9 Gitaris Terbaik Dunia Sepanjang Masa

Gitaris terbaik dunia sepanjang masa – Dari sekian banyak alat musik yang bisa dimainkan, salah satu instrumen yang paling digemari di dunia ini adalah Gitar. Karena memang gitar adalah alat musik yang mudah dipelajari. Dan pastinya Kamu akan terlihat keren kalau bisa main gitar.

Well, berikut ini adalah daftar gitaris terbaik dunia sepanjang masa:

1. Jimi Hendrix

gitaris blues terbaik sepajang masa - jimi hendrix
Jimi Hendrix

Posisi pertama gitaris terbaik dunia ditempati oleh seorang pemain gitar Blues bernama Jimi Hendrix. Sayangnya, Hendrix wafat di tahun 1970 tepatnya pada tanggal 18 September.

Meskipun begitu, gitaris Blues legendaris ini tetap dikenal dan penggemarnya tidak pernah pudar, selalu ada dari masa ke masa.

Dengan gaya khas kidalnya, pria yang lahir dengan nama Johnny Allen Hendrix ini berhasil menjadi pengaruh untuk para gitaris blues saat ini.

Salah satu hits Jimi yang paling populer dan melegenda adalah “Little Wings.” Lagu tersebut juga pernah di cover oleh band Rock Skid Row.

Ingin mengenal lebih jauh tentang Jimi Hendrix? Silahkan mampir langsung ke official websitenya di jimihendrix.com.

2. Yngwie Malmsteen

gitaris rock terbaik - Yngwie Malmsteen
Yngwie Malmsteen

Gitaris rock satu ini juga merupakan salah satu gitaris terbaik dunia. Pria yang memiliki nama asli Lars Johan Yngve Lannerbäck ini kerap kali memukau dengan speednya dan juga teknik sweeping arpeggio yang mumpuni.

Sampai saat ini, pria kelahiran Swedia, 30 Juni 1963 ini telah melahirkan 20 studio album.

Sampai pada tahun 2009, Yngwie Malmsteen masuk dalam daftar 10 pemain gitar elektrik terbaik sepanjang masa versi majalah Time.

3. B.B. King

pemain gitar  terbaik dunia - bb king
B.B. King

Di posisi selanjutnya pemain gitar terbaik dunia ada B.B. King (Riley B. King), seorang gitaris bertubuh gempal yang bermain penuh dengan penjiwaan.

Gitaris yang beraliran Blues ini menjadi influence bagi banyak gitaris hebat saat ini, seperti Slash (gitaris GNR) yang merupakan penggemar berat gitaris satu ini.

BB King terkenal dengan gaya permainannya yang eksentrik dengan suara mulut yang mengikuti suara gitar. Ia tutup usia pada 14 Mei 2015 di usia 89 tahun.

4. Chuck Berry

gitaris terbaik dunia - chuck berry
Chuck Berry

Di samping B.B. King, posisi gitaris terbaik dunia berikutnya adalah Chuck Berry. Pria bernama asli Charles Edward Anderson Berry ini merupakan seorang gitaris berkebangsaan Amerika dan merupakan salah satu pelopor bagi majunya musik Rock N Roll di dunia.

Lagunya “Roll Over Beethoven” menjadi jalan utama yang melesatkan karirnya hingga ke puncak ranah musik dunia.

5. Eric Clapton

gitaris terbaik dunia - eric clapton
Eric Clapton

Selanjutnya, gitaris terbaik dunia ditempati oleh Eric Clapton. Gitaris dan vokalis berkebangsaan Inggris ini merupakan salah satu gitaris favorit yang tidak hanya mahir bermain gitar, tapi juga memiliki suara emas dan wajah yang tampan.

Gitaris satu ini pernah tergabung dalam band musik bernama Cream pada tahun 1965, tapi justru karir solonyalah yang mengantarkan dia pada kesuksesan, dan menjadikannya sebagai salah satu pemain gitar terbaik dunia.

Lagunya yang berjudul “Tears In Heaven” menjadi salah satu lagu paling legendaris dan dikenang hingga saat ini.

6. Jimmy Page

jimmy page dengan double neck gitar
Jimmy Page

Di posisi selanjutnya ada Jimmy Page. Ada yang tidak kenal pemain gitar legendaris yang satu ini? Saya rasa semua gitaris pasti kenal Jimmy Page.

Jimmy Page adalah mantan gitaris salah satu Band Legendaris dunia Led Zeppelin. Ia juga dikenal dengan ciri khasnya yang sering menggunakan gitar double neck.

Gitaris berkebangsaan Inggris ini masih terus menelurkan karya-karya solonya hingga sekarang.

7. Keith Richard

keith richard - rolling stones
Keith Richard

Posisi selanjutnya gitaris terbaik dunia adalah Keith Richard. Gitaris flamboyan dan sangat rock ‘n’ roll yang puluhan tahun menggawangi Band Rolling Stone ini sangat mahir memainkan emosi penonton dengan permainan gitar Bluesnya yang mendalam.

Saat ini Keith terlibat project baru dengan Band bergenre Blues dengan nama X-Pensive Winos. Ada yang pernah dengar lagu lagunya?

8. Slash

pemain gitar terbaik - slash
Slash

Next, salah satu musisi yang dinobatkan sebagai pemain gitar terbaik dunia lainnya adalah Saul Hudson. Pria yang lebih dikenal dengan nama Slash ini mempunyai skill yang tidak perlu diragukan lagi.

Ia dikenal karena tergabung dalam band legendaris Guns ‘n Roses. Selain jago main gitar, Slash juga punya penampilan yang khas dengan rambut panjang keriting dan topi yang sangat ikonik.

Salah satu riff slash yang paling legendaris adalah solo gitarnya pada intro lagu “Sweet Child o’ Mine”.

9. Paul Gilbert

paul gilbert - mr big
Paul Gilbert

Pemain gitar asal Amerika yang juga pernah mampir ke Indonesia ini juga seorang yang piawai dalam memainkan alat musik petik ini.

Tak heran kalau Ia sering mengisi video sesi pelatihan gitar, bahkan Paul Gilbert banyak menjadi rujukan gitaris pada saat ini.

Paul Gilbert mulai dikenal sebagai gitaris hebat saat Ia bergabung bersama band Rock Mr. Big. Selain itu, salah satu gitaris terbaik dunia ini juga pernah membuat beberapa proyek solo dan pernah bergabung bersama Racer X.

Seperti Yngwie Malmsteen, Gilbert juga mempunyai akurasi speed yang gokil dan memiliki karakter tersendiri.

Baca Juga:

Perlu anda tahu bahwa gitaris-gitaris di atas bukan dihargai karena kontroversi yang mereka buat, melainkan dari karya dan prestasi yang telah mereka torehkan di dunia musik.

Terlebih kontribusi para pemain gitar ini tentunya sangat besar bagi perkembangan dunia musik saat ini. Jadi, sudah sepantasnya mereka mendapatkan predikat sebagai gitaris terbaik dunia dan namanya dikenal di seluruh penjuru dunia hingga saat ini.

You May Also Like

About the Author: Ardiansyah

4 Comments

    1. Iya Mick Taylor emang oke juga doi, bikin nuansa Stone makin unik dan berkarakter. Cuma kan udah ada Opa Keith Richards yg mewakili stones hihihi…

  1. Brian may dari Queen kemana bang ? Terus Ritchie Blackmore dari Deep purple sama Tommy iommi dari black sabbath juga kemana

    1. Kalau mau dimasukin semua kebanyakan bang hahahaha… masih banyak yg bagus lainnya, seperti John Petrucci (DT), Joe Satriani dll.. mungkin nanti saya update lagi, thx masukannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *