15 Fakta Menarik Brontosaurus, Dinosaurus Berleher Panjang

Diposting pada

Fakta Brontosaurus – Pernahkan Anda menonton film-film tentang dinosaurus? Jika pernah, pasti Anda akan melihat dinosaurus berleher panjang yang satu ini.

Yups, Brontosaurus! Dinosaurus ini selalu muncul dalam film yang bertema hewan purba.

Mari kita mengenal lebih jauh tentang Brontosaurus serta fakta-fakta menarik tentang dinosaurus ini!

fakta gambar brontosaurus
Ilustrasi gambar Brontosaurus

Ciri Fisik Brontosaurus

Brontosaurus merupakan dinosaurus pemakan tumbuhan yang berleher panjang dan besar, memiliki ekor yang mirip cambuk, ukuran badannya juga besar, namun kakinya cukup pendek jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya.

Berat Brontosaurus diperkirakan mencapai lebih dari 20 ton, sedangkan panjangnya sekitar 22 meter jika diukur dari ujung kepala sampai ekor.

Masa Hidup

Brontosaurus diperkirakan hidup pada Periode Jurassic atau sekitar 150 juta tahun silam.

Fosil dan Nama Brontosaurus

Fosilnya pertama kali ditemukan oleh Othniel Charles Marsh pada tahun 1870-an.

Othniel Charles Marsh juga orang pertama yang memberi nama dinosaurus ini “Brontosaurus”.

Nama Brontosaurus sendiri diambil dari bahasa Yunani yang berarti brontÄ“ “Guntur” dan sauros “Kadal”, jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti “Kadal Guntur”.

Versi Dewasa Dari Apatosaurus

Sejak dahulu, hewan purba ini diyakini sebagai versi dewasa dari Apatosaurus yang lebih kecil ukurannya.

Namun, pada penelitian terbaru menunjukkan bahwa keduanya adalah spesies yang berbeda.

Walaupun, sampai saat ini masih banyak perdebatan tentang masalah tersebut, karena beberapa ilmuwan masih banyak yang tidak sepakat.

Fakta Menarik Brontosaurus

Setelah mengenal sepintas tentang Brontosaurus, berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang Brontosaurus yang perlu Anda ketahui!

  1. Nama ilmiah Brontosaurus adalah Brontosaurus excelsus, yang termasuk anggota keluarga sauropoda.
  2. Para ilmuwan meyakini bahwa ekornya yang seperti cambuk adalah senjata Brontosaurus dari predator alaminya. Suara ekor yang mirip cambuk, mungkin yang membuat predator menjadi gentar.
  3. Brontosaurus punya kaki yang pendek dan kokoh. Beberapa ilmuwan percaya bahwa mereka kemungkinan tinggal di rawa-rawa dan daerah berair lainnya untuk membantu menopang berat badan mereka. Tetapi penelitian lebih lanjut justru mengungkapkan hal yang bertentangan.
  4. Brontosaurus pernah dianggap sebagai dinosaurus berkaki empat terbesar yang pernah menghuni planet ini. Namun, penemuan terbaru membuktikan bahwa dinosaurus terbesar yang pernah hidup adalah “Patagotitan Mayorum”. yang ukurannya lebih besar dari Brontosaurus.
  5. Brontosaurus adalah dinosaurus yang memakan tumbuh-tumbuhan. Mereka juga diyakini mengonsumsi batu-batuan kecil untuk membantu proses pencernaan makanan, karena dinosaurus ini tidak mengunyah makanan.
  6. Karena bobot tubuhnya yang besar, dinosaurus ini diyakini memiliki pergerakan yang lambat bila dibandingkan dengan spesies dinosaurus lainnya.
  7. Dinosaurus ini dipercaya menahan lehernya agar tetap sejajar dengan tanah sepanjang waktu. Hal itu dilakukan untuk memastikan tekanan darah agar tetap konstan.
  8. Fosil Brontosaurus pertama kali ditemukan oleh Othniel Charles Marsh pada tahun 1879 di Wyoming, AS. Ia adalah seorang paleontolog berkebangsaan Amerika.
  9. Sejak pertama ditemukan, Brontosaurus selalu dikaitkan dengan Apatosaurus versi dewasa, tetapi pada tahun 2015, peneliti mengusulkan bahwa keduanya adalah jenis yang berbeda.
  10. Brontosaurus diperkirakan bisa hidup selama 100 tahun.
  11. Telur Brontosaurus mempunyai panjang sekitar 30 cm, lebar 25 cm, ukuran volume 2 liter dan beratnya 7 kg.
  12. Brontosaurus yang masih muda membutuhkan waktu 10 tahun untuk mencapai ukuran maksimal.
  13. Fosil Brontosaurus ditemukan di beberapa tempat seperti di Wyoming, Colorado, Utah, dan Oklahoma.
  14. Kebanyakan fosil Brontosaurus yang ditemukan tidak memiliki tengkorak. Diyakini bahwa dinosaurus herbivora ini memiliki kepala dan ukuran otak yang kecil, serta keungkinan besar bukanlah spesies yang cerdas.
  15. Brontosaurus menjadi begitu populer sejak kemunculannya pada beberapa film, salah satunya adalah film kartun “The Flintstones”. Diceritakan bahwa Brontosaurus merupakan hewan peliharaan. Selain tiu, “Bronto-burgers” juga menjadi menu populer pada kartun tersebut.

Fakta Lainnya:

Itulah beberapa fakta menarik tentang Brontosaurus. Semoga bisa menjawab rasa penasaran Anda terhadap dinosaurus ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *