10 Gambar Ilusi Optik Alam yang Mengagumkan

Diposting pada

Gambar ilusi optik alam – Sepertinya kita sudah akrab dengan tipuan mata yang dibuat oleh manusia, tapi apa Anda tahu kalau sebenarnya alam raya ini pun mampu menghasilkan ilusi optik?

Bahkan, ilusi optik alami ini akan membuat Anda lebih kagum, karena hasil alami buatan Tuhan tanpa campur tangan manusia.

Perhatikan 10 gambar ilusi optik alam berikut ini, yang benar-benar akan menipu mata Anda dan membuat Anda takjub!

1. Air Terjun Api

ilusi optik alam air terjun api

Air terjun ini sebenarnya bukanlah air terjun api atau lahar yang jatuh, tetapi ketika cahaya mengenai air di sudut kanan, maka akan terlihat seolah-olah air terjun tersebut terbakar.

Air terjun ini dinamai “Horsetail Falls” atau dikenal juga dengan sebutan “Yosemite Firefall”, terletak di Taman Nasional Yosemite di California, Amerika Serikat.

Untuk melihat ilusi optik alam ini, Anda bisa melihatnya pada bulan Februari, saat matahari terbenam menerangi air terjun. itu yang membuatnya tampak oranye kemerahan seperti efek terbakar.

2. Sun Dogs

sun dogs ilusi optik alami

Sun dogs juga dikenal sebagai “Phantom suns”. Ilusi optik ini terjadi ketika kristal es di atmosfer menciptakan efek memiliki dua matahari ekstra di kedua sisi matahari yang sebenarnya.

Namun, sayangnya fenomena ini sangat jarang terjadi, terlebih di Indonesia. Walaupun beberapa waktu lalu sempat heboh penampakan Sun dogs ini di kepulauan Riau.

Sun dogs biasanya terjadi di dekat ufuk langit pada kondisi atmosferik yang langka. Umumnya, disertai dengan suhu yang dingin di awan sekitar daerah tersebut.

3. Brocken Spectre

Brocken Spectre

Juga disebut “mountain spectre”, ilusi optik alam ini bisa terjadi pada lereng gunung atau awan yang berkabut.

Kejadian unik ini biasa terjadi di puncak Pegunungan Harz di Jerman.

Tipuan mata ini terjadi ketika bayangan Anda yang diperbesar diarahkan ke awan atau kabut di bawah Anda.

4. Atlantic Road

Atlantic-Road

Sekilas terlihat jembatan di Norwegia ini adalah jalan yang mengarahkan Anda langsung jatuh ke jurang, tetapi kalau dilihat dari sudut lain, sebenarnya jalanan tersebut melengkung ke sisi lainnya.

Jadi, tidak benar-benar seperti yang terlihat di gambar, hanya sudut pandang pemotretan saja yang membuat seolah-olah jalanan terputus di atas.

5. Atlas Moth

Atlas-Moth

Perhatikan kupu-kupu di atas! Ada gambar ular di kedua sisi sayapnya! Gambar ular tersebut diduga sebagai bentuk perlindungan kupu-kupu dari para mangsanya.

Di Indonesia, Atlas Moth lebih dikenal dengan sebutan “Kupu-kupu Gajah”, mungkin karena ukuran tubuhnya yang besar.

6. Cahaya Hijau di Langit

green-flash

Ilusi optik ini bisa terjadi tepat sebelum atau setelah matahari terbenam, yaitu bintik hijau yang muncul tepat di atas tepi matahari selama beberapa detik.

Meskipun fenomena “Green Flash” ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, namun penjelasan paling umum adalah bahwa cahaya dibelokkan di atmosfer.

7. Alpenglow

alpenglow

Fenomena ilusi optik yang menarik ini terjadi ketika matahari telah terbenam, tetapi karena cahaya yang memantul dari partikel-partikel di atmosfer, gunung terkadang dapat tampak diterangi dengan cahaya kemerahan.

8. Aurora

aurorsa-borealis

Fenomena alam ini sangat indah dan menakjubkan. Di belahan bumi utara, dikenal dengan nama “Aurora Borealis” sedangkan di belahan bumi selatan disebut “Aurora Australis”.

Pemandangan menakjubkan ini bisa terjadi karena sinar magnetik dan angin surya yang berinteraksi dengan atmosfer bagian atas.

Sayangnya, kita di Indonesia tak dapat melihat pemandangan menakjubkan ini.

Aurora bisa muncul dengan berbagai warna dan kombinasi yang sangat mengagumkan.

9. Badlands Guardian

badlands-guardian-ilusi-optik

Jika diamati di Google earth (50°00′38.20″N, 110°06′48.32″W), Anda akan melihat gambar kepala manusia raksasa yang menggunakan topi khas suku Indian Amerika yang sedang mengenakan earphone.

Namun, sebenarnya kejadian alam tersebut adalah saluran pembuangan pada zaman Paleozoikum melalui proses erosi yang amat halus, yang disebabkan oleh angin dan air.

10. Bukit Magnetik

Bukit-Magnet

Bukit magnetik adalah bukit yang sebenarnya miring ke bawah, tetapi karena lingkungan disekitarnya, bukit itu tampak miring naik ke atas.

Jika ingin melihat keajaibannya, cobalah untuk menempatkan mobil Anda pada posisi netral. Dan lihatlah mobil akan seperti berjalan melawan gravitasi.

Magnetic Hill ini terdapat di beberapa tempat, ada yang berlokasi di Ladakh, India (seperti pada gambar di atas), dan juga di Moncton, Kanada.

Baca Juga:

Itulah 10 gambar ilusi optik alami yang terbentuk oleh alam. Terkadang, ilusi optik tersebut bisa disaksikan tergantung darimana sudut kita memandangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *