersihkan sisik serta insang
  • Taburi sekujur tubuh ikan dengan gula
  • Diamkan sekitar setengah jam di dalam lemari es
  • Cuci bersih ikan dengan air mengalir. Done!

4. Bawang Putih

Bawang putih adalah anti bakteri alami, selain digunakan untuk bumbu inti berbagai masakan, ternyata bawang putih juga bisa melenyapkan bau tidak sedap pada ikan lho. Begini cara menghilangkan bau amis ikan dengan bawang putih:

  • Seperti yang sudah-sudah, pertama bersihkan ikan dengan air mengalir
  • Ulek sampai halus bawang putih (jumlah tergantung besarnya ikan / disesuaikan)
  • Lumuri seluruh tubuh ikan termasuk bagian dalam dengan bawang putih yang dihaluskan tadi
  • Diamkan selama 20 menit
  • Akhiri dengan cuci bersih ikan. Done!

5. Susu

Susu memang produk alami hewani yang multifungsi. Selain manfaatnya untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi, ternyata susu juga bisa digunakan untuk melenyapkan bau amis ikan.

Susu mengandung kasein, yang bisa mengikat zat yang membuat ikan menjadi bau amis (trimetilamin oksida). Sehingga, masuk akal bila salah satu cara menghilangkan bau amis ikan dengan menggunakan susu.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu merendam ikan pada susu cair yang full cream atau UHT (gunakan yang tawar) selama setengah jam. Setelah direndam, cuci ikan dengan air bersih sebelum atau dibumbui.

6. Asam Jawa

Ada lagi alternatif lain untuk menghilangkan bau tidak sedap ikan, yaitu dengan menggunakan asam jawa. Cara menggunakannya mudah.

  • Pertama, bersihkan ikan dari lendir-lendir, kemudian bersihkan sisik dan insang.
  • Selanjutnya, larutkan asam jawa secukupnya pada air bersih.
  • Setelah itu, rendam ikan sekitar 10 sampai 20 menit.
  • Terakhir, bilas ikan dengan air bersih,

7. Parutan Jahe

Bahan alami yang satu ini sudah digunakan secara turun-temurun untuk banyak hal, seperti untuk pengobatan alami, maupun salah satunya untuk kebutuhan dapur seperti menghilangkan bau amis ikan ini.

Kalau Anda ingin menggunakan bahan alami ini, Anda bisa memarut jahe hingga halus secukupnya, lalu baluri parutan tersebut ke seluruh bagian tubuh ikan.

Diamkan sekitar 15 sampai 30 menit, lalu Anda bisa bilas dan masak sesuai selera.

8. Apel

Cara menghilangkan bau amis ikan dengan apel ini jarang yang tahu, karena memang masih jarang digunakan secara umum.

Padahal, cara ini sebenarnya cukup ampuh dan mudah dicoba untuk menghilangkan bau amis.

Anda hanya perlu mengiris apel tipis-tipis, kemudian rendam pada minyak atau air yang akan Anda gunakan untuk mengolah ikan. Biarkan sampai apel layu, setelah itu lalu angkat buah apel tadi.

Gunakanlah minyak atau air yang sudah tercampur sari apel tersebut untuk memasak ikan.

9. Tepung Jagung, Garam dan Bubuk Kunyit

Campuran dari tepung jagung, garam dan ditambah bubuk kunyit juga salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan bau ikan. Cara ini biasa dipraktekkan oleh masyarakat India.

Bahkan, campuran bahan di atas tidak hanya efektif untuk menghilangkan bau amis pada ikan, tetapi juga pada produk laut lain yang juga berbau amis.

Untuk menggunakannya, campur tepung jagung, garam dan bubuk kunyit secukupnya, lalu aduk rata. Kemudian baluri campuran tadi ke seluruh badan ikan, biarkan selama 30 menit.

Terakhir, cuci ikan dengan air sebelum dimasak. Jika Anda tidak ingin membilasnya pun tak apa-apa, karena bubuk kunyit serta bahan lainnya di atas juga bagus untuk membumbui ikan.

10. Air Dingin

Cara ini sebenarnya sangat sederhana, jadi ketika Anda ingin membersihkan ikan, usahakan membersihkannya dengan air dingin, jangan air hangat atau panas.

Membersihkan ikan dengan air dingin, akan membuat trimetilamin (yang menyebabkan bau amis pada ikan) dan juga sejumlah bakteri lain akan hilang. Setelah itu, barulah Anda bisa mengeringkannya dengan tisu dan bisa diolah.

Baca Juga:

Itulah beberapa cara menghilangkan bau amis pada ikan dengan mudah, dengan bahan-bahan simpel yang mudah didapatkan pula.

Gunakanlah cara apapun yang Anda anggap mudah, terserah yang mana saja, karena semua cara di atas efektif untuk melenyapkan aroma tak sedap pada ikan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Silahkan di share jika bermanfaat untuk Anda. Salam Sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *