Cara Ternak Lovebird agar Cepat Bertelur Lengkap bagi Pemula

cara ternak lovebird agar cepat bertelur

Cara Ternak Lovebird agar Cepat Bertelur Lengkap bagi Pemula – Hewan cantik ini sedang digandrungi oleh para pecinta burung akhir-akhir ini.

Selain karena kicauannya yang enak didengar, binatang yang berasal dari benua Afrika yang satu ini juga bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menguntungkan.

Panduan Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Lengkap

Kalau Anda berniat ingin lebih serius menekuni bidang ini, serta ingin tahu cara ternak burung Lovebird agar cepat bertelur dengan mudah, maka cobalah beberapa tipsnya bagi pemula berikut ini.

Hal Penting Seputar Budidaya Burung Lovebird

Beternak Lovebird dapat dikatakan susah-susah gampang. Namun jika Anda mau belajar dengan sungguh-sungguh maka Anda akan tahu tips dan cara ternak burung Lovebird agar cepat bertelur.

Oleh sebab itu sangat dibutuhkan pengetahuan yang cukup. Sehingga nantinya Anda dapat mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi saat menjalankan bisnis budidaya Lovebird ini.

Dan pastinya hobi yang Anda tekuni ini bisa menguntungkan.

Selain mengetahui berbagai permasalahan yang akan Anda hadapi, Anda juga harus paham betul bagaimana cara perawatan yang baik agar bisnis peternakan burung Lovebird yang Anda jalankan ini dapat berkembang.

Bagi para peternak Lovebird yang sudah berpengalaman, biasanya mereka sudah memiliki cara-cara sendiri untuk mengembangbiakan burung yang cantik dan menarik ini.

Keunikan dari burung ini yaitu memiliki sifat Monogami, meski demikian burung ini juga bisa dikembangbiakan dengan sistem poligami.

Selain memiliki bentuk dan warna yang cantik, Lovebird juga memiliki suara atau kicauan yang khas dan berkarakter.

Inilah alasan kenapa jenis burung Lovebid begitu diminati banyak kalangan para pecinta burung kicau di tanah air.

Karena selain bentuk fisiknya yang cantik, suaranya pun merdu, tak heran kalau burung kicau ini sering diperlombakan.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan bisnis budidaya ini dan ingin belajar bagaimana cara ternak Lovebird agar cepat bertelur, maka Anda wajib mengetahui langkah-langkah penting berikut ini.

Mengenali Perbedaan Jenis Kelamin Lovebird

Bagi Anda yang masih pemula dan belum banyak tahu tentang burung Lovebird, maka pastinya Anda akan kesulitan untuk membedakan jenis kelamin antara jantan dan betina.

Bahkan seorang peternak profesional pun terkadang masih suka salah prediksi, apalagi jika umur burung masih sangat muda.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena kami memiliki beberapa cara jitu untuk dapat membedakan jenis kelamin Lovebird jantan atau betina, yaitu:

Ciri-ciri Lovebird Jantan dan Betina

  • Lovebird betina biasanya memiliki bentuk dan ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan Lovebird pejantan. Tetapi biasanya ukuran kepala pada betina lebih kecil.
  • Bentuk dan ukuran tulang panggul pada betina biasanya lebih besar. Karena berfungsi untuk memudahkan dalam bertelur.
  • Pada saat sedang bertengger, kaki Lovebird betina sedikit lebih renggang dibandingkan dengan pejantan.
  • Jika Anda hendak membeli bibit Lovebird, sebaiknya jangan mudah percaya dengan Lovebird yang berpasangan, karena tidak menutup kemungkinan jika lovebird tersebut memiliki jenis kelamin yang sama. Terkadang, ada juga Burung Lovebird yang berpasangan dengan sesama jenis.
  • Jenis Lovebird betina memiliki bentuk tubuh yang lebih bulat dan berisi. Sedangkan pejantan memiliki bentuk tubuh yang sedikit lebih panjang dan memiliki ukuran kepala yang lebih besar.
  • Lovebird betina juga ada yang bisa mengekek, bahkan kekekannya bisa lebih panjang.

Masa Usia Produktif Burung Lovebird

Umumnya, Lovebird jantan sudah siap membuahi pasangannya pada usia sekitar 8 bulan.

Sedangkan untuk betina idealnya lebih tua yaitu berumur sekitar 1 tahun.

Menentukan Tujuan Beternak

Di dalam ternak burung Lovebird, pertama-tama Anda harus menentukan tujuan.

Jika Anda menginginkan burung Lovebird cepat bertelur dan memiliki suara kicauan yang bagus, maka sebaiknya Anda memilih bibit betina yang memiliki suara kicauan bagus juga.

Namun jika tujuan Anda beternak untuk menghasilkan keturunan Lovebird dengan memiliki warna bulu yang bagus, maka sebaiknya Anda mencoba untuk mengkawinkan satu pejantan dengan beberapa betina dengan warna bulu yang berbeda.

Cara ini juga dikenal dengan metode poligami, yaitu satu pejantan dengan tiga betina.

Ukuran Sangkar Lovebird

Proses pengembangbiakan akan lebih mudah dilakukan jika sepasang Lovebird dimasukan dalam satu sangkar. Dan lebih sulit jika digabung dengan yang lainnya.

Dengan begitu, maka Anda dapat membuat atau membeli sangkar berukuran kira-kira 40 x 40 x 40 cm atau 50 x 50 x 50 cm. Kemudian, siapkan sarang khusus untuk bertelur di dalam sangkar.

Anda bisa membeli sarang yang sudah jadi di toko burung atau membuat sendiri dengan ukuran 20 x 25 x 25 cm.

Pada sarang tersebut, Anda bisa menambahkan daun kering, bubuk gergaji, ranting-ranting atau rumput kering.

Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan tempat untuk bertengger, karena jenis burung ini sangat senang sekali bertengger pada ranitng pohon dan sejenisnya.

Cara Mengawinkan Lovebird

Nah, disinilah kunci cara ternak Lovebird agar cepat bertelur. Untuk mengawinkan burung ini tidak bisa dilakukan sembarangan, karena jika dilakukan secara asal, burung malah tidak akan bertelur bahkan bisa stres.

Yang pertama Anda butuhkan adalah tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan.

Hal tersebut bertujuan agar proses perkawinan Lovebird sukses dan tidak terganggu, sehingga proses bertelur pun akan lebih cepat.

Penting juga untuk memperhatikan burung sudah birahi atau belum. Karena kalau belum akan susah untuk menjodohkannya.

Agar cepat birahi cobalah berikan beberapa makanan Lovebird seperti kangkung, telur rebus, jagung muda ataupun sayuran segar.

Selanjutnya Anda juga perlu memastikan usia burung tersebut, apakah sudah siap untuk dikawinkan atau belum.

Jika usia Lovebird betina dan juga pejantan siap untuk dikawinkan, maka Anda bisa memasukannya dalam satu kandang agar mereka bisa melakukan perkawinan.

Lalu biarkan pasangan Lovebird tersebut selama beberapa hari.

Proses Pengeraman Lovebird

Hasil dari perkawinan tersebut dapat Anda lihat setelah 3 hingga 10 hari setelah proses perkawinan terjadi.

Sedangkan untuk waktu pengeraman, biasanya Lovebird akan mengerami telur-telurnya selama 22 hingga 25 hari.

Penting untuk Anda ketahui bahwa pada saat berlangsung proses pengeraman, usahakan jangan diganggu ataupun terganggu, karena jika terganggu sang induk akan malas untuk mengerami telurnya kembali. Mohon ini penting untuk diperhatikan.

Oleh sebab itu, dalam proses cara ternak Lovebird agar cepat bertelur dengan mudah, diperlukan tempat khusus yang sebisa mungkin jauh dari keramaian atau kebisingan.

Pakan Anakan Lovebird

Selain proses cara ternak Lovebird agar cepat bertelur, Anda juga perlu tahu langkah selanjutnya, yaitu membesarkan anakan.

Jenis pakan yang baik untuk diberikan pada anakan yaitu jenis pakan pabrikan yang banyak dijual di toko-toko pakan.

Namun apabila di daerah Anda sulit mencari toko pakan, maka jenis pakan pengganti yang paling baik yaitu dengan memberikan anakan Lovebird bubur instan untuk bayi seperti bubur SUN ataupun Cerelac.

Kalau sulit untuk mendapatkan bubur bayi tersebut, sebagai alternatif cobalah berikan beras merah.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memberikan multivitamin yang baik untuk mendukung masa pertumbuhan dan perkembangan anakan, serta untuk menjaga kesehatan Lovebird itu sendiri.

Jika Anda tidak tahu jenis vitamin apa yang bagus, maka Anda dapat berkonsultasi dengan pemiliki toko pakan, karena mereka tahu jenis vitamin yang baik untuk anakan Lovebird.

Cara Pemberian Pakan Anakan Lovebird

Untuk cara pemberian pakan anakan Lovebird menggunakan bubur instan cukup mudah.

Anda siapkan bubur instan, lalu seduh dengan menggunakan air hangat aduk hingga sedikit encer merata.

Kemudian berikan pakan dengan menggunakan suntikan (insulin) tanpa jarum untuk meloloh (menyuapi) anakan lovebird tersebut.

Lakukan secara perlahan dan sedikit demi sedikit sampai anakan merasa kenyang.

Pemberian pakan Lovebird dapat dilakukan 2 -3 kali sehari atau sesuai dengan selera makan anakan itu sendiri.

Bagaimana, cukup mudah dan sederhana bukan cara ternak lovebird ini?

Baca juga: Cara Ternak Bekicot

Itulah beberapa hal penting dalam panduan lengkap cara ternak Lovebird agar cepat bertelur bagi pemula, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu Anda semua yang akan memulai usaha ternak Lovebird.

You May Also Like

About the Author: Ardiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *