Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Hair Dryer

Diposting pada

Hair dryer merupakan salah satu alat untuk menata rambut yang penting bagi sebagian besar wanita. Umumnya, hair dryer akan sangat membantu penataan rambut bagi wanita yang memiliki rambut panjang. Saat ini ada bermacam-macam jenis hair dryer yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Ada yang memiliki fitur ion untuk merawat rambut, hair dryer dengan teknologi infra merah, atau hair dryer dengan ceramic yang lebih aman bagi rambut. Sebelum membeli hair dryer, kenali dulu keuntungan dan kerugian menggunakan hair dryer berikut ini.

Jenis Hair Dryer
Hair Dryer

Keuntungan menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut diantaranya:

1. Rambut Tertata Lebih Rapi

Fungsi utama hair dryer tidak hanya untuk mengeringkan rambut, tetapi juga untuk menata rambut sesuai dengan gaya yang diinginkan. Kini hair dryer umumnya dilengkapi dengan beberapa pilihan nozzle yang dapat Anda ganti sesuai dengan kebutuhan menata rambut. Ada nozzle berbentuk sisir atau sikat untuk menghasilkan tatanan rambut yang lebih rapi, dan ada juga nozzle konsentrator untuk memfokuskan udara panas pada bagian rambut tertentu yang memerlukan saat menata rambut. Dengan memakai hair dryer, Anda akan terbebas dari ‘bad hair day’ dan selalu terlihat gaya dan rapi saat di kantor.

2. Mengurangi Kerontokan Akibat Rambut Basah

Kulit kepala yang basah akan memiliki pori-pori yang lebih besar, sehingga rambut lebih mudah rontok. Membiarkan rambut kering secara alami akan memakan waktu yang lebih lama, jadi akan semakin tinggi resiko untuk mengalami rambut rontok. Mengeringkan rambut dengan hair dryer membuat rambut kering lebih cepat. Saat rambut kering, pori-pori pada kulit kepala akan kembali mengecil. Jadi, resiko rambut rontok karena basah pun menjadi berkurang.

3. Mencegah ketombe

Rambut yang dibiarkan basah terlalu lama, apalagi pada kelembaban udara yang tinggi, akan memicu pertumbuhan jamur dan bakteri di kulit kepala yang dapat menyebabkan ketombe. Dengan mengeringkan rambut dengan hair dryer, kulit kepala akan terhindar dari kelembaban yang berlebihan. Hasilnya, jamur dan bakteri akan lebih sulit tumbuh di kulit kepala. Anda pun dapat terbebas dari ketombe dan gatal di kulit kepala.

Namun, penggunaan hair dryer juga memiliki beberapa kerugian, diantaranya:

1. Rambut Menjadi Kering dan Bercabang

Menggunakan hair dryer pada kecepatan atau suhu yang tinggi dan terlalu sering dapat menghilangkan kelembaban alami rambut. Akibatnya, rambut dapat menjadi kering atau bahkan bercabang. Karena itu, lindungi rambut Anda dengan menggunakan masker rambut secara teratur dan gunakan heat protector pada rambut sebelum menggunakan hair dryer.

2. Rambut Menjadi Kusam

Menggunakan hair dryer yang terlalu sering juga dapat menghilangkan minyak alami pada rambut dan kulit kepala. Memang, minyak pada kulit kepala jika berlebihan dapat menyebabkan ketombe. Namun, rambut memerlukan minyak ini untuk tampak berkilau. Hilangnya kelembaban dan minyak pada rambut dan kulit kepala dapat menyebabkan rambut menjadi kusam atau tidak berkilau.

3. Boros listrik

Hair dryer adalah alat elektronik yang memerlukan daya listrik yang cukup tinggi. Hair dryer yang hemat listrik saja dapat memiliki daya listrik sekitar 350 watt. Jumlah watt ini setara dengan daya yang diperlukan untuk kulkas dua pintu. Hair dryer dengan kekuatan dan fitur menengah akan memakan daya hingga 600 watt. Daya ini lebih besar daripada daya untuk AC di kamar Anda. Bahkan hair dryer profesional yang memiliki kekuatan yang lebih tinggi dan fitur yang lebih lengkap, dapat membutuhkan daya listrik hingga 1800 watt. Jadi, hal penting yang perlu Anda perhatikan saat membeli hair dryer adalah amati besar wattnya, dan pastikan listrik di rumah Anda tidak bermasalah dengan besar daya tersebut. Terlalu sering menggunakan hair dryer tentu saja akan membuat tagihan listrik bulanan Anda semakin besar.

Itu beberapa keuntungan dan kerugian menggunakan hair dryer yang dapat menjadi pertimbangan Anda saat ingin membeli hair dryer. Perhatikan keuntungannya, apakah sesuai dengan yang Anda harapkan dan apakah sebanding dengan kerugian yang Anda dapatkan. Namun, memiliki rambut yang selalu terlihat indah dan tertata tentunya akan memberikan kepuasan tersendiri, meskipun ada resikonya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *