10 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan yang Ajaib

Diposting pada

Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan – Banyak orang yang sudah tahu kalau buah jambu biji mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Namun, mungkin banyak yang belum tahu kalau daun jambu biji juga memiliki manfaat yang tak kalah pentingnya untuk kesehatan.

Daun jambu biji punya segudang khasiat yang berguna untuk pengobatan serta pemeliharaan kesehatan.

Hal tersebut didukung oleh kandungan yang terdapat di dalamnya, seperti kaya akan antioksidan dan tanin.

Selain itu, daun jambu biji juga memiliki sifat anti-inflamasi dan sifat antibakteri.

Ketika diseduh seperti membuat teh, daun jambu melepaskan vitamin C dan flavonoid seperti quercetin yang penting untuk menjaga kesehatan. Selain itu, daun ini juga dianggap sebagai pereda nyeri alami.

manfaat daun jambu biji untuk kesehatan

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Jika Anda penasaran, di bawah ini adalah beberapa manfaat daun jambu biji untuk kesehatan. Apa saja? Baca sampai habis!

1. Obat Diare

Daun jambu biji dikenal sangat ampuh menjadi obat diare alami, bahkan beberapa obat-obatan kimia menggunakan ekstrak daun jambu biji sebagai bahan pembuatannya.

Jika Anda menderita diare, minum teh daun jambu biji, minum kapsul ekstraknya, atau menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam secangkir air hangat, dipercaya dapat membantu mengobati diare.

Dalam sebuah penelitian dijelaskan bahwa daun ini juga memiliki sifat antidiare.

Masyarakat Indonesia sendiri sudah umum dengan manfaat daun jambu biji untuk kesehatan yang satu ini. Bahkan, sudah digunakan sejak dahulu sebagai pengobatan alami.

2. Mencegah Kanker

Daun jambu biji kaya akan likopen yang memiliki sifat melawan kanker dan dapat melawan kanker payudara, kanker prostat, dan kanker mulut.

Menurut sebuah penelitian, daun memiliki kemampuan untuk menghentikan produksi androgen, hormon pria yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel kanker pada beberapa jenis kanker prostat.

Manfaat lain dari ekstrak daun jambu biji lainnya ialah mampu mengobati pasien dengan kanker lambung.

Daun jambu biji mengandung quercetin, likopen, dan vitamin C yang memiliki sifat antikanker dan antitumor. Mereka bekerja dengan menetralisir kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Cancer Letters menunjukkan bahwa, minyak atsiri jambu biji dapat memperlambat aktivitas kanker pada pasien dengan kanker lambung, karena kaya akan konsentrasi tanin, aromandreno, triterpenoid, nerolidol, caryophyllene, beta bisabolene, dan p-selinene.

3. Melawan Obesitas

Ekstrak daun jambu biji dapat membantu menurunkan berat badan, karena menghentikan pati kompleks dari konversi menjadi gula.

Pertambahan berat terjadi ketika gula dimetabolisme oleh hati dan dikonversi menjadi lemak, yang kemudian disekresikan ke dalam darah.

4. Menurunkan Kolesterol

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Metabolism, mengonsumsi ekstrak daun jambu biji selama berbulan-bulan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida tanpa menimbulkan efek samping.

5. Mengontrol Diabetes

Minum teh daun jambu biji dianggap bermanfaat bagi penderita diabetes.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Metabolism, ekstrak daun jambu dapat mencegah perkembangan diabetes tipe 2.

6. Mengobati Penyakit Gusi

Sifat anti-inflamasi dan antibakteri dari daun jambu biji mampu melindungi gigi dan gusi dari peradangan, serta masalah gigi dan gusi, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacognosy Review.

7. Menyembuhkan Demam Berdarah

Seseorang yang menderita demam berdarah memiliki jumlah darah yang rendah, sehingga asupan daun ini dianggap sebagai cara yang baik untuk meningkatkan trombosit, serta membantu untuk menghindari pendarahan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Natural Medicines.

8. Baik untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Daun jambu ini juga baik untuk kulit Anda, karena dapat membantu menghilangkan jerawat, memudarkan bintik-bintik gelap dan menghilangkan keriput.

Selain kulit, daun jambu biji juga bermanfaat untuk pertumbuhan rambut.

9. Bagus untuk Kesehatan Mata

Banyak orang mengira bahwa hanya wortel saja yang dinilai efektif untuk kesehatan mata, tetapi ternyata daun jambu biji juga memiliki manfaat untuk kesehatan mata.

Di dalam daun jambu, terkandung vitamin A yang cukup tinggi, sehingga baik untuk kesehatan mata.

Selain itu, juga dapat mengurangi risiko terkena katarak dan degenerasi makula.

10. Baik untuk Otak

Selain beberapa manfaat daun jambu biji untuk kesehatan di atas, khasiat lain dari bahan alami ini juga bagus untuk kesehatan otak.

Kandungan vitamin B6 dan B3 pada daun, dipercaya mampu untuk melancarkan sirkulasi darah ke otak.

Di samping itu, kandungan tersebut pun mampu untuk meningkatkan fungsi kognitif serta menenangkan saraf. Baca juga: Makanan yang baik untuk otak.

Cara Membuat Teh Daun Jambu Biji

Ada beberapa cara untuk mengonsumsi daun jambu biji, salah satu cara terbaik adalah membuatnya sebagai seduhan seperti teh.

  • Bahan: 6 lembar daun jambu biji dan 1 liter air
  • Cara membuat: Cuci daun dengan benar pada air bersih yang mengalir. Rebus daun dalam 1 liter air selama sekitar 10 menit. Saring airnya, tambahkan sedikit madu untuk pemanis rasa. Nikmati tehnya!

Baca Juga:

Itulah beberapa manfaat daun jambu biji untuk kesehatan. Semoga bisa menambah wawasan Anda tentang obat-obatan herbal yang mudah dijumpai disekitar Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *