10 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan yang Perlu Anda Tahu!

manfaat air kelapa untuk kesehatan

Manfaat air kelapa untuk kesehatan – Akhir-akhir ini, minuman sehat ini menjadi favorit bagi banyak orang.

Selain karena rasanya yang enak dan juga menyegarkan, ternyata air kelapa juga memiliki manfaat kesehatan yang bagus untuk tubuh Anda.

Berikut ini adalah 10 manfaat air kelapa untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, seperti yang dikutip Healthline:

1. Air Kelapa adalah Sumber Nutrisi

Manfaat air kelapa untuk kesehatan yang pertama: Minuman ini memiliki sangat sedikit kandungan lemak dan sebagian besar 94% kandungan air.

Dalam satu gelas (240 gram) mengandung 46 kalori, serta:

  • Karbohidrat: 9 gram.
  • Serat: 3 gram.
  • Protein: 2 gram.
  • Vitamin C: 10%
  • Magnesium: 15%
  • Mangan: 17%
  • Kalium: 17%
  • Sodium: 11%
  • Kalsium: 6%

2. Mengandung Antioksidan

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi di sel Anda selama metabolisme.

Produksinya akan meningkat sebagai respons terhadap stres atau cedera.

Ketika ada terlalu banyak radikal bebas, tubuh akan berada dalam keadaan stres oksidatif, yang dapat merusak sel dan meningkatkan resiko penyakit.

Penelitian pada hewan yang terpapar racun telah menunjukkan bahwa air kelapa mengandung antioksidan, memodifikasi radikal bebas sehingga mereka tidak lagi menyebabkan bahaya.

Mungkin Anda pernah mendengar jika ada yang keracunan, salah satu pertolongan pertamanya adalah dengan memberikan air alami ini.

Satu studi menemukan bahwa tikus dengan kerusakan hati menunjukkan peningkatan signifikan dalam stres oksidatif ketika mereka diobati dengan air kelapa, dibandingkan dengan tikus yang tidak menerima pengobatan.

Dalam penelitian lain, tikus diberi diet tinggi fruktosa dan kemudian diobati dengan air kelapa.

Hasilnya, aktivitas radikal bebas menurun, serta diikuti dengan menurunya tekanan darah, trigliserida dan kadar insulin.

Namun sejauh ini, belum ada penelitian yang menyelidiki aktivitas antioksidan ini pada manusia.

3. Memiliki Manfaat untuk Melawan Diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa minuman menyegarkan ini dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan penanda kesehatan lainnya pada hewan diabetes.

Dalam satu penelitian tentang manfaat air kelapa untuk diabetes: tikus diabetes yang diobati dengan air kelapa mempertahankan kadar gula darah yang lebih baik daripada tikus diabetes lainnya.

Penelitian yang sama juga menemukan bahwa tikus memiliki kadar hemoglobin A1c yang lebih rendah, ukuran kontrol gula darah jangka panjang.

Studi lain menemukan bahwa menyediakan air untuk tikus dengan diabetes menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan pengurangan penanda stres oksidatif, termasuk malondialdehyde.

Namun, penelitian terkontrol perlu mengkonfirmasi efek ini pada manusia.

Selain itu, manfaat air kelapa untuk kesehatan adalah sebagai sumber magnesium yang baik, dan telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dan pradiabetes

4. Mencegah Batu Ginjal

Menkonsumsi cukup cairan penting untuk pencegahan batu ginjal. Meskipun air biasa adalah pilihan yang bagus, sebuah studi menunjukkan bahwa minuman menyegarkan ini mungkin lebih baik.

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat dan senyawa lainnya bergabung membentuk kristal dalam urin. Ini kemudian dapat membentuk batu.

Dalam sebuah penelitian pada tikus dengan batu ginjal, air kelapa ditemukan mampu menjaga kristal menempel ke ginjal dan bagian lain dari saluran kemih.

Selain itu juga akan mengurangi jumlah kristal yang terbentuk di urin.

Para peneliti percaya bahwa itu membantu mengurangi produksi radikal bebas yang terjadi dalam menanggapi kadar oksalat tinggi dalam urin.

5. Bagus untuk Kesahatan Jantung

Minum air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian, tikus yang mengonsumsi air ini mengalami penurunan kolesterol darah dan trigliserida.

Mereka juga mengalami penurunan lemak hati secara signifikan.

Para peneliti yang sama melakukan penelitian lain, di mana tikus diberi makan diet yang sama dan diperlakukan dengan dosis yang sama (4 ml / 100 g berat badan) air kelapa.

Setelah 45 hari, minuman ini mengalami penurunan kadar kolesterol dan trigliserida yang menyaingi efek obat statin yang digunakan untuk menurunkan kolesterol.

Namun, penting untuk dicatat bahwa ini adalah dosis yang sangat besar. Untuk manusia, itu akan setara dengan 150 lb (68 kg) orang mengkonsumsi 91 oz (2,7 liter) air kelapa per hari.

Walaupun demikian, temuan bahwa air kelapa memiliki manfaat untuk mengurangi kolesterol seefektif obat statin, sangat mengesankan dan harus diselidiki lebih lanjut.

6. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat air kelapa untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat menurunkan tekanan darah.

Air kelapa juga bisa menjadi minuman yang bagus untuk menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Satu penelitian kecil dilakukan dengan memberi minuman ini kepada orang-orang dengan tekanan darah tinggi.

Sebanyak 71% mengalami peningkatan yang signifikan terhadap tekanan darah sistolik, yang merupakan angka yang lebih tinggi dari pembacaan tekanan darah.

Kalium telah terbukti menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi atau normal. Berita baiknya, kalium terdapat pada air yang lezat ini!

Terlebih lagi, satu penelitian pada hewan menemukan bahwa manfaat air kelapa untuk kesehatan dapat mencegah pembentukan gumpalan darah, karena minuman ini memiliki aktivitas anti-trombotik.

7. Memulihkan Stamina Setelah Berolahraga

Air kelapa bisa menjadi minuman yang sempurna untuk memulihkan hidrasi dan mengisi elektrolit yang hilang selama berolahraga.

Elektrolit adalah mineral yang memiliki peran penting dalam tubuh, termasuk mempertahankan keseimbangan cairan yang tepat, termasuk potasium, magnesium, natrium dan kalsium.

Dua penelitian menemukan bahwa minuman ini dapat memulihkan hidrasi setelah berolahraga lebih baik daripada air, dan sama dengan minuman ber-elektrolit tinggi.

Itu sebabnya ada beberapa produk minuman elektrolit yang menggunakan bahan dasar air kelapa untuk pembuatannya.

8. Sumber Hidrasi yang Lezat

Saat cuaca panas, minum segelas air kelapa dapat menyegarkan, menghilangkan dahaga, sekaligus menghidrasi tubuh.

Bisa dibilang, mengonsumsi air kelapa adalah cara menghidrasi tubuh yang lezat dibanding minum air putih biasa.

Minuman ini memiliki rasa sedikit manis, halus seperti kacang dan juga cukup rendah kalori serta karbohidrat.

Selain itu juga dapat dikonsumsi langsung dari kelapa hijau atau dalam botol. Hindari merek dengan tambahan gula, pemanis, atau rasa.

Baca juga: Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

9. Menurunkan Berat Badan

Kabar baik untuk Anda yang sedang diet! Ternyata, manfaat air kelapa juga bagus untuk menurunkan berat badan.

Air menyegarkan ini mengandung kalori yang cukup rendah, serta relatif aman untuk lambung.

Bio aktif enzim yang terdapat pada air alami ini juga mampu menghancurkan lemak serta membantu proses metabolisme tubuh.

Potasium yang terdapat pada air ini juga ampuh untuk menjaga sodium dalam tubuh.

Terlalu banyak sodium akan membuat tubuh Anda berat oleh air (water weight), itu karena sifat sodium yang bisa mengikat air.

Baca juga: Manfaat buah Nanas

10. Menghambat Penuaan

Anda ingin awet muda? Jangan lupa rutin konsumsi air kelapa!

Air alami ini adalah salah satu “obat awet muda” alami.

Air kelapa mampu menghambat penuaan sel-sel tubuh, itu karena kandungan Cytokinins yang terdapat pada minuman menyegarkan ini.

Kalau sel-sel tubuh terus beregenerasi dengan maksimal, maka resiko terkena penyakit degeneratif pun semakin berkurang.

Baca juga: Manfaat Bengkoang

Itulah segudang manfaat air kelapa untuk kesehatan kita. Perlu diingat, jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya, karena apapun yang berlebihan itu tidak baik untuk kita. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Ardiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *