12 Strategi Jitu Cara Meningkatkan Penjualan Online

Diposting pada
cara meningkatkan penjualan online

12 Strategi Jitu Cara Meningkatkan Penjualan Online – Setiap pedagang pasti ingin barang dagangannya laris, termasuk pedagang online.

Tetapi jualan secara online tidak semudah itu, tingginya tingkat persaingan membuat konversi penjualan Anda lemah. Apalagi kalau barang jualan Anda umum dan tinggi persaingan.

Tentunya untuk mencapai penjualan online yang bagus, dibutuhkan inovasi baru dan faktor pembeda agar dagangan Anda mudah dilirik dan dikenal.

Berikut ini adalah 12 cara sederhana namun sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan online Anda secara signifikan:

1. Follow Up

Saat Anda melakukan penjualan online pertama, tindak lanjuti pelanggan. Anda dapat menindaklanjuti dengan mengirim email ucapan “Terima Kasih” dan mempromosikan produk Anda lainnya.

Itulah pentingnya meminta alamat email setiap pembeli Anda.

Selain itu, Anda juga bisa follow up mereka secara teratur dengan produk-priduk terbaru Anda, namun jangan terkesan spam email.

Tujuannya adalah untuk mulai membangun hubungan dengan pelanggan Anda, sehingga Anda bisa terus berhubungangan dengan customer Anda.

Sesekali waktu, boleh juga untuk mengirimkan email tentang survey kepuasan pelanggan.

Strategi tersebut juga bisa menjadi bahan masukan atau perbaikan untuk perkembangan bisnis online Anda ke depan.

2. Tawarkan Opsi Barang Lainnya

Saat terjadi closing penjualan, atau ketika customer sudah memasukan barang dagangan ke keranjang belanja mereka, jangan lupa untuk menawarkan opsi barang lainnya yang masih relevan.

Cara tersebut cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan produk online Anda yang lain.

Dengan catatan barang yang Anda tawarkan masih terkait dengan produk asli yang mereka pesan sebelumnya.

Untuk itu, sangat diperlukan ketelitian dalam mengarsip barang yang terorganisir agar memudahkan pelanggan menemukan barang yang masih sejenis.

3. Buat Website / Toko Online Sendiri

Kalau selama ini Anda hanya berjualan di marketplace-marketplace besar, tak ada salahnya kalau Anda membuat website sendiri yang secara spesifik menjual produk-produk Anda.

Salah satu keuntungan punya website atau toko online sendiri adalah Anda bisa dapat pengunjung dari mesin pencari besar, seperti Google, Bing dan Yahoo.

Jadi, peluang untuk meningkatnya penjualan semakin tinggi, karena Anda semakin membuka lebar peluang bisnis online Anda.

Selain itu, dengan memiliki website sendiri, Anda akan terlihat lebih profesional.

Terlebih jika website yang Anda kelola sangat profesional, dengan dilengkapi fitur-fitur lengkap dan memudahkan pelanggan bertransaksi.

4. Tawarkan Bonus Kalau Mereka Merujuk Situs Web Anda (Referral Program)

Beri tahu pelanggan Anda kalau mereka merujuk beberapa pelanggan ke situs web Anda.

Sebagai bonus, mereka akan menerima imbalan berupa diskon harga penuh dari harga pembelian asli mereka.

Cara ini akan meningkatkan penjualan online Anda, dari hanya satu menjadi beberapa penjualan.

Beberapa toko online atau situs web besar juga selalu menawarkan program penjualan seperti ini, atau biasa dikenal dalam internet marketing dengan sebutan “referral program.”

Kalau situs besar aja sudah menggunakan strategi dagang ini, kenapa Anda tidak?

5. Program Afiliasi

Sebenarnya teknik cara meningkatkan penjualan online ini hampir sama seperti referral program.

Ketika Anda menjual produk, berikan pelanggan Anda opsi untuk bergabung dengan program afiliasi, sehingga mereka bisa dapat komisi yang menjual produk Anda. Ini akan melipatgandakan penjualan Anda.

Atau bisa juga dengan menjadikan customer Anda sebagai reseller produk Anda, mereka dapat harga barang lebih murah dan bisa menjualnya kembali dengan harga standar.

Jangan lupa untuk selalu memberikan opsi untuk menjadi reseller atau afiliasi di setiap halaman penjualan online Anda.

6. Iklankan Produk Anda

Banyak perusahaan periklanan yang bisa mempromosikan produk Anda secara online, seperti Google Ads atau Facebook Ads.

Cara ini sebenarnya cukup efektif untuk meningkatkan penjualan online Anda, terlebih kalau web atau brand Anda masih baru. Teknik promosi ini juga cukup ampuh untuk mempopulerkan brand Anda.

Namun sebelum Anda menggelontorkan budget cukup banyak untuk beriklan online, sebaiknya Anda membaca-baca dulu tutorial tentang bermain FB Ads atau Google Ads ini. Karena kalau salah sasaran, itu justru bisa merugikan Anda.

Selain itu, Anda juga perlu mempelajari teknik copywriting yang baik, agar pengunjung tertarik untuk melirik iklan Anda.

Semakin banyak iklan di klik, semakin besar peluang untuk terjadinya penjualan.

Jangan lupa juga untuk mempelajari target audience Anda. Misalnya, Anda menjual produk-produk yang diperuntukan untuk anak remaja, maka Anda bisa set target audience untuk rentang umur mereka.

Cara meningkatkan penjualan online ini sangat berguna kalau Anda main iklan di Google Ads atau FB ads, untuk menghindari kerugian karena salah targeting.

7. Lampirkan Katalog Barang

Jangan lupa untuk selalu melampirkan katalog barang setiap Anda mengirim barang ke buyer.

Hal ini penting untuk menawarkan produk-produk lainnya yang Anda jual, yakinlah suatu waktu mereka akan tertarik dengan barang Anda yang lain.

Perhatikan saja beberapa mini market besar yang ada di indonesia, mereka rutin sekali untuk mencetak katalog baru setiap bulannya dan menyebarkan ke rumah-rumah.

Mungkin kalau Anda berdagang secara online, menyelipkan katalog barang dalam setiap pengiriman adalah cara yang tepat untuk meningkatkan penjualan.

8. Bonus Kupon

Selain mengirimkan selebaran katalog pada tiap pengiriman, Anda juga menyisipkan kupon diskon untuk pembelian lebih dari satu barang.

Strategi penjualan ini bertujuan untuk menarik pelanggan untuk repeat order barang lain ke toko online Anda, sekaligus mengikat pembeli Anda agar menjadi pelanggan setia.

9. Berikan Give Away

Strategi cara meningkatkan penjualan online ini cukup efektif menarik minat pembeli datang ke situs Anda.

Mungkin dalam sebulan atau beberapa bulan sekali Anda berikan give away untuk pelanggan Anda.

Misalnya, dengan membeli beberapa barang maka mereka akan dapat nomor undian, lalu nomor tersebut berhak ikut serta dalam program give away Anda.

Tidak perlu terlalu sering untuk mengadakan program ini, kalau hadiahnya besar.

Namun kalau give away tersebut adalah barang yang tidak terlalu mahal, mungkin Anda bisa mengadakannya sesering mungkin.

10. Bonus Merchandise

Berikan buyer Anda merchandise kecil namun efektif dalam memasarkan brand Anda, seperti stiker.

Hal tersebut bisa menjadi salah satu cara promosi brand secara offline. Tentu dampaknya akan bagus untuk popularitas toko online Anda.

11. Pasang Banner Pada Web Relevan

Strategi meningkatkan penjualan online yang satu ini juga hampir sama dengan promosi dengan cara beriklan.

Namun, strategi ini hanya menyasar pada website-website yang terkait dengan produk Anda.

Caranya adalah dengan memasang banner di situs mereka, yang nantinya jika banner tersebut diklik akan mengarah pada website Anda.

Tentunya ada beberapa kriteria yang harus jadi standar kalau Anda mau memasang banner pada web-web tersebut, seperti:

  • Traffic tinggi
  • Topik pada website relevan dengan produk Anda
  • Website tidak menulis konten terlarang
  • Website tidak terlalu banyak memasang iklan lain

Dengan menjalankan strategi penjualan online tersebut, Anda akan mendapat pengunjung tertarget, dan biasanya biaya promosi bulanannya lebih murah ketimbang beriklan dengan FB Ads atau Google Ads.

Anda bisa nego harga langsung pada webmaster yang bersangkutan.

Selain itu, bisa juga dengan cara meminta review pada situs-situs besar tentang produk Anda. Tentunya Anda juga harus mengeluarkan budget khusus.

Karena mereka memiliki traffic yang berlimpah, bukan tidak mungkin produk Anda jadi ikut dikenal dan konversi penjualan menjadi meningkat.

Bisa juga dengan meminta produk review dari portal-portal berita, seperti di Suara Merdeka Solo. Mereka akan buat berita khusus tentang produk online Anda.

12. Maksimalkan Potensi Media Sosial

Media sosial adalah salah satu cara jitu meningkatkan penjualan online untuk menjaring customer baru.

Yang perlu Anda lakukan adalah membuat semua akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Pinterest.

Semua platform medsos di atas sangat powerful dalam memasarkan produk secara gratis.

Caranya Anda bisa share dagangan Anda pada grup-grup yang terkait dengan barang dagangan Anda.

Ide bisnis lainnya:

Kalau 12 strategi cara meningkatkan penjualan online di atas Anda jalankan secara konsisten, jangan kaget kalau penjualan Anda meningkat secara signifikan. Selain itu, Anda juga akan menambah pelanggan setia toko online Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *