5 Kejadian Pada Konser Musik yang Paling Mengerikan

festival musik fenomenal

Kejadian Pada Konser Musik yang Paling Mengerikan – Festival atau konser musik adalah sebuah pesta besar yang biasanya menampilkan beberapa musisi baik band, penyanyi maupun orchestra.

Di suatu konser, tidak selalu mendapat sambutan baik oleh masyarakat, terkadang ada saja hal buruk yang tak diinginkan terjadi, bahkan karena ulah penontonnya sendiri.

Ada banyak kejadian-kejadian fenomenal yang menjadi sejarah tersendiri dalam suatu konser, baik itu yang manis atau peristiwa kelam.

Biasanya, yang paling diingat adalah kejadian atau tragedi buruk dalam konser yang memberi dampak kurang baik bagi industri musik.

Kejadian Paling Mengerikan pada Konser Musik

Berikut ini adalah beberapa konser musik yang menjadi tragedi tak terlupakan sepanjang sejarah permusikan. Seperti peristiwa penembakan, pengeboman, kericuhan penonton sampai saling injak antar penonton.

Parahnya dalam suatu festival yang pada dasarnya bertujuan untuk menghibur, tapi malah menjadi tragedi berdarah yang mengerikan. Bahkan hal itu juga berdampak buruk bagi industri musik itu sendiri.

Apa saja konser musik paling mengerikan dan tak terlupakan tersebut?

1. Penembakan Las Vegas

Terdapat 200 orang luka-luka dan 50 orang tewas, yang membuat kejadian mengerikan ini sebagai penembakan masal paling mematikan sepanjang sejarah.

Peristiwa itu terjadi di dekat hotel dan kasino Mandala Bay, Nevada, Las Vegas, pada saat berlangsungnya festival musik country.

Arah tembakan diduga dari lantai 32 di hotel Mandala Bay. Seorang saksi mengatakan mendengar sebanyak 100 kali tembakan.

Pelaku penembakan adalah seorang pria berusia 64 tahun bernama Stephen Paddock. Polisi mengatakan serangan itu dilakukan berdasarkan prakarsa sendiri tanpa hubungan dengan militan manapun.

2. Penembakan Dimebag Darrell

Tanggal 8 Desember 2004, merupakan waktu bersejarah yang tak mungkin dilupakan bagi pecinta musik metal. Tanggal tersebut adalah saat penembakan salah satu pendiri band Pantera, Dimebag Darrell.

Kejadian tersebut terjadi di atas panggung saat Darrell manggung bareng band Damageplan, dimana Dimebag Darrell mengisi gitar pada band tersebut. Penembakan berlangsung saat konser masih berjalan di Ohio, AS.

Diketahui pelaku penembakan adalah Nathan Gale, yang diduga menderita paranoid schizophrenia. Saat itu, Gale mengidap delusi bahwa Damageplan mampu mencuri dan membaca pikirannya.

3. Bom di Konser Ariana Grande

Peristiwa ini terjadi pada tanggal 22 mei 2017 di Manchester Arena, Inggris. Bertepatan dengan berlangsungnya konser musik Ariana Grande.

Bom meledak di salah satu pintu keluar Manchester Arena, yang menewaskan 22 orang dan sedikitnya 59 diantaranya terluka parah. Pelakunya diketahui adalah Salman Abedi, yang diduga melakukan aksi bom bunuh diri.

Bom meledak disaat Ariana Grande sudah akan meninggalkan panggung. Dan yang menjadi korban adalah penonton yang langsung keluar saat konser berakhir.

Baca Juga: Album Musik Terlaris di Dunia

4. Kerusuhan Woodstock 99

Peristiwa ini terjadi di tahun 1999 selama tiga hari di Rome, New York, pada saat festival musik besar Woodstock.

Woodstock adalah festival musik yang diisi oleh banyak musisi ternama dan biasa diadakan beberapa hari. Awalnya, pagelaran musik ini diadakan pada tahun 1969, dan tahun 1999 menjadi sejarah kelam acara musik ini.

Kerusuhan terjadi dilatarbelakangi oleh kondisi cuaca dan logistik. Beberapa makanan dijual mahal di tempat ini, mesin ATM diserbu pencuri, toilet banjir karena genangan air dari pipa – pipa yang dihajar penonton.

Tak hanya itu, ternyata aksi juga melebar disekitar lokasi, hingga terjadi aksi pembakaran dimana-mana. Sebanyak 1200 orang terluka.

Baca Juga: Gitaris Terbaik Dunia

5. Pearl Jam – Roskilde

Kejadian pada konser musik paling mengerikan terakhir adalah Roskilde. Acara ini diadakan di Roskilde, Denmark pada tanggal 30 Juni 2000 yang dihadiri oleh para personel Pearl Jam.

Singkatnya, terjadi peristiwa kericuhan pada saat konser musik tersebut berlangsung, yang menyebabkan sejumlah orang terluka dan beberapa meninggal dunia.

Kericuhan penonton terjadi saat band Pearl Jam sedang tampil di atas panggung.

Penyebab kejadian karena begitu ricuhnya penonton sampai berdesak-desakan dan akhirnya saling injak karena tidak terkontrolnya para penonton. Insiden ini sendiri menewaskan 9 nyawa penontonnya.

Baca Juga: Perkembangan Alat Musik Tiup Tradisional Hingga Modern

Beberapa kejadian kelam dalam konser musik di atas seharusnya bisa menjadi pelajaran untuk kita semua agar selalu waspada dan hati-hati. Tujuan menonton acara musik adalah untuk menikmati musik dan berinteraksi dengan sang artis, bukan untuk membuat kericuhan.

Jadi, berpikirlah ketika Anda berhubungan dengan acara festival musik baik sebagai penyelenggara atau penonton.

Berikan hasil yang maksimal dengan menjadi penyelenggara acara yang baik, atau kalau sebagai penonton berusahalah mentaati peraturan yang ada pada acara tersebut.

You May Also Like

About the Author: Ardiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *