5 Manfaat Positif Media Sosial yang Sangat Powerful

Diposting pada
manfaat positif media sosial

Manfaat Positif Media Sosial yang Sangat Powerful – Lihatlah sekitar Anda, siapa orang disekitar Anda yang tidak punya akun Facebook?

Mungkin dari 10 orang, hanya 1 orang yang tidak punya akun FB. Itu menandakan bahwa penggunaan media sosial sudah sangat umum sekali di zaman sekarang.

Perkembangan medsos begitu pesat seiring bertumbuhnya penggunaan smartphone di kalangan masyarakat.

Bahkan, salah satu alasan mengapa orang membeli smartphone adalah agar mereka bisa menggunakan media sosial.

Namun belakangan ini banyak orang yang sudah agak muak dengan berita-berita yang beredar di media sosial.

Hal itu terjadi karena banyak sekali berita HOAX yang beredar dan dengan mudahnya pembaca membagikan berita tersebut tanpa crosscheck kebenarannya terlebih dahulu.

Tak bisa dipungkiri bahwa media sosial bisa berakibat buruk dan memberikan dampak negatif bagi penggunanya, namun di sisi lain medsos juga banyak memberikan manfaat positif bagi penggunanya.

Medsos ini ibarat mata pisau, tergantung bagaimana Anda menggunakannya!

Manfaat Positif Media Sosial

Kali ini My Simple Tricks akan bahas mengenai manfaat postif dari penggunaan media sosial yang sangat powerful. Berikut beberapa manfaat positifnya:

1. Menjalin Silaturahmi

Menurut Saya, hal inilah yang paling bermanfaat dari media sosial. Menjalin silaturahmi itu bagus dan sangat dianjurkan bagi agama manapun.

Karena dari silaturahmi, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan. Anda pasti sudah tau mengenai manfaat silaturahmi, jadi Saya tidak perlu menjelaskannya lagi.

Selain itu, manfaat positif media sosial lainnya yang bisa kita dapatkan adalah bertemu dengan kawan lama.

Banyak orang yang bertemu dengan teman lama yang sudah putus kontak sama sekali lewat media sosial ini.

2. Sumber Informasi

Memang banyak sekali berita HOAX yang beredar dan sulit dibendung, namun banyak juga kok berita yang benar-benar valid dan bisa dipertanggung jawabkan. Berita valid inilah yang memberikan dampak positif bagi pengguna.

Dulu, untuk mendapatkan informasi kita harus beli koran, nonton berita di TV, dengar radio dll. Sekarang, semua informasi yang ada di koran, TV dan Radio tersebut, pasti ada di media sosial, pasti ada yang membagikan.

Bahkan, terkadang berita di media sosial lebih dulu tersiar dibanding media lainnya.

Itu karena fitur medsos yang memungkinkan setiap orang bisa share kejadian secara langsung. So, informasi bisa lebih cepat sampai kepada kita.

Baca Juga: Cara Menyikapi Berita HOAX

3. Media Komunikasi

Beberapa instansi negara juga menggunakan sarana media sosial sebagai tempat berkomunikasi kepada masyarakat.

Selain itu, manfaat media sosial juga sebagai pusat informasi untuk memberikan pengumuman tentang hal penting yang terjadi.

Contoh BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) yang memberikan informasi jika terjadi gempa atau bencana alam.

Kalau Anda punya akun twitter, Anda bisa follow akun @infoBMKG. Menurut Saya, akun tersebut penting untuk di follow dan kredibel pastinya.

Selain instansi negara, para artis juga menggunakan media sosial untuk berkomunikasi dengan fans mereka.

So, para fans setia dengan mudah mendapat informasi tentang artis kesayangan mereka, selain itu juga bisa chat langsung dengan idolanya.

4. Sebagai Media Promosi

Saya ingat betul, sebelum Facebook booming, ada jejaring sosial namanya myspace (sampai sekarang masih ada sih).

Saat itu semua band atau musisi berlomba-lomba memajang hasil karya mereka di situs tersebut, karena untuk tampil di media mainstream sangat sulit sekali.

Kehadiran myspace bisa dibilang sebagai pelepas dahaga musisi sekaligus media alternatif untuk mempopulerkan karya mereka.

Jika bicara soal jual beli, media sosial jagonya! Inilah salah satu manfaat media sosial yang juga powerful sekali.

Ada banyak platform medsos yang sangat bagus digunakan untuk jualan atau mencari barang / jasa online, seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

5. Media Pembelajaran

Manfaat Media sosial yang terakhir adalah sebagai media pembelajaran. Banyak ilmu yang bisa kita dapatkan kalau kita bergabung dengan grup-grup yang spesifik.

Selain itu, kita juga bisa tanya-jawab dengan member lain. Kegiatan tersebut tentunya sulit kita lakukan saat media sosial belum ada.

Baca Juga:

Tips Bijak Menggunakan Media Sosial

Bijaksanalah dalam menggunakan media sosial, terutama berhati-hatilah tentang apa yang Anda posting.

Postingan Anda dapat dilihat oleh semua orang, dan Anda perlu tahu, jejak digital itu mudah dilacak dan sulit dihilangkan!

Berikut ini beberapa tips bijak menggunakan media sosial:

  • Batasi waktu penggunaan media sosial. Ingat, Anda punya kehidupan yang lain.
  • Saring informasi yang Anda dapat, crosscheck dengan pihak terkait, bandingkan dua arah. Jangan terburu-buru untuk membagikan sesuatu. Kalau yang Anda bagikan sesuatu yang tidak benar, itu artinya Anda turut menyebar HOAX. Hati-hati ada UU ITE lho!
  • Hargai privasi Anda sendiri. Tidak semua apa yang Anda alami harus dipublikasikan.
  • Follow akun-akun yang kredibitasnya tidak diragukan, seperti BMKG. Sehingga berita yang Anda dapat valid dari sumber yang jelas.
  • Gunakan kata-kata yang baik dalam berkomentar atau membuat status. Statusmu harimaumu!
  • Jangan mudah tersulut emosi atau ikut memperkeruh keadaan. Berekspresi atau mengemukakan pendapat boleh, tapi tetap dengan kepala dingin ya!

Well, itulah 5 manfaat media sosial yang membawa dampak positif serta bagaimana cara bijak dalam menggunakannya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *