Kelebihandan Kekurangan Topologi Mesh

Diposting pada

Kelebihan dan Kekurangan Topologi  Mesh – Jika Anda menujuk e fase desain awala plikasi Iot Anda, Andamungkin mencari tahu sistem komunikasi mana yang akan Anda gunakan. Saat Anda mencoba dan menentukan biaya per node, biaya instalasi sistem, dan biaya implementasi perangkat keras dan perangkat lunak, ingatlahbahwa jenis topologi jaringan yang Anda gunakan akan memengaruhi semua hal ini.

Sebuah topologi mesh jala ketik dari jaringan di mana semua node Anda kooperatif mendistribusikan data adalah salah satu pilihan Anda. Untuk membantu Anda menentukan apakah ini pilihan terbaik untuk aplikasi Anda, kami telah membuat daftar kelebihan dan kekurangan topologi mesh.

Topologi  Mesh
Topologi Mesh

Apakah Kelebihan dan Kekurangan Topologi  Mesh?

Keuntungan Dari Topologi Mesh

  1. Skalabilitas

Salah satu keuntungan topologi mesh adalah (secara teori) Anda tidak perlu menambahkan router kejaringan, karena setiap node dapat bertindak sebagai router. Jika Anda bekerja pada jaringan mesh untuk penerangan di gedung kantor Anda, danAnda ingin menambahkan lampu di ruangan tertentu, Anda harus dapat menambahkan lampu dan menghubungkannya secara otomatis ke jaringan. Tidak banyak manajemen tambahan yang perlu dilakukan, yang membuat jaringan dapat diskalakan.

  1. KEKOKOHAN

Manfaat lain dari topologi jaringan mesh adalah jika salahs atu node down, tidaksertamertamembuatseluruhjaringan down. Jaringan dapat menyembuhkan dirinya sendiri di sekitar node yang buruk jika node lain dapat menyelesaikan mesh.

Selain itu, jika Anda perlu mendapatkan lebih banyak jangkauan dari sistem mesh, Anda dapat menambahkan node lain dan pesan dapat melompat melalui mesh kembali ke gateway  itulah sebabnya beberapa orang percaya bahwa jaringan mesh lebih kuat.

Karena semua node dalam mesh menerima dan menerjemahkan informasi, ada beberapa redundansi dalam topologi mesh; namun, Anda juga dapat memperoleh kecepatan dengan bandwidth berlebih. Jika satu rute menjadi lambat, jaringan mesh berpotensi menemukan rute yang lebih baik dan mengoptimalkan dirinya sendiri.

Kekurangan Topologi Mesh

  1. KOMPLEKSITAS

Setiap node perlu mengirim pesan sekaligus bertindak sebagai router, yang menyebabkan kompleksitas setiap node meningkat cukup signifikan. Katakanlah Anda membuat perangkat kecil berdaya rendah seperti sensor penggunaan ruangan dan Anda ingin mendapatkan jangkauan yang lebih baik dari sistem Anda.

  1. PERENCANAAN JARINGAN

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, jaringan mesh sering dianggap sangat skalabel, dan menambahkan node ke jaringan biasanya tidak terlalu terlibat. Dengan jaringan mesh, Anda perlu menambahkan node khusus yang hanya meneruskan pesan. Tetapi ini memperumit perencanaan jaringan Anda, karena Anda sekarang harus menggunakan peralatan hanya untuk membuat pesan Anda dirutekan dengan benar dalam waktu yang wajar.

  1. LATENSI

Seperti yang disebutkan, latensi waktu yang dibutuhkan pesan untuk sampai dari node ke gateway dapat memengaruhi perencanaan jaringan mesh Anda. Menariknya, Anda dapat meningkatkan beberapa latensi dengan menggunaka njaringan mesh dengan sistem skala yang lebih besar denganlebih banyak bandwidth, memori, dan daya. Nah untuk itu Anda bisa kunjungi Gravityevos untuk info penting lainnya.

  1. KONSUMSI DAYA

Karena setiap node dalam mesh harus bertindak sebagai titik akhir dan router, ia harus menarik lebih banyak daya untuk beroperasi. Jadi, jika Anda memiliki node bertenaga baterai dan berdaya rendah, mesh  mungkin sulit digunakan tanpa banyak perencanaan jaringan.

Katakanlah Anda memiliki node bertenaga baterai di jendela dan pintu untuk sistem keamanan cerdas Anda. Pelanggan menyimpan panel kontrol di ruang bawah tanah, tetapi semua sensor berada di lantai pertama dan kedua. Jadi sementara jendela lantai dua mungkinber daya rendah, karena hanya mengirimkan pesan, sensor di lantai pertama harus menangani pesan dari jendela dan pintu lantai dua.

Demikianlah artikel yang saya buat tentang Topologi Mesh semoga bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *