Macam-macam Sereal yang Cocok untuk Diet

Macam-macam sereal – Menyajikan menu sarapan yang sehat itu bukanlah sebuah hal yang sulit, termasuk buat Anda yang sedang dalam program diet.

Dalam menjalankan diet, memang sangat penting untuk mengontrol setiap asupan makanan yang kita konsumsi, termasuk di pagi hari saat sarapan.

Menu sarapan yang kaya serat adalah pilihan yang tepat, dan untuk menemukannya tidaklah sulit. Mungkin sereal adalah jawabannya.

Sereal untuk diet menjadi sebuah pilihan yang efektif, di mana makanan kaya serat ini sudah cukup umum dijadikan sebagai menu sarapan sehat.

Bukan hanya sehat, menyajikan semangkok sereal pun sangatlah praktis sehingga cocok untuk Anda yang tidak punya waktu banyak di pagi hari.

Sereal mempunyai kandungan serat yang tinggi, oleh karena itu bagus untuk melancarkan sistem pencernaan.

Selain itu, kandungan karbohidrat kompleks di dalam sereal adalah salah satu alasan lainnya mengapa makanan ini menjadi pilihan tepat untuk sarapan bagi Anda yang sedang menjalankan diet.

Kandungan karbohidrat kompleks yang terkandung di dalam sereal, itu dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga mengurangi rasa lapar berlebih di siang hari.

Macam-macam Sereal Untuk Diet Sehat Anda

Nah, dalam memilih macam-macam sereal untuk diet sehat pun tidak dapat dilakukan sembarangan.

Pasalnya, produk sereal yang beredar di pasaran ada beberapa yang telah dikombinasikan dengan tambahan gula dalam jumlah yang cukup tinggi, sehingga kurang tepat memilih jenis sereal yang demikian.

Kalau begitu, apakah jenis sereal yang cocok untuk program diet Anda? Berikut diantaranya:

1. Oatmeal

macam-macam sereal - oatmeal

Satu mangkok oatmeal untuk menu sarapan, itu sangat baik untuk membantu agar Anda kenyang lebih lama.

Selain itu, oatmeal pun menjadi pilihan sarapan yang tepat bagi mereka penderita diabetes. Namun perlu dicatat, jangan menambahkan gula pasir atau susu yang tinggi lemak dalam mangkok oatmeal Anda, itu sama saja merusak program diet Anda.

Oatmeal murni dapat membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah, dan juga mampu mengembalikan mood bagi mereka yang sedang mengalami stres.

Untuk mendapatkan oatmeal sendiri sangat mudah, Anda bisa menemukan produk oatmeal di minimarket ataupun supermarket di sekitar Anda.

2. Corn flakes

macam-macam sereal - cornflake

Macam-macam sereal sehat untuk diet berikutnya adalah corn flakes alias sereal jagung.

Corn flakes mempunyai kandungan gizi seperti zat besi, sampai vitamin B kompleks, sehingga baik dikonsumsi bagi siapa saja.

Mengkonsumsi jenis sereal yang satu ini dapat membantu menyukseskan program diet Anda.

Tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah jumlah kalori dan angka kecukupan gizi pada tabel kemasan. Pilihlah corn flakes yang lebih rendah kalori.

Selain itu, sereal ini menjadi favorit anak-anak dan mudah ditemui di mana-mana.

3. Wheat Flakes

macam-macam sereal - Wheat Flakes

Jenis yang satu ini adalah sereal yang dipadatkan sehingga membentuk kepingan-kepingan.

Bentuknya tidak jauh berbeda dengan cornflake, hanya saja wheat flakes memiliki tekstur yang lebih padat serta lebih renyah.

Wheat flakes adalah sereal yang terbuat dari gandum, sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi, karena mengandung banyak serat serta nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Sereal Granola

sereal granola

Sereal ini terbuat dari granola, yaitu biji oat yang sudah dipanggang serta dikeringkan, yang akhirnya membuat teksturnya menjadi renyah. Tekstur yang renyah ini juga terbentuk tidak hanya dari granola, melainkan dari beberapa biji-bijian yang ditambahkan.

Untuk soal rasa, sereal granola ini cebderung lebih manis, karena proses pembuatannya biasanya dicampur madu, sirup maple maupun gula kelapa. Jadi, sereal granola ini bisa langsung disantap tanpa harus menambahkan susu atau madu sebagai pemanis, karena dasarnya memang sudah manis.

5. Sereal Muesli

sereal muesli

Macam-macam sereal yang terakhir adalah sereal muesli. Sereal ini terbuat dari biji-bijian, serta kacang-kacangan yang bertekstur kering.

Kandungan nutrisi sereal muesli bagus untuk diet, karena mengandung cukup banyak serat, namun minim gula dan kalori. So, cocok banget buat menu sarapan pagi sehat Anda!

Cara menyantap sereal ini biasanya dengan menambahkan jus, sehingga membuatnya menjadi lebih lembut dan makin enak untuk disantap.

Baca Juga:

Itulah macam-macam sereal yang cocok dikonsumsi untuk mendukung program diet Anda. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Ardiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *