7+ Manfaat Origami untuk Anak yang Menakjubkan

Diposting pada

Origami merupakan sebuah seni keterampilan melipat kertas yang asalnya dari Jepang. Secara bahasa, origami berarti “lipat kertas,” “Ori” adalah lipat dan “gami” kertas. Di negara asalnya, anak-anak mempelajari kesenian ini di lutut ibunya. Berikut adalah manfaat origami untuk anak yang menakjubkan.

manfaat origami untuk anak

Di negara-negara selain Jepang, termasuk Indonesia, anak-anak mempelajari seni origami di sekolah-sekolah. Dari mulai Pre-school hingga TK, bahkan sampai kelas 1-2 SD.

Ada banyak jenis origami yang bisa dibuat dan dimodifikasi oleh anak-anak, seperti membuat burung, kapal, perahu dan berbagai lipatan lainnya. Hal tersebut yang membuat anak menjadi tertarik dengan kegiatan melipat kertas ini.

Bukan tanpa sebeb seni dari Jepang ini menjadi salah satu kegiatan yang diajarkan di sekolah, selain seni melipat kertas ini sangat menyenangkan dan digemari murid, ternyata origami juga memiliki segudang manfaat yang menakjubkan untuk perkembangan keterampilan anak.

Tak hanya memiliki banyak manfaat, alasan lain kenapa origami begitu populer adalah karena kegiatannya yang simpel, tak perlu banyak peralatan, cukup bermodalkan kertas lipat saja.

Kalau Anda penasaran apa saja manfaat origami untuk anak, berikut Kami telah merangkum dari berbagai sumber tentang keunggulan seni melipat kertas ini dalam hubungannya dengan tumbuh kembang anak.

Manfaat Origami untuk Anak

Sebuah penelitian telah menyimpulkan bahwa origami adalah kegiatan yang memiliki manfaat dan unik bagi kurikulum di tahun-tahun awal sekolah.

Kegiatan ini tak hanya menyenangkan, tetapi merupakan sebuah metode yang bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan penting anak. Di bawah ini adalah beberapa manfaat origami untuk anak:

1. Meningkatkan Kemampuan Matematis

Merubah sepotong kertas datar menjadi bentuk tiga dimensi (atau figur lainnya) merupakan pembelajaran berharga untuk anak dalam hal penalaran spasial.

Selain itu, dalam hubungannya dengan matematika, seni yang berasal dari Jepang ini juga mengajarkan simetri. Sebagian besar lipatan, apa pun yang dilipat pada satu bagian, akan dilipat juga dengan pola yang sama di bagian lain. Hal tersebut tentu ada hubungannya bentuk, bangun serta ruang.

Origami juga memungkinkan siswa untuk membentuk dan memanipulasi bentuk geometris dasar, misalnya kotak, persegi panjang, serta segitiga, yang mana hal tersebut berhubungan dengan pelajaran matematika. Tentunya kalau anak-anak sering melakukan kegiatan ini, kemampuan matematisnya pun akan berkembang dengan baik.

2. Pengalaman Kerja Sama

Manfaat positif dari origami lainnya adalah sebagai media pembelajaran kerja sama anak. Seni melipat kertas ini sangat cocok untuk dikerjakan secara berkelompok atau masal.

Dalam kegiatan yang bisa dilakukan secara masal ini, terkadang tidak hanya dilakukan oleh anak seumuran, bisa saja mereka bergabung dengan yang berbeda usia – lebih tua atau lebih muda. Tak jarang yang lebih muda justru mengajari yang lebih tua, begitu pun sebaliknya. Sehingga hal tersebut akan memberikan pengalaman kerja sama yang baik pada anak, baik kepada yang seumuran maupun berbeda usia.

Beberapa guru melaporkan bahwa anak yang tidak pandai dalam bidang lain, tetapi mereka justru terampil dalam seni origami ini. Bahkan mereka bisa membantu teman-temannya menyelesaikan tugas dari guru – dalam kaitannya dengan origami.

3. Origami sebagai Media Alternatif

Anak zaman sekarang dan gadget seperti dua hal yang tak terpisahkan. Padahal, gadget banyak sisi negatifnya bagi anak. Salah satunya anak bisa jadi kuper, karena lebih senang bermain dalam rumah dengan gadgetnya dibandingkan dengan bermain dengan teman-temannya di luar rumah.

Salah satu manfaat origami adalah bisa menjadi media alternatif untuk anak. Kegiatan tersebut menyenangkan dan bisa menjadi pengalih bagi anak dari kecanduan gadget. Apalagi kegiatan melipat kertas tersebut selalu dilakukan bersama-sama di Sekolah, tentu hal itu bagus buat perkembangan sosial anak.

4. Meningkatkan Keterampilan Perilaku

Manfaat origami lainnya adalah dapat meningkatkan keterampilan perliaku anak. Seni melipat kertas ini merupakan contoh nyata dari pembelajaran skematis dengan melakukan tindakan berulang.

Agar bisa melipat dengan baik, murid harus memperhatikan dengan jeli dan mendengarkan apa yang diinstruksikan guru, lalu menerapkannya dengan akurasi dan kerapian. Dengan begitu, secara tidak langsung origami telah meningkatkan keterampilan perilaku, yang tentunya sikap tersebut akan selalu diingat anak hingga dewasa.

5. Kesadaran multi-budaya

Berawal dari Asia, seni melipat kertas ini menggambarkan keuletan dan seni budaya Jepang. Dengan mengikuti kegiatan origami, tentunya anak akan lebih mengeksplorasi budaya tersebut, dan tak menutup kemungkinan untuk mempelajari budaya negara lainnya juga.

6. Perkembangan Kognitif Anak

Salah satu manfaat origami lain yang tak kalah penting adalah bagus untuk perkembangan kognitif anak. Melalui kegiatan origami ini, anak-anak bekerja menggunakan tangan mereka dan mengikuti arahan-arahan tertentu secara teratur, yang akan menghasilkan karya nyata dengan cara menyenangkan.

Piaget, seorang psikolog perkembangan anak terkenal mengatakan, ÔÇťaktivitas motorik dalam bentuk gerakan terampil sangat penting untuk pengembangan pemikiran intuitif dan representasi mental ruang”.

7. Meningkatkan Kreativitas

Sudah pasti origami memiliki manfaat dalam peningkatan kreativitas anak. Seni dalam format apapun pastinya akan mengasah kreativitas anak. Pada mulanya anak hanya mengikuti apa yang diajarkan gurunya, kemudian mereka akan berkembang dan menciptakan lipatan-lipatan baru sendiri.

Anak akan memulai proses kreatif nya dengan berimajinasi tentang sosok idolanya, kemudian membayangkan apa jadinya kalau sosok tersebut dibentuk dengan kertas lipat. Dengan seringnya anak berproses kreatif, tentu daya kreativitasnya akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Manfaat Seni Melipat Kertas Lainnya

Selain beberapa manfaat positif origami untuk anak seperti yang dijelaskan di atas, di bawah ini adalah beberapa manfaat seni melipat kertas lainnya, seperti:

  • Menstimulasi daya imajinasi anak. Ketika anak-anak akan menciptakan karya seni mereka sendiri dengan origami, manfaat lain yang bisa didapat adalah imajinasi mereka akan terstimulasi.
  • Koordinasi tangan dan mata. Untuk menciptakan lipatan yang sempurna menggunakan teknik melipat yang benar, dibutuhkan ketelitian dan koordinasi antara tangan-mata yang sangat baik.
  • Kesabaran dan ketekunan. Anak-anak akan belajar bahwa mereka terkadang perlu usaha lebih agar lipatan yang mereka buat menjadi sempurna. Mempelajari pentingnya trial and error akan sangat berguna bagi anak saat dewasa.
  • Meningkatkan daya ingatan anak. Karena origami mengharuskan anak untuk mengingat urutan dan jenis lipatan untuk rakitan yang benar, otomatis keterampilan ingatan anak akan terlatih secara konstan.
  • Meningkatkan konsentrasi, baik secara visual maupun mental. Untuk membuat hasil karya yang bagus, tentunya diperlukan konsentrasi yang baik pula. Dengan seringnya anak berkonsentrasi pada satu hal, tentunya itu baik bagi peningkatan konsentrasi mereka.
  • Peningkatan harga diri. Setiap prestasi atau hasil karya yang diciptakan anak, pastinya hal itu menjadi dorongan moral.
  • Relaksasi. Anak-anak dapat mengalihkan pikiran mereka dari situasi atau stres lainnya, dengan cara berkonsentrasi pada hobi baru – origami.

Well, itulah manfaat origami untuk anak yang memiliki dampak yang baik. Semoga sebagai orang tua kita bisa mendorong anak-anak agar menyukai seni kreatif ini.

Baca juga:

Berikut adalah contoh video origami yang bisa Anda ajarkan pada anak:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *