Lebih baik mana, Absensi Manual atau Absensi Online?

Diposting pada

Istilah absensi atau kehadiran pasti tidak asing bagi banyak karyawan, khususnya HRD. kini berkat adanya perkembangan teknologi, banyak perusahaan mulai menggunakan aplikasi absensi online. Namun, sebagian perusahaan masih bertahan menggunakan absensi manual karena menilai implementasi aplikasi absensi hanyalah pemborosan semata.

Apakah hal ini benar? Sebenarnya, tidak selalu implementasi sebuah sistem akan mengakibatkan pemborosan. Mari simak perbandingannya di bawah ini!

Aplikasi Absensi Online
Image source : Pixabay

Keamanan

Seperti yang sudah diketahui, banyak karyawan yang tidak disiplin sering melakukan pemalsuan atau manipulasi data absensi. Hal ini tentu akan menunjukkan bahwa data absensi yang dari absensi manual dapat diragukan validitasnya. Tidak hanya itu, proses lain yang melibatkan data kehadiran pun akan ikut terganggu.

Sementara itu, aplikasi absensi online mempunyai keamanan yang lebih ketat. Setiap data kehadiran akan masuk langsung ke dalam sistem dan terlihat oleh HRD. maka dari itu, para oknum nakal akan kesulitan dalam memanipulasi dan memalsukan data kehadiran.

Integrasi

Data kehadiran karyawan akan digunakan untuk pengelolaan karyawan yang lain, contohnya adalah penggajian. Setiap bulannya, HRD akan memasukkan data kehadiran untuk memproses gaji karyawan. Jika perusahaan masih menggunakan absensi manual, HRD harus meng-input data kehadiran juga menggunakan cara manual. Cara ini sebenarnya tidak efektif dan rentan terjadi salah input.

Namun, perusahaan dapat memilih menggunakan aplikasi absensi online yang terintegrasi dengan sistem penggajian. Tiap bulannya, sistem penggajian akan “mengambil” data kehadiran karyawan langsung dari sistem absensi online. Dengan begitu HRD tidak perlu lagi melakukan input manual yang rentan terjadi kesalahan.

Kemampuan

Bagaimana jika dilihat dari segi kemampuan? Absensi manual hanya dapat menampung data kehadiran karyawan yang masuk. Sisanya? Tidak ada lagi kemampuan spesifik dan khusus dari absensi manual. Bisa dikatakan jika kemampuan absensi manual  hanya terbatas untuk mencatat absensi.

Beda halnya dengan aplikasi absensi online yang mampu menyimpan dan mengolah data kehadiran karyawan. Aplikasi absensi online dapat melakukan rekapitulasi dan membuat laporan kehadiran karyawan secara otomatis. Jadi, tidak ada lagi istilah kewalahan dalam mengolah data absensi. Semua dilakukan secara otomatis, cepat, dan akurat menggunakan aplikasi absensi online.

Sayangnya, tidak semua perusahaan mampu mengembangankan sistem aplikasi sendiri. Jika sudah begitu, ada baiknya perusahaan menggunakan jasa dari vendor terpercaya. Salah satunya adalah LinovHR sebagai vendor aplikasi absensi online yang sudah berpengalaman dalam menangani berbagai jenis perusahaan. Jadi tidak perlu diragukan keunggulannya.

Dari gambaran singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi absensi online jauh lebih efektif dibandingkan menggunakan absensi manual. Jika pengelolaan kehadiran dalam perusahaan berjalan lancar dan akurat, maka pengelolan hal lain yang terkait pun juga akan berjalan lancar.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *