Cara Verifikasi Identitas Akun Google Adsense 2019

Diposting pada

Cara Verifikasi Identitas Akun Google Adsense 2019 – Artikel ini khusus dibuat untuk menjawab beberapa pertanyaan-pertanyaan yang masuk ke e-mail ataupun fb Saya.

Mereka mempertanyakan kenapa pada akun Google AdSense baru meminta KTP atau identitas lain untuk verifikasi pembayaran.

Awalnya Saya fikir itu karena request PIN gagal sebanyak 3x, makanya harus verifikasi KTP / SIM. Ternyata bukan itu, mereka wajib verifikasi KTP (identitas) ketika notifikasi PIN dikirim muncul.

Pokoknya tidak lama berselang setelah notifikasi PIN muncul, maka notifikasi verifikasi identitas juga muncul.

Pada tahun 2019 ini, akun Google AdSense Indonesia, mewajibkan publishernya untuk memverifikasi identitas mereka, ini memang sudah kebijakan mereka.

Nama penerima serta alamat yang tertera pada akun Google AdSense, harus sesuai dengan apa yang tertera pada identitas resmi Anda.

Ini berlaku khusus akun yang baru approve di tahun ini saja, Saya agak lupa mulai Februari atau Maret 2018 kalo gak salah.

Akun dibawah tahun 2018 tidak perlu untuk verifikasi identitas. Cuma jika Anda baru dapat notifikasi PIN ditahun ini, kemungkinan Anda juga akan dimintai verifikasi tersebut, walaupun akun Anda tahun lama.

Identitas apa saja yang bisa diterima?

KTP, SIM dan juga Paspor yang masih berlaku.

Apa yang terjadi jika Saya tidak memverifikasi identitas?

Pembayaran Anda akan ditangguhkan, alias tidak bisa menerima pembayaran.

Bagaimana cara untuk verifikasi identitas akun Google AdSense?

Jika sudah muncul notifikasi untuk verifikasi identitas, maka Anda sudah bisa untuk verifikasi. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Login ke Dashboard AdSense Anda

2. Masuk ke menu pembayaran

3. Klik tombol “VERIFIKASIKAN SEKARANG”

Pembayaran - Cara Verifikasi Identitas Akun Google Adsense

4. Setelah itu akan muncul menu seperti dibawah ini:

unggah id foto - Cara Verifikasi Identitas Akun Google Adsense

5. Klik tombol “UNGGAH ID FOTO”

6. Masukkan file yang sudah Anda simpan di PC / Laptop Anda.

7. Nah, setelah diupload mungkin Anda akan bingung, karena tidak ada tombol konfirmasinya, walaupun sudah Anda scroll-scroll. Solusinya adalah, zoom out browser Anda, atau bisa dengan menekan tombol CTRL+ SCROLL. Maka Anda akan melihat tombol “KONFIRMASI INFORMASI” seperti di bawah ini:

Konfirmasi Identitas - Cara Verifikasi Identitas Akun Google Adsense

8. Setelah itu Anda tinggl klik tombol tersebut, dan proses verifikasi identitas selesai.

Anda tinggal menunggu 1-2 hari untuk di review oleh pihak AdSense. Hasilnya akan dikirim via e-mail (berhasil atau gagal). Terkadang malah bisa lebih cepat hanya 1 sampai 2 jam saja. Bahkan bisa di bawah 5 menit!

Jika Anda memverifikasinya di hari libur, biasanya jawaban berhasil atau tidaknya akan dikabari hari seninnya.

Tambahan:

Jika proses verifikasi identitas gagal atau ditolak, maka AdSense akan mengirimkan e-mail mengenai alasan penolakan tersebut. Biasanya alasan penolakannya karena:

  • Dokumen blur / buram / gelap / tidak jelas
  • Ada pantulan cahaya
  • Identitas tidak full (ada yang kepotong bagiannya)
  • Identitas terindikasi palsu
  • Nama dan Alamat berbeda dengan apa yang tertera pada akun (alamat kirim PIN).
  • Identitas pernah digunakan sebelumnya (akun terdeteksi ganda).

Berhati-hatilah dalam proses verifikasi identitas ini, karena Anda hanya diberikan kesempatan beberapa kali untuk mengunggah.

Jika gagal dalam beberapa kali percobaan, maka akun Anda bisa di disable (banned).

Untuk menghindari hal tersebut sebenarnya cukup mudah, yaitu pas mendaftar jangan memakai nama dan alamat yang asal-asalan.

Walaupun sebenarnya Anda masih bisa edit nama dan alamat ketika akun Anda di approve.

Jika ingin edit, sebaiknya langsung lakukan segera setelah di approve, sebelum notif PIN muncul, ketika saldo berjalan Anda sudah mencapai Rp.130.000 atau lebih.

Anda bisa scan identitas ataupun foto lewat kamera HP, namun Saya sarankan lebih baik scan saja, karena lebih jelas hasilnya.

Saya sendiri hanya foto identitas lewat HP jadul, lalu edit sedikit pencahayaannya agar lebih jelas / terang.

Jika proses verifikasi Anda berhasil, maka Anda juga akan dikirimi e-mail mengenai keberhasilan proses verifikasi identitas tersebut.

OK, itu saja informasi yang bisa Saya bagikan kali ini tentang cara verifikasi identitas Google AdSense update 2019, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

FAQ seputar Verifikasi Identitas AdSense

Selanjutnya ada sesi tanya jawab yang biasa ditanya seputar verifikasi identitas AdSense di tahun 2019 ini. Pertanyaan ini didasarkan pada pengalaman teman-teman blogger yang bertanya pada Admin.

Saya sudah verifikasi menggunakan data yang benar sesuai identitas (KTP), tapi pihak google mengatakan bahwa data saya tidak valid, mohon arahan?

Coba cek, msh bisa verifikasi ulang gak? soalnya blm lama Saya verif KTP alasannya dokumen sdh tdk berlaku, padahal kan di Indonesia E-KTP utk seumur hidup. Terus solusi Saya ganti dengan SIM. Dicoba untuk banding mas, Saya rasa masih bisa, cuma Saya sendiri blm pernah. Nah ada pengalaman teman, dia edit ktp pake photosop, hasil editan dia kaku bener, langsung di reject dan di banned.

Berapa ukuran foto identitas yang bisa diupload?


Kurang dari 1 mb.

E-ktp saya berlaku 2017, apa solusinya cuma pakai SIM yah..belum punya SIM?

Bisa pakai paspor.

Gan adsense saya sudah berhasil di verifikasi dengan ktp, tapi pembayaran saya masih di tangguhkan karena belum verifikasi alamat katanya, masih disuruh mengisi pin. padahal saya sudah di verifikasi dengan ktp sebelumnya?

Apa pin sudah sampai rumah?
Ini verif KTP yg pertama, atau verif karena sdh 3x request pin?
Kalau permasalahannya karena pin tidak sampai rumah, ini beda kasus gan. Coba di cek ke kantor pos, biasanya pin tidak sampai karena alamat kurang jelas dll. Selama kode pos benar, biasanya pin tsb msh nyangkut di kantor pos.
Yang dibahas disini adalah verifikasi pas pin dikirim pertama kali, karena pada akun baru begitu semua sekarang.

Saya sudah 3x verifikasi ktp, gagal semua. Saya perhatikan sih kayaknya karena beda nama di profil nama tanpa gelar akademik, nama di ktp ada gelarnya. Gimana ya cara buat balikin lagi akunnya, soalnya unit iklannya akhirnya ga bisa muncul. Saya juga nunggu2 PIN ga datang2 sampai minta yang kedua kalinya. Saya juga udah banding 3 kali tapi udah hampir 1 bulan ga ada responnya. Barangkali bisa bantu.

Kalau soal verif KTP gagal, sepertinya belum ada obatnya mas. Karena teman2 yg lain juga mengalami hal yg sama. Saya pribadi blm menemukan solusinya.
Sepertinya nama gelar di KTP pengaruh juga mas, makanya pas akun approve mesti cepet2 diubah dengan nama sama persis dgn KTP.
Klo PIN tdk datang, biasanya masih nyangkut di kantor pos mas.

Kalau untuk cek apa PIN nya udah sampe ke kota kita itu gimana ya?saya sih udah coba ke kantor pos cuma mereka nanya resinya, lah kita mana tau resi pengirimannya. Ada saran ga kira2?

Pertama kali, Saya pas nanya ke kantor pos juga begitu, ditanya nomer resi.. Kita gak tau… Lalu Saya coba hubungi teman yg kebetulan bag. pengantaran di kantor pos tsb, saya kasih tau ciri-ciri suratnya seperti apa (kertas putih bacaan Google dikirim dari Malaysia). Saya tunjukkan fotonya ke dia.. dan benar aja, gak lama setelah itu pin sampai..
Rupa-rupanya PIN itu banyak juga yg nyangkut gan.. Saya gak tau persis sistem di kantor pos itu seperti apa, cuma kalau kode pos benar, biasanya pasti sampai ke kantor pos ybs.. Biasanya tak terkirim krn rumah kosong atau alamat sulit ditemukan.
Sekedar saran, coba ngobrol sama bagian pengantaran, biasanya mereka jalan sebelum jam 9 pagi. Kasih liat foto PIN adsense itu seperti apa dan atas nama siapa.

Punya saya sudah siap smua, tinggal 1 langkah yaitu menunggu PIN . Nah ini yg jadi pusing. Saya sudah request pin 3x. Belum juga datang. Alamat sudah benar sesuai ktp. Dan saya juga sudah tanya sama kantor pos belum juga datang. Nah saya putus asa dan tidak mengharap pin lagi.
Dan akan menunggu pengisian formulir aja. Kan di pengisian formulir suruh ISI NAMA .ALAMAT EMAIL. ID PENAYANG.PINDAIAN KTP .BUKU REKENING.
NAH yg jadi masalah dan aku ragu KTP . ADA BATASAN 2017 WALAU sudah berlaku seumur hidup.
Kalau saya mengganti KTP DENGAN SIM ATAU PASPOR saya apakah boleh karna masih aktif smua tanggalnya.
Mohon dibalas mas?
Sebelumnya saya waktu di suruh verifikasi unggah dokumen ktp/sim/paspor . Sebelum memasukan nama rekening pembayaran .waktu itu saya unggah SIM . KATANYA SAH DAN OKE.
NAH untuk pengganti KTP di masukan ke isi formulir kartu SIM ATAU PASPOR APA BISA?
Sebab saya sedang memperbarui KTP katanya jadinya 2 bulan lagi. Dan sekarang saya dikasih selembar kertas sementara pengganti KTP. DIKErtas itu isinya sama seperti di KTP.
APAKAH HARUS NUNGGU KTP JADI DULU 2 BULAN LAGI. Padahal waktu isikan formulir 15 hari lagi .
Bagaimana kalau lambat memasukan formulir nunggu KTP JADI. APAKAH AKUN SAYA TETAP AMAN DAN UANG SAYA TETAP AMAN.
MINTA SOLUSINYA MAS?

Pada artikel ini dibahas untuk verifikasi identitas pertama, dan Anda sudah di acc.
Nah, timbul masalah krn pin tak kunjung datang. AdSense mewajibkan utk isi formulir dan melengkapi dgn id dan buku tabungan. Saya anggap ini verikasi identitas kedua kali.
Saya belum pernah mengalami hal ini, jadi mohon maaf Saya blm bs jawab. Mungkin teman2 lain ada yg pernah mengalami kejadian seperti ini. Mungkin halaman ini membantu https://support.google.com/adsense/answer/1348257?hl=id
Setahu Saya, pada tahapan ini Anda akan diverifikasi secara manual.
Sekedar info, beberapa publisher lagi banyak yg mengeluh masalah pin akhir2 ini, krn blm juga sampai. Saya tdk tahu apa penyebabnya.

Saya sudah verifikasi ID dengan SIM, alamat di ID tidak perlu sama dengan alamat pengiriman PIN. Verifikasi saya langsung diterima dalam waktu 3×24 jam. Di alamat pengiriman PIN saya menggunakan alamat kantor, sedang di Verifikasi ID saya tertera alamat Rumah yg jauh di kampung. Dan google sudah mengapprovenya.

Mantap pengalamannya!

Untuk verifikasi kedua itu kan pke scan ktp dn bku rekening. Nah jika nama rekening beda dg nama ktp apakah bisa diterima?

Sebenarnya di artikel ini menerangkan soal verif identitas yg pertama, bukan krn pin tdk sampai, krn kedua hal itu berbeda.. namun banyak jg yg bertanya soal verif karena pin tdk sampai.
Pertama, Saya blm pernah mengalami hal itu (verif kedua krn pin tak sampai), jd sulit jg menjawab bsa diterima atau tdk.
Kedua, semua aturan yang pasti hanya pihak AdSense yang tahu, cuma memang kadang penjelasannya kurang rinci, jadi banyak dari kita yang menerka-nerka.
Menurut pendapat Saya, asalkan beda2 tipis antara nama ID dan rekening sepertinya tdk apa. Klo berbeda total sepertinya tdk bisa mas.

Saya sudah memasukan pin tapi masi ada peringatan untuk penangguhan, pas saya klik harus memasukan ktp, sim or passport itu gimana min solusinya?
Pada tombol add payment tidak bisa di klik, memang saya belum memasukan konfirmasi bank, karena saya kira nanti setelah dapat pin baru add payment.

Sudah memasukan pin tapi harus memasukan identitas, solusinya memang harus upload ID sesuai nama dan alamat yang tertera di AdSense mas. Peraturan sekarang seperti itu, terutama untuk akun yang baru sampai ambang batas pin di 2018 ini,
Add payment tidak bisa di klik, biasanya saldo belum cukup sampai ambang batas Pay Out (Rp.1.300.000), bukan saldo berjalan ya. Namun dalam beberapa kejadian, ada juga yang belum sampai ambang PO sudah bisa add payment bank.

PIN akun saya sdh dikirim dr tgl 5 Nov 2018 tp blm saya terima sampe sekarang. Namun saya sdh terima notif utk verifikasi KTP.
Baiknya apakah saya menunggu hingga PUN datang (udah lebih dr sebulan blm saya terima) atau verif ktp dulu?
Pertanyaan selanjutnya adalah, alamat domisili saya dgn alamat ktp berbeda krn saya sdh pindah rumah. Apa ini akan jd masalah? Dan gimana ya utk solusinya? Mungkin agan punya pengalaman yang sama?

1. Sebaiknya verifikasi KTP saja dulu
2. Teman Saya pernah mengalami keadaan itu, tapi tetap di ACC kok, yg penting nama sama

Saya punya adsense admob saldonya baru 150.000 Rp dan ada pemberitahuan verifikasi identitas, setelah itu saya masukkan SIM dan selang semenit ada email Verifikasi Identitas Berhasil. setelah itu tidak ada notif verifikasi pin. apakah verifikasi identitas itu sama dengan pin.? dan apakah akun saya sudah siap menerima pembayaran.?

Coba tunggu beberapa hari lagi mas. Soalnya sekarang kayaknya begitu.

Itu datanya harus lengkap ya? gk blh ada yg kurang? misalnya… ktp doang atau paspor doang? Solnya saya belum ada SIM.. terimakasih

Salah satu mas, yang penting masih berlaku.

Saya juga ngalamin mas, belum satu minggu ini berjalan..
sudah 2 x ditolak, saya menggunakan KTP. saya pikir apa yg salah ya padahal saya scan pake printer epson? Akhirnya tadi malam saya coba scan ulang dengan pengaturan mode profesional, saya seting semuanya “high”, resolusinya kalau ga salah saya pasang 700. ukurannya 930 Kb format jpg.
Lalu jam 3 pagi saya ajukan verifikasi pake itu, jam 5 saya sudah dapat balasan, “verfikasi dentitas anda berhasil”.

Nice 🙂

Kalau Uda Verifikasi Identitas pake KTP tapi belum verifikasi alamat pake PIN apakah penghasilan suda bisa cair ?
Tadi Uda verifikasi identitas cuma 1 menit ada email balasan ( verifikasi identitas anda berhasil) tapi notifikasi ( pembayaran anda saat ini masih di tangguhkan karena belum verifikasi alamat ) masih ada.
Pin Uda mau 2 bulan belum sampe padahal Uda req pin ke 2.

Kalau blm verif pin gak bisa cair. Coba dicek ke kantor pos, kali aja masih nyangkut dsana.

Saya tadi baru aja dapet notifikasi kaya gini. Kaget, karena sebelumnya cuman tunggu pin aja. Sekarang pake ktp segala.
Masalahnya saya pake alamat tempat tinggal saya, taro lah Bekasi. Tapi di ktp alamat bukan Bekasi, soalnya saya bukan asli bekasi.
Itu gimana caranya mas?. Masa saya harus ganti alamat sesuai ktp biar bisa diterima. Terus nanti pas diterima, ribet dong harus balik kampung cuman buat ambil pin.

Nah, ini yang saya juga masih kontroversi. soalnya ada yg alamatnya beda tetap di acc asalkan namanya sama. Tp saya tdk anjurkan, itu hanya sebgian kecil contoh kasus saja. Coba pakai sim aja mas. Atau sebaiknya di awal pakai nama orang lain terdekat yang ktpnya di bekasi.
Kalau pin sampai ke kampung, tinggal fotoin saja digit pinnya, kirim lewat WA.

Tampilam kotak kolom verifikasi disaya cuma setengah stetlah upload ktp kolomnya ga bia digeser kebawah jd ga bisa submit/klik verifikasi. gimana nih?

Itu sudah saya jelaskan di atas. Pake ctrl dan scroll. jadi di zoom out browsernya.

Say sudah dpt pin , , sudah masukin kode bank . tapi notifikasi ini masih ada :Pembayaran Anda saat ini sedang ditangguhkan. Diperlukan tindakan untuk mencairkan pembayaran. Sudah seminggu uangnya belum dibayarkan?

Coba dicek, apa metode pembayaran utama sudah diset atau blm. Atau keterangan lengkapnya ditangguhkan karena apa.

Kalo kita verifikasi KTP dengan menggunakan KTP versi lama (kertas) ktp electronik saya belum jadi .
Nah .. apakah bisa mas verifikasi KTP versi lama ???

Saya sih blm pernah coba, tapi seharusnya bisa kalau masa berlakunya masih panjang.

Klo 2 verifikasi tsb sudah berhasil. Brrti Udh dikatakan full aprove ya bos???
Atau masih ada verifikasi pin bentuk surat yg lewat kantor pos lg?

Kalau sudah bisa tayang iklan dan dapat email approved, itu sdh full approve.
Tahap selanjutnya:
Pertama: verif KTP / ID
Kedua: Pin dikirim setelah saldo berjalan kurleb $10, dikirim via pos ke alamat rumah, sampai 3 minggu sampai 1,5 bln {trgantung}
Ketiga: Verif bank untuk terima pembayaran.

Saya baru pertama mendapat informasi bahwa PIN sudah di kirim,tgl 14 Sept 2017, tetapi sampai hari ini (24 Oktober 2017)belum keterima, dan sudah mengajukan nomor PIN baru,.
Masalah :Pada akun adsense sy tertulis lebih kurangnya seperti ini :”
Pembayaran akun anda ditangguhkan karenabelum Verifikasi alamat,
Anda belum verifikasi alamat sudah hampir 1 bulan, apabila tdk memverifikasi alamat, maka iklan di channel youtube akan berhenti tayang.
Pertanyaan :
Bagaimana mau kirim Verifikasi alamat, Nomor PIN nya aja belum keterima, terus apakah penayangan iklan akan tetap berhenti?,
Setiap hari saya nunggu PIN datang, tapi sampai hari ini gak ada.
Saya gelisah dengan teguran nomor 2 di atas , kalau bisa pd halaman teguran tersebut ada kotak untuk melaporkan langsung secara berkala, supaya pihak adsense tahu bahwa normor PIN yang bersangkutan belum datang, jadi bukan hanya kotak untuk memasukan nomor PIN saja yang ada di halaman tersebut.

2017?? Lama amat mas? Setahu Saya, ada kesemapatan 3 kali utk request pin. Kalau yg terakhir gagal, maka diperlukan upload identitas utk verifikasinya.

Gan klo saya kn mau pake sim kaka saya nah yg harus ganti nama,tgl lahir dan alamat nya itu di adsense nya apa di akun google nya apa di keduanya harus ganti nama,tgl lahir sma alamatnya ??

Di adsen nya aja

Nggak ada KTP aku umur baru 16 , AdSense minta verif id kalo gk diverif iklan gk Mongol -_-

Salah satu syarat mempunyai akun adsense ialah sudah berumur 18 thn. Jika belum, maka pas mendaftar adsense bisa menggunakan nama Orang Tua nya. Salam!

Baca Juga:

4 thoughts on “Cara Verifikasi Identitas Akun Google Adsense 2019

  1. Pas mengajukan ditolak gan

    “Dokumen yang sebelumnya dikirimkan tidak dapat diverifikasi karena alasan berikut:
    Dokumen sudah tidak berlaku atau bukan yang terbaru”

    Karna saya pakai E-KTP dan tanggal sudah kadaluarsa. sedangkan kebijakan di indonesia tidak perlu perpanjang untuk E-ktp.

    Ada solusi lain tidak gan?

  2. Bang mau tanya, sebelumnya saya udah punya akun admob yg udah verif pin dan ktp, trus akunnya saya cancel. Nah setelah beberapa lama saya bikin akun admob baru lagi dengan alamat, nama yang sama. Nanti kalo saya verifikasi ktp apakah bisa menggunakan ktp yang sama dengan akun yang udah saya cancel???

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *