10 Jenis Usaha Penghasilan Harian dengan Modal Kecil

Diposting pada

Jenis usaha penghasilan harian modal kecil – Dunia usaha memang sangat menggiurkan, apalagi saat lapangan pekerjaan sulit dicari. Tetapi dalam menjalankan bisnis, diperlukan strategi serta pemasaran yang baik untuk menghasilkan penjualan yang maksimal.

Namun dalam menjalankan usaha, pastinya dibutuhkan modal yang cukup agar bisnis bisa terus berjalan. Lalu bagaimana untuk yang ingin membuka usaha tapi terbentur modal?

Sebenernya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal tersebut, salah satunya adalah dengan meminjam ke bank.

Tapi kalau Anda tidak ingin menggunakan dana dari bank, Anda juga bisa menjalankan usaha sesuai kemampuan Anda. Banyak juga kok jenis usaha yang membutuhkan modal kecil, bahkan bisa Anda jalankan di rumah atau sebagai bisnis sampingan.

Kalau Anda masih bingung mengenai ide usaha apa yang cocok untuk dijalankan, berikut adalah beberapa jenis usaha penghasilan harian yang dapat dijalankan dengan modal kecil di rumah.

jenis usaha penghasilan harian

1. Usaha Warung Kecil-kecilan

Usaha warung adalah salah satu bisnis yang laku setiap hari. Ada saja peminatnya, baik anak-anak maupun dewasa.

Untuk membuka warung kecil-kecilan di rumah, sebenarnya tak perlu mengeluarkan modal yang besar, tapi hasilnya bisa cukup menguntungkan. Terlebih kalau lokasi Anda strategis dan minim kompetitor.

Sistem manajemen keuangannya pun tak terlalu rumit, tidak seperti bisnis-bisnis besar lainnya. So, usaha ini cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga yang ingin punya penghasilan harian tetapi tetap bisa mengurus rumah.

Modal yang Anda butuhkan paling tidak ada etalase, dan tempat yang tak terlalu besar. Setidaknya cukup untuk menampung seluruh barang dagangan Anda.

Seiring berjalannya waktu, jenis usaha tersebut bisa Anda perluas dan variasi dagangan bisa ditambah. Bahkan, tak menutup kemungkinan untuk menjadikannya sebagai pemasukan utama keluarga Anda.

2. Menjual Jajanan Anak

Berbeda dengan warung, menjual jajanan anak hanya spesifik pada dagangan untuk anak-anak. Peluang usaha rumahan ini sangat cocok dijalankan untuk ibu rumah tangga, apalagi kalau banyak anak kecil disekitar tempat tinggal.

Yang Anda butuhkan untuk membuka jenis usaha modal kecil ini juga tidak terlalu ribet. Paling hanya butuh meja dan blender untuk membuat minuman anak.

Dan lokasinya pun tak harus Anda tempatkan di teras rumah, bisa di depan rumah atau di tempat anak-anak bermain. Jenis usaha ini pun lumayan untuk menambah penghasilan harian Anda.

3. Dagang Kosmetik

Dagang kosmetik sebenarnya bukanlah peluang usaha baru, bisnis ini sudah ada sejak lama. Hebatnya, jenis usaha penghasilan harian ini masih bertahan sampai sekarang.

Banyak yang tertarik menjual kosmetik dengan cara bergabung bersama perusahaan kosmetik tertentu. Biasanya mereka menjadikan Anda agen untuk menjual produknya.

Produk tersebut tidak dijual bebas, tetapi hanya agen-agen resmilah yang berhak menjualnya.

Nah, ini kesempatan emas untuk Anda mendapatkan penghasilan harian tanpa bergantung dari suami. Tapi banyak juga para suami yang menjadi agen he..he..he..

Modal yang Anda butuhkan paling hanya untuk pendaftaran dan starter kit saja. Kunci sukses penjualan adalah konsistensi Anda dalam menawarkan produk dan mencari relasi sebanyak-banyaknya.

Kalau ada customer Anda yang sudah cocok dengan produk kosmetik tersebut, yakinlah mereka akan order lagi produk yang sama pada Anda. Terlebih kosmetik adalah barang yang selalu digunakan dan bisa habis, jadi peluang barang terjual cukup tinggi.

4. Menjual Nasi Uduk

Jenis usaha yang satu ini juga cocok dijalankan kalau ingin punya penghasilan harian dengan modal kecil. Dengan modal kecil saja Anda sudah bisa menjalankan bisnis yang laku setiap hari ini.

Peminat bisnis kuliner ini juga cukup banyak, terlebih bagi yang tidak sempat membuat sarapan pagi di rumah. Sehingga nasi uduk menjadi alternatif sarapan mereka.

Selain bisa berdagang di waktu pagi, nasi uduk juga sangat cocok dijual pada malam hari. Sudah banyak yang berjualan nasi uduk malam-malam dan tetap laris.

Seperti pada bisnis kuliner lainnya, kunci utama kesuksesan jenis usaha nasi uduk ini adalah rasa dan harga. Biar bagaimanapun, orang-orang akan lebih suka nasi uduk dengan rasa yang enak dan harga yang murah.

Kendala yang umum dihadapi pedagang nasi uduk adalah saat bulan puasa. Dimana mereka tidak bisa menjual dagangan di pagi hari. Solusinya adalah mengganti jualan dengan takjil atau menu buka puasa lainnya. Sehingga penghasilan harian tetap berjalan dan bisa ikut lebaran.

5. Membuka Usaha Jahit

Percayalah, bisnis jenis ini sangat potensial dan menguntungkan. Kalau Anda punya kemampuan menjahit, tak ada salahnya membuka usaha jahit di rumah.

Tak perlu model jahitan yang terlalu sulit, cukup terima permak-permak dan membetulkan pakaian saja, itu sudah cukup memenuhi pendapatan harian Anda.

Bagi yang tinggal di kota-kota besar, penjahit kini semakin sulit di cari, sekalipun ada, kadang mereka perlu waktu lama untuk menyelesaikan jahitan, karena order yang menumpuk.

So, jenis usaha jahit ini sangat menguntungkan sekali untuk dijalankan, bahkan dengan modal yang minim. Anda hanya membutuhkan mesin jahit, obras dan peralatan pendukung lain.

jenis usaha penghasilan harian

6. Jual Pulsa

Jaman sekarang, siapa yang tak punya handphone? Manfaatkanlah peluang usaha baru ini untuk meraup keuntungan. Apalagi pulsa termasuk barang konsumtif dan bisnis yang laku setiap hari.

Jualan pulsa tidak memerlukan modal yang besar, di beberapa agen pulsa elektrik, mereka hanya mematok angka Rp.100.000 saja untuk deposit awal modal usaha berjualan pulsa.

Selain bisa menjual pulsa, Anda juga bisa tambahkan beberapa item lain, seperti jual token listrik, kartu perdana dan lainnya. Anda bisa mendapatkan penghasilan harian dari jenis usaha ini.

7. Membuka Biro Jasa

Biro jasa adalah salah satu contoh usaha modal kecil untung besar. Karena memang tidak dibutuhkan modal untuk memulai.

Anda bisa menjalankan jenis usaha modal kecil ini di rumah maupun secara khusus menyewa tempat.

Modal yang Anda butuhkan hanyalah relasi dan tempat kalau Anda menyewa tempat di luar rumah.

Banyak orang yang sibuk dan tak sempat untuk membayar pajak atau balik nama kendaraannya, maka seringkali orang-orang mendelegasikan kerjaan tersebut ke biro jasa.

Tugas Anda adalah menjalankan apa yang customer mau. Disini setidaknya dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman tentang tata cara pengurusan pajak kendaraan.

Tetapi sebenarnya tugas bisro jasa tidak sesempit itu, usaha jasa ini bisa dikembangkan ke lain hal, seperti pengurusan paspor dan lainnya.

8. Buka Kantin di Sekolah

Ide usaha modal kecil untung besar lainnya adalah membuka kantin di sekolah. Disana Anda bisa berjualan makanan atau jajanan yang disukai anak-anak.

Modal untuk jenis usaha ini juga tidak terlalu besar, tapi keuntungan yang dihasilkan cukup lumayan. Pada bisnis kantin sekolah ini, Anda mutlak memerlukan tempat berjualan di sekolah. Biasanya sewanya tak terlalu mahal.

Strategi berjualan di sekolah untuk meraih untung besar adalah menjual jajanan yang murah tetapi disukai anak-anak. Anda tahu sendiri, biasanya anak sekolah jajannya tidak banyak, jadi tidak tepat kalau Anda menjual jajanan yang mahal di kantin sekolah.

Kelemahan dari jenis usaha modal kecil ini adalah saat musim liburan sekolah. Tetapi hal itu bisa diatasi dengan mengganti jenis bisnis Anda, atau mungkin Anda bisa berjualan di rumah yang laku setiap hari.

9. Menjadi Reseller Online

Bisnis online memang sedang marak, seiring berkembangnya teknologi smartphone. Peluang usaha baru ini bisa Anda maksimalkan untuk memperoleh penghasilan harian.

Untuk menjadi reseller, Anda sebenarnya tidak butuh modal sama sekali, paling hanya smartphone dan kuota saja. Kabar baiknya, bisnis ini adalah jenis yang laku setiap hari.

Ada banyak barang dagangan yang dijual di internet, Anda bisa menghubungi agen besar dan meminta untuk menjadi resellernya. Kemudian produk mereka bisa Anda jual ke berbagai toko online seperti bukalapak, tokopedia, blibli.com dan lainnya.

Ketika ada pesanan, Anda tinggal order ke agen tersebut dan memintanya mengirim ke alamat pemesan Anda. Mudah bukan!

Jenis usaha online ini tidak bisa dianggap sepele, walaupun bermodal kecil, keuntungan yang Anda raih cukup lumayan. Bahkan, Anda bisa melakukan bisnis ini tanpa harus susah payah keluar rumah, dan ada saja barang yang laku setiap hari, asalkan Anda tahu strateginya.

10. Berjualan Tempat Makan dan Botol Minum

Saat ini, tidak hanya anak sekolah yang suka bawa bekal untuk makan siang, para pekerja pun sudah banyak yang membawa bekal untuk tujuan pengiritan.

Dengan banyaknya peminat, tentu peluang usaha menjual tempat makan dan botol minum bisa jadi salah satu alternatif bisnis sampingan yang bisa Anda jalankan.

Cara agar dagangan ini bisa laris manis adalah utamakan kualitas produk yang Anda jual. Tentunya para pembeli ingin membeli yang awet, berkualitas dan tahan lama. Dengan begitu, kesuksesan jenis usaha penghasilan harian bisa Anda raih dengan cepat.

Ide Bisnis Lainnya:

Kesimpulannya, apapun jenis usaha penghasilan harian dengan modal kecil yang Anda jalankan, kesabaran serta konsistensi adalah kuncinya. Kalau gagal, jangan menyerah, coba lagi dan coba lagi, tapi jangan ulangi kesalahan yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *