Daftar Dinosaurus Terbesar Berdasarkan Jenis

Diposting pada
dinosaurus terbesar - argentinosaurus
Argentinosaurus

Untuk mengindentifikasi dinosaurus terbesar yang pernah menguasai bumi bukanlah tugas yang mudah. Itu disebabkan karena banyaknya fosil yang ditemukan, tetapi sangat jarang menemukan kerangka lengkapnya.

Mungkin beberapa dinosaurus yang kecil akan lebih mudah untuk ditemukan fosil lengkapnya, namun raksasa besar seperti Argentinosaurus seringkali hanya ditemukan beberapa bagian fosil tubuhnya saja.

Daftar Dinosaurus Terbesar

Nah, pada bahasan kali ini, My Simple Tricks akan menampilkan daftar dinosaurus terbesar dan hewan purba lain berdasarkan jenisnya.

Tentu saja daftar di bawah ini masih bisa berubah seiring penemuan baru yang akan ditemukan.

1. Dinosaurus Herbivora Terbesar – Argentinosaurus (100 Ton)

Meskipun belakangan ini para ahli paleontologi mengklaim telah mengidentifikasi dinosaurus yang lebih besar dari Argentinosaurus, namun berdasarkan dukungan bukti yang lebih meyakinkan, Argentinosaurus masih menjadi dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan.

Titanosaurus raksasa ini diberi nama “Argentinosaurus” berdasarkan tempat pertama kali ditemukan fosil hewan purba ini pada tahun 1986 di Argentina.

Kenapa Argentinosaurus dinobatkan menjadi dinosaurus herbivora terbesar yang pernah hidup, itu karena hewan purba ini mempunyai ukuran panjang lebih dari 35 meter dari kepala sampai ke ekor, dan berbobot hampir 100 ton.

Selain Argentinosaurus. dinosaurus herbivora terbesar lainnya seperti Futalongkosaurus, Bruhathkayosaurus dan Amphicoelias. Dan kemungkinan besar penemuan baru yang bisa menjadi dinosaurus yang paling besar adalah “Patagotitan Mayorum”.

2. Dinosaurus Karnivora Terbesar – Spinosaurus (10 Ton)

Pasti kebanyakan dari Anda mengira bahwa dinosaurus karnivora terbesar adalah Tyrannosaurus Rex, tetapi pada kenyataannya fakta itu tidak benar. Karnivora terbesar yang pernah hidup adalah “Spinosaurus“.

Spinosaurus mempunyai berat sekitar 10 ton, mulutnya memiliki moncong dan gigi yang tajam seperti buaya saat ini.

Selain memiliki predikat dinosaurus karnivora paling besar, ternyata Spinosaurus juga pemburu yang handal dan lincah.

Bukti terbaru menunjukkan bahwa Spinosaurus adalah dinosaurus perenang yang pertama diidentifikasi di dunia. Bahkan, monster ini bisa berburu di darat dan di air.

Tetapi beberapa ahli lain meyakini bahwa dinosaurus pemakan daging terbesar adalah Giganotosaurus Amerika Selatan.

3. Raptor Terbesar – Utahraptor (700 kg)

Sejak film Jurassic Park diluncurkan, Velociraptor menjadi begitu terkenal, bahkan mungkin satu-satunya jenis raptor yang Anda kenal.

Faktanya, ukuran Velociraptor tidak sebesar nenek moyangnya, yaitu Utahraptor yang berbobot hampir 700 kg dan panjangnya 6 meter.

Seperti velociraptor, Utahraptor juga merupakan pemburu yang ganas, dengan dilengkapi cakar belakang raksasa yang melengkung dan sanggup merobek mangsanya dengan mudah.

Bayangkan saja, Velociraptor yang mempunyai ukuran lebih kecil saja sudah ganas dan mematikan, apalagi nenek moyangnya yang mempunyai ukuran lebih besar? Pasti jauh lebih mengerikan!

4. Tyrannosaur Terbesar – Tyrannosaurus Rex (8 Ton)

Akhirnya T-Rex masuk juga dalam daftar kategori dinosaurus terbesar, pada sesi Tyrannosaur terbesar.

Sebelumnya, predator ini sempat diperkirakan sebagai karnovira terbesar, tetapi akhirnya dipatahkan oleh Spinosaurus dan Giganotosaurus.

Yang masuk kategori sebagai Tyrannosaur terbesar selain Tyrannosaurus Rex adalah Tarbosaurus dan Albertosaurus.

Kalau ingin mengenal lebih jauh tentang karnivora ini, Anda bisa baca artikel Kami yang lain: Fakta tentang Dinosaurus T-Rex.

5. Buaya Terbesar – Sarcosuchus (15 Ton)

Lebih dikenal sebagai “SuperCroc,” Sarcosuchus memiliki panjang 12 meter dan beratnya sebesar 15 ton – setidaknya dua kali lebih panjang, dan sepuluh kali lebih berat, dari buaya terbesar yang hidup saat ini.

Walaupun Sarcosuchus mempunyai ukuran tubuh jumbo, tetapi cara berburunya mirip seperti buaya modern – bersembunyi di semak-semak, menunggu waktu yang tepat dan siap memangsa.

Alasan kenapa Sarcosuchus tidak berburu secara terbuka, mungkin karena ingin menghindari konfrontasi dengan penghuni sungai lainnya, seperti Spinosaurus.

6. Prosauropod Terbesar – Riojasaurus (10 Ton)

Puluhan juta tahun sebelum sauropoda raksasa seperti Diplodocus dan Apatosaurus menguasai bumi, ada prosauropoda, herbivora yang lebih kecil, leluhur jauh dari raksasa raksasa Jurassic.

Riojasaurus Amerika Selatan adalah prosauropoda terbesar yang teridentifikasi. Dinosaurus ini adalah pemakan tumbuhan yang berbobot 10 ton dan hidup pada akhir periode Trias, lebih dari 200 juta tahun yang lalu.

7. Ichthyosaur Terbesar – Shastasaurus (75 Ton)

Ichthyosaurus, yang memiliki arti “kadal ikan,” adalah reptil laut besar seperti lumba-lumba yang mendominasi lautan pada periode Trias dan Jurasik.

Selama beberapa dekade, ichthyosaur terbesar diyakini sebagai Shonisaurus, sampai penemuan spesimen Shonisaurus berukuran super (75 ton) mendorong pendirian genus baru, Shastasaurus.

Meskipun memiliki tubuh yang besar, Shastasaurus tidak memakan ikan dan reptil laut yang berukuran sebanding, tetapi memangsa cumi-cumi bertubuh lunak dan makhluk laut kecil lainnya.

Hal tersebut menjadikannya mirip dengan Paus Biru penyaringan plankton yang menghuni lautan dunia saat ini.

Jenis Dinosaurus Terbesar dan Hewan Purba Lainnya

Selain beberapa daftar dinosaurus paling besar di atas, berikut daftar dinosaurus dan hewan purba jumbo lainnya:

  • Dinosaurus Bertanduk Terbesar – Titanoceratops (5 Ton)
  • Dinosaurus Bertelur Bebek Terbesar – Magnapaulia (25 Ton)
  • Dino-Bird Terbesar – Gigantoraptor (2 Ton)
  • Dinosaurus Mimik Burung Terbesar – Deinocheirus (6 Ton)
  • Pterosaurus Terbesar – Quetzalcoatlus (Lebar Sayap 10 meter)
  • Ular Terbesar – Titanoboa (900 kg)
  • Penyu Terbesar – Archelon (2 Ton)
  • Pliosaur Terbesar – Kronosaurus (7 Ton)
  • Plesiosaur Terbesar – Elasmosaurus (3 Ton)
  • Mosasaur Terbesar – Mosasaurus (15 Ton)
  • Archosaur Terbesar – Smok (900 kg)
  • Therapsid Terbesar – Moschop (900 kg)
  • Pelycosaur Terbesar – Cotylorhynchus (2 Ton)

Itulah ulasan singkat mengenai daftar dinosaurus terbesar dan hewan purba paling besar lainnya. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk menambah wawasan!

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *