10 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Wajah

Diposting pada

Manfaat lidah buaya untuk kulit wajah – Tanaman yang memiliki nama latin Aloe Vera ini memang terkenal dengan khasiatnya yang luar biasa, yang paling menonjol adalah manfaatnya untuk rambut. Namun, sebenarnya lidah buaya juga bisa digunakan untuk kecantikan wajah.

Awalnya, lidah buaya berasal dari wilayah Mediterania, namun belakangan sudah dibudidayakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Yang membuat lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk wajah, ialah karena terdapat banyak kandungan yang berguna untuk kulit dan juga rambut.

Tak heran kalau beragam produk kecantikan memanfaatkan tanaman herbal ini sebagai bahan baku pembuatannya.

Jika Anda penasaran mengenai apa saja manfaat lidah buaya untuk kulit wajah, berikut telah Kami rangkum dari berbagai sumber beberapa khasiatnya.

manfaat lidah buaya untuk kulit wajah

1. Menghaluskan Kulit

Siapa yang tak ingin punya kulit wajah halus, mulus dan lembut? Semua orang menginginkannya, tidak hanya para wanita saja. Oleh sebab itu, cobalah gunakan perawatan wajah alami dengan lidah buaya.

Tak dapat dipungkiri, kandungan dalam lidah buaya mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan melahirkan sel-sel kulit baru yang lebih sehat dan kuat, sehingga kulit akan terasa halus dan lembut.

Itu semua karena percepatan pembelahan sel-sel keratinosit, atau sel yang menghasilkan keratin pada kulit.

Percepatan pembelahan sel keratinosit terjadi karena terdapatnya kalsium dan antioksidan pada lidah buaya.

2. Sumber Antioksidan yang Baik untuk Kulit Wajah

Jika Anda tinggal di kota-kota besar yang syarat akan polusi, maka Anda memerlukan asupan antioksidan untuk mencegah dampak buruk radikal bebas tersebut.

Lidah buaya, adalah sumber antioksidan alami yang penting untuk melindungi kulit dari efek berbahaya tersebut.

Selain itu, lidah buaya juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti, vitamin A, vitamin C dan Vitamin E. Kesemua vitamin tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, termasuk kulit wajah.

3. Melembabkan Kulit Wajah

Kelembaban diperlukan untuk mencegah kekeringan pada wajah, yang pada akhirnya bisa menyebabkan wajah terlihat kusam.

Jika ingin membuat wajah lembab secara alami, maka lidah buaya bisa mewujudkan itu semua.

Kandungan zat polisakarida dan sterol pada lidah buaya, terbukti mampu mempertahankan kelembaban kulit.

So, sebagai pengganti pelembab wajah yang berbahan dasar kimia, tak ada salahnya menggunakan bahan alami dari lidah buaya ini.

4. Menyembuhkan Luka Bakar

Jika terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung, kulit wajah bisa memerah dan seperti terbakar. Untuk meredakannya, cobalah gunakan manfaat lidah buaya untuk wajah yang satu ini.

Lidah buaya, mengandung zat anti-inflamasi yang dipercaya bisa menyembuhkan luka luar.

Selain itu, zat anti bakteri pada tanaman herbal ini juga bisa memusnahkan bakteri, sehingga luka akan cepat sembuh.

Tidak hanya itu, gel lidah buaya juga bersifat dingin, sehingga jika dioleskan pada area luka bakar, akan mendinginkan kulit dan meredakan rasa panas terbakar.

Tak jarang luka bakar akan meninggalkan bekas, untuk mengatasinya Anda bisa membaca: Cara menghilangkan bekas luka di wajah.

5. Menghilangkan Jerawat

Jika Anda sudah bersusah payah untuk menghilangkan jerawat membandel namun belum kunjung sembuh, cobalah gunakan bahan alami seperti lidah buaya ini.

Lidah biaya memiliki sifat anti-mikroba yang ampuh untuk melawan bakteri yang menyebabkan jerawat. Di samping itu, Aloe Vera ini juga bisa menghilangkan komedo.

Kalau ingin mendapatkan manfaat lidah buaya untuk menghilangkan jerawat pada kulit wajah, caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan gel (daging lidah buaya) pada wajah yang berjerawat.

Jika ingin lebih kuat lagi efek penyembuhannya, campur dengan beberapa tetes madu murni.

Baca Juga: Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat

6. Mencegah Penuaan

Anda pasti tahu harga krim anti-aging yang beredar di pasaran. Tidak murah bukan? Untuk menghemat budget, sesekali Anda perlu coba menggunakan masker lidah buaya.

Salah satu manfaat lidah buaya untuk kulit wajah adalah bisa membuat Anda tampil awet muda.

Zat antioksidan alami lidah buaya, dipercaya dapat menyamarkan garis-garis kerutan di wajah, sehingga Anda akan tampak lebih muda.

Cara menggunakan lidah buaya sebagai krim anti-aging alami cukup mudah.

Pertama, Anda bisa menghaluskan daging atau gel lidah buaya dan menambahkan air mawar secukupnya.

Lalu, aduk sampai mengental seperti pasta. Lanjutkan dengan memijat dengan lembut wajah selama dua atau tiga menit dan biarkan sampai kering, sekitar 15 sampai 20 menit.

Terakhir, bilas dengan air bersih dan keringkan.

7. Membersihkan Kulit Wajah dan Sisa Make Up

Bagi yang suka menggunakan make up, terkadang sulit sekali untuk dibersihkan. JIka sudah begitu, cobalah gunakan lidah buaya sebagai pembersih alami.

Caranya, oleskan lidah buaya pada wajah, lalu gosok dengan scrub atau kapas. Dengan begitu, kulit menjadi bersih dan terbebas dari sisa make up.

Jika ingin digunakan untuk membersihkan wajah saja (tanpa make up) juga bisa, caranya sama seperti di atas.

Manfaat lidah buaya untuk kulit wajah, akan membersihkan kotoran sampai pori-pori, sekaligus melembabkan dan menyegarkan wajah.

Kalau ingin tutorial lengkap mengenai cara membersihkan make up, Anda bisa baca: 5 Cara Membersihkan Make Up dengan Baik dan Benar.

8. Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Bibir adalah salah satu bagian wajah yang tak kalah penting untuk dirawat kecantikannya. Karena dengan bibir yang merah merona, itu bisa menjadi daya tarik tersendiri, terutama untuk kaum hawa.

Bibir yang pecah-pecah, itu tanda bibir kering karena kurangnya kelembaban.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lidah buaya mampu melembabkan kulit wajah, termasuk pada bibir yang mengalami kekeringan tersebut.

Cara penggunaannya, oleskan gel lidah buaya yang ditambah dengan vitamin E pada area bibir.

Selain dapat membantu mengatasi bibir yang pecah-pecah, Aloe Vera ini juga mampu mengembalikan warna bibir Anda menjadi merona kembali.

9. Menebalkan Alis

Bagi sebagian orang, mempunyai alis yang tebal dan rapi, memiliki daya tarik kecantikan tersendiri. Walau saat ini para wanita lebih suka mencukur alisnya dan ditebalkan dengan pensil alis atau di tato.

Kalau Anda mempunyai alis tipis dan ingin membuatnya lebih tebal, maka Anda bisa menggunakan manfaat lidah buaya untuk wajah yang satu ini.

Sama efeknya seperti manfaat lidah buaya untuk rambut, tanaman Aloe Vera mampu menyuburkan, sekaligus membuat alis terlihat berkilau dan segar.

Kalau ingin memanfaatkan lidah buaya sebagai penebal alis, Anda cukup menyapu bagian alis dengan gel lidah buaya menggunakan kuas maskara yang bersih.

Jika dilakukan secara rutin, maka alis yang tebal dan indah bukan lagi hal yang mustahil.

10. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat lidah buaya untuk kulit wajah terakhir bisa mencerahkan kulit. Siapa yang tak ingin mempunyai wajah cerah alami?

Banyak para wanita yang menghabiskan banyak uang untuk ke salon mahal atau membeli produk-produk pencerah wajah agar mendapatkan wajah yang bersinar.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan masker lidah buaya sebagai pencerah alami wajah.

Karena lidah buaya bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan melahirkan sel kulit baru, maka wajah Anda akan terlihat cerah dan tidak kusam lagi.

Di samping mencerahkan wajah, lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan flek-flek hitam yang dapat menganggu penampilan Anda.

Baca Juga:

Berbagai manfaat lidah buaya untuk kulit wajah di atas, akan terasa khasiatnya bila Anda rutin melakukan perawatannya. Jangan lupa untuk konsumsi makanan yang bernutrisi sebagai asupan pendukung dari dalam, agar wajah senantiasa terlihat cantik alami, dan yang pasti sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *