7 Manfaat Positif Renang untuk Anak

manfaat renang untuk anak

Manfaat renang untuk anak – Mengajarkan anak Anda untuk berenang dan mendorongnya untuk berenang secara rutin, dapat memiliki manfaat yang signifikan untuk kesehatan dan keselamatannya.

Sebenarnya tidak hanya untuk anak-anak saja, berenang juga bagus untuk orang dewasa dan telah terbukti memberikan banyak manfaat positif.

Pelajaran renang masih merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler paling populer yang diminati anak-anak.

Orang tua mendaftarkan anak mereka pada pelajaran atau ekstrakulikuler renang untuk berbagai alasan, termasuk latihan keselamatan, latihan fisik, dan interaksi sosial.

Anak-anak sangat menyukai olahraga renang, karena memang pada dasarnya mereka suka main air dan bermain-main di kolam bersama teman-temannya.

Tapi tahukah Anda, sebenarnya ada beberapa manfaat positif yang bisa didapat dari olahraga air ini selain tentang kesahatan dan keselamatan? Mari kita simak manfaat renang yang baik untuk anak!

Manfaat Renang untuk Anak

Berikut ini adalah beberapa manfaat renang untuk anak yang perlu Anda tahu:

1. Keamanan dan keselamatan

Manfaat renang untuk anak yang pertama adalah untuk keamanan dan keselamatan anak. Menurut KidsHealth.org, tenggelam adalah penyebab utama kematian kedua bagi orang-orang usia antara 5 sampai 24 tahun.

Dengan mengajarkan anak Anda untuk berenang, itu tidak hanya akan menjadikan anak perenang yang hebat, tetapi juga mendapatkan pengalaman berharga di dalam air.

Pengalaman berharga ini sangat mengurangi risiko keadaan darurat jika anak Anda secara tidak sengaja jatuh ke kolam yang tidak dijaga, atau terseret ombak laut saat mereka bermain di pinggir pantai.

2. Kesehatan fisik

Berenang adalah latihan kardiovaskular yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas, meningkatkan stamina dan bahkan bagus untuk keseimbangan dan postur tubuh.

Manfaat kesehatan fisik ini tidak hanya berlaku untuk anak-anak saja, orang dewasa pun akan dapat khasiat serupa jika rutin dalam berenang.

Selain itu, manfaat berenang juga baik untuk mencegah obesitas. Seperti yang kita tahu, obesitas pada anak akhir-akhir ini marak terjadi, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Berenang juga dapat mengurangi ketegangan pada sendi dan jaringan ikat ketimbang olahraga lainnya.

3. Kesehatan emosional

Mengajak anak Anda untuk berenang juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan emosionalnya. Daya apung alami air lebih membuat rileks dibandingkan jenis olahraga lainnya, menurut 24 Hour Fitness.

Selain itu, CDC menemukan bahwa orang cenderung berolahraga untuk waktu yang lebih lama saat berenang.

Masih menurut CDC, salah satu manfaat renang untuk anak juga bagus untuk meningkatkan suasana hati secara keseluruhan, dan membantu memerangi depresi.

4. Percaya diri dan keterampilan hidup

Dengan setiap gerakan baru yang dipelajari seorang anak, mereka akan mengembangkan kepercayaan diri dan rasa bangga.

Belajar berenang juga akan membantu anak Anda belajar cara menetapkan tujuan dan bertahan sampai mereka mencapai targetnya.

Berenang juga merupakan sarana yang bagus untuk menunjukkan kepada anak Anda apa yang dapat mereka capai dengan dedikasi dan latihan teratur.

Penelitian yang dilakukan oleh Speedo juga menunjukkan bahwa berenang dapat membuat kita merasa lebih percaya diri mengenai cara pandang kita.

5. Manfaat sosial

Meskipun berenang umumnya merupakan olahraga individu, pelajaran renang akan memberi anak Anda peluang untuk mengembangkan keterampilan sosial mereka.

Ini termasuk bagaimana bertindak secara tepat di sekitar orang lain, bagaimana menghargai ruang orang lain, dan menyadari bahwa setiap orang memiliki fisik yang berbeda dan belajar pada tingkat yang berbeda.

Dengan begitu, anak akan lebih peka dan lebih tahu bagaimana caranya bersikap, menghargai dan berinteraksi di ruang publik.

6. Kesenangan

Manfaat renang untuk anak yang selanjutnya adalah untuk kesenangan. Banyak anak-anak bersenang-senang saat bermain air, entah itu di bak mandi, di kali, kolam renang atau di laut.

Perhatikan saja kalau Anda sedang mengunjungi kolam renang dekat rumah Anda, maka Anda akan mendengar anak-anak berteriak dengan gembira saat mereka menjelajahi dunia air yang menyenangkan dan mengasyikkan.

Berenang juga bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk menghabiskan waktu yang berkualitas bersama anak Anda, yang berarti Anda berdua mendapat manfaat renang ini bersama-sama.

7. Pengalihan

Lihatlah di era teknologi kini, banyak sekali ditemukan anak-anak yang sudah kecanduan gadget. Bahkan, mereka cenderung menghindari permainan offline yang dimainkan di luar rumah bersama teman-temannya. Tentu hal ini akan berdampak buruk bagi mental dan kesehatan anak.

Nah, berenang ini adalah salah satu alat pengalih yang cukup efektif untuk mengurangi interaksi anak terhadap gadget. Karena, berenang juga akan memberikan efek kesenangan sama seperti ketika anak bermain gadget.

Dengan menghabiskan waktu di kolam renang, otomatis akan mengurangi waktunya di depan layar. Dan pada akhirnya, mereka akan punya hobi baru yang mengalihkan, daripada hanya bermain gadget.

Baca Juga:

Itulah sedikit ulasan mengenai beberapa manfaat positif renang untuk anak. Mulai sekarang, luangkanlah sedikit waktu untuk mengantar anak Anda ke tempat renang favoritnya, ataupun Anda bisa mendaftarkan anak untuk ikut kelas renang. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Ardiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *