5 Desa Unik di Dunia yang Membuat Kita Takjub

Desa unik – Dunia ini memang banyak misteri yang belum terungkap, begitu banyak keanehan serta segala hal yang membuat kita takjub. Begitu pun dengan keunikan yang terdapat di berbagai negara.

Masing-masing kebudayaan tentunya punya ciri khas serta keunikannya masing-masing. Hal tersebut justru yang menjadikannya dikenal oleh orang-orang.

Desa Unik di Dunia

Mungkin Anda belum mengetahui banyak hal unik di dunia ini, oleh karena itu kali ini kita akan membahas mengenai beberapa desa unik di dunia. Simak ya!

1. Giethoorn

Giethoorn Desa unik di dunia

Desa unik yang pertama adalah Giethoorn, terletak di provinsi Overijssel, Belanda. Memiliki jumlah penduduk total 2.620 jiwa.

Yang menarik dari desa ini adalah tidak adanya akses jalan raya di sepanjang desa, yang ada hanya kanal dan jalan yang tidak terlalu luas untuk pejalan kaki.

Setiap harinya, penduduk Giethoorn biasa menggunakan kanal sepanjang 4 kilometer ini sebagai akses utama. Giethoorn pun menjadi desa paling bebas polusi di dunia.

Pemandangan yang sangat asri dan alami pun begitu terasa di daerah desa ini. Air kanal jernih yang dihiasi dengan pohon-pohon rindang disekitarnya ini pun menambah kesan alami Desa.

Giethoorn yang mendapat julukan “Venice of the North” ini, menjadi wisata paling populer di negeri Belanda. Anda tertarik untuk mengunjungi Giethoorn?

2. Uros Floating Island

uros floating island

Desa unik di dunia selanjutnya adalah desa terapung Uros. Terletak di perbatasan Peru dan Bolivia. Tepatnya di tengah danau Titacina yang juga merupakan danau tertinggi di dunia. Dengan ketinggian lebih dari 3000 meter diatas permukaan laut.

Desa ini terbuat dari bahan dasar totora, yaitu sejenis alang-alang khusus yang hanya dapat ditemukan di pinggiran danau. Oleh karenanya desa ini bisa mengapung dan dapat berpindah dengan kekuatan aliran air.

Di danau titacina ini terapung sekitar 44 pulau yang masih masuk ke dalam wilayah desa Uros. Selain bentuk pulau-pulaunya yang unik, suasana desa Uros terlihat seperti bumi perkemahan.

Rumah-rumah yang mereka jadikan tempat bernaung menyerupai tenda kemah. Tapi ternyata, rumah-rumah ini juga terbuat dari susunan batang alang-alang. Pemandangan desa yang menakjubkan ini pun menjadi destinasi favorit para wisatawan.

Kehidupan di Kepulauan Uros sangat sederhana. Setiap harinya, mereka mempertahankan hidup dengan memancing dan menjual berbagai macam kerajinan dari alang-alang kepada wisatawan yang datang.

3. Dwarf Empire

dwarf empire desa unik di dunia

Pernah nonton film the hobbit? Jika pernah, anda pasti tahu kaum dwarf (kurcaci), di mana mereka adalah tokoh utamanya. Ternyata dalam dunia nyata ada juga loh kaum kurcaci.

“Dwarf Empire” merupakan julukan untuk desa yang satu ini. Dwarf Empire ini terletak di Bukit Xishan, pinggiran Kota Kunming, Yunnan, Tiongkok.

Desa kurcaci ini dihuni oleh kurang lebih dari 100 manusia kerdil. Di mana rata-rata penduduk memiliki tinggi badan antara 60cm s/d 120cm.

Selain memiliki keunikan dari segi postur tubuh, fasilitas di desa ini juga unik. Seperti, rumah jamur, rumah yang dicat berwarna-warni dan aneka fasilitas mini lainnya.

Bahkan, sering kali fasilitas-fasilitas tersebut langsung mengundang tawa wisatawan yang datang berkunjung ke Dwarf Empire.

Layaknya kerajaan yang sesungguhnya, mereka juga memiliki kaisar, permaisuri, raja dan putri.

Dalam dua hari sekali, penduduk desa unik ini akan memberikan suguhan untuk menarik minat para wisatawan yang mengunjungi desa mereka.

Mereka akan menggunakan kostum yang menunjukkan beberapa profesi mereka. Lucunya, ada yang menggunakan baju ala peri, kaisar, putri, raja dan lainnya. Hmm… seperti dongeng saja ya.

4. Velikaya Kopanya

Velikaya Kopanya

Sebuah desa unik yang terletak di Ukraina ini memiliki angka penduduk kembar yang cukup tinggi, yaitu ada sekitar 122 penduduk terlahir kembar.

Terletak di barat daya wilayah Zakarpattia Oblast, Ukraina. Desa unik ini bernama Velikaya Kopanya.

Di desa yang berpenduduk sekitar 4.000 jiwa ini, terdapat 61 pasang orang kembar yang menjadikan desa itu tercatat namanya dalam buku rekor.

Penyebab banyaknya warga yang terlahir secara kembar belum diketahui secara pasti. Namun banyak warga yang percaya bahwa kandungan air setempatlah yang menyebabkan banyaknya anak yang terlahir secara kembar.

Selain manusia, desa ini juga banyak memiliki hewan terlahir kembar, terutama sapi. Bahkan di salah satu sekolah terdapat sebuah papan yang ditempeli siswa-siswa sekolah yang terlahir secara kembar.

5. Noiva do Cordeiro

Noiva do Cordeiro

Desa Noiva do Cordeiro ini terletak di Brazil. Di mana penduduknya adalah wanita semua.

Desa unik yang berpenghuni 600 orang ini, rata-rata memiliki paras yang tergolong cantik, tetapi sayang mereka sulit untuk mendapatkan jodoh dikarenakan tidak adanya pria yang tinggal disana.

Usia para wanita di desa unik ini rata-rata antara 25 sampai 30 tahunan. Mereka merindukan kehadiran para pria lajang, yang bersedia tinggal di desa itu dengan aturan para perempuan.

Ada juga diantara penduduk ini yang sudah menikah. Namun, para suami mereka bekerja jauh dari kampung halamannya dan hanya boleh kembali pada akhir pekan.

Kaum hawa yang bermukim di desa unik ini mengerjakan semua hal secara mandiri, mulai dari bertani, merencanakan pembangunan kota, hingga ritual keagamaan.

Baca Juga:

Itulah beberapa desa unik di dunia, semoga bisa menambah wawasan Anda, atau mungkin Anda ingin kesana?

You May Also Like

About the Author: Ardiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *