7 Manfaat Sarapan Pagi untuk Kesehatan Menakjubkan

Manfaat Sarapan Pagi untuk Kesehatan – Sarapan atau makan pagi adalah jadwal makan paling penting sepanjang hari.

Apakah tujuan Anda untuk menurunkan berat badan atau hanya untuk menjadi sehat, Anda harus menjadikan sarapan sebagai kebiasaan rutin keluarga.

Manfaatnya banyak, mulai dari menurunkan resiko diabetes hingga peningkatan rasa kenyang dan penurunan berat badan.

Ketika Anda melewatkan sarapan pagi, sebenarnya Anda memberikan sinyal pada tubuh bahwa Anda kekurang energi karena kurangnya asupan, dan Anda harus menghemat energi.

Namun, yang terjadi adalah, metabolisme Anda melambat dan tubuh Anda berusaha untuk menyimpan lemak.

Untungnya, kita sudah tidak lagi bertahan hidup di alam liar, kita memiliki sumber makanan dan kalori yang berlimpah. Namun, tubuh Anda tidak mengetahui hal ini.

Ketika memulai hari dengan makan sarapan, maka Anda akan memulai metabolisme dan berada di jalur yang benar untuk mencapai tujuan kesehatan Anda.

Dengan semua bukti luar biasa yang menunjukkan pentingnya mengkonsumsi sarapan sehat, serta banyaknya manfaat sarapan pagi untuk kesehatan kita, namun masih banyak orang yang tidak peduli dengan apa yang mereka konsumsi di pagi hari.

Menurut sebuah perusahaan riset pasar, sekitar 18% laki-laki dan 13% perempuan antara usia 35 sampai 54 tahun melewatkan makan pagi mereka.

manfaat sarapan pagi untuk kesehatan

Manfaat Sarapan Pagi untuk Kesehatan

Mungkin penjelasan di bawah ini tentang 7 manfaat sarapan pagi untuk kesehatan yang menakjubkan, akan membantu Anda memahami pentingnya makan pagi ini.

1. Sarapan mengurangi nafsu makan

Penelitian telah menunjukkan bahwa pagi hari adalah saat yang paling bagus untuk mengurangi rasa lapar dan keinginan nyemil sepanjang hari.

Aneh kan? Banyak orang melewatkan sarapan untuk menghindari makan kalori ekstra, tetapi dengan makan sarapan tinggi serat, padat nutrisi di pagi hari, Anda sebenarnya cenderung mengurangi rasa lapar sepanjang hari.

2. Anda makan lebih sedikit

Manfaat sarapan pagi poin ini sebenarnya masih terkait dengan poin pertama dari daftar ini.

Dengan mengurangi nafsu makan, Anda cenderung tidak lapar, dan dengan demikian, Anda hanya sedikit makan.

Jika Anda skeptis, sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of Nutrition pada tahun 2011 menunjukkan bahwa, subyek yang makan sarapan dilaporkan mengalami penurunan tingkat kelaparan sepanjang hari dibandingkan dengan subyek yang tidak sarapan sama sekali.

3. Meningkatkan daya ingat

Karbohidrat sangat penting untuk fungsi otak yang sehat. Dengan mengonsumsi sarapan berkualitas tinggi untuk memulai hari Anda, Anda dapat meningkatkan mood dan menurunkan tingkat stres.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat sarapan pagi juga baik untuk anak.

Anak-anak yang makan sarapan cenderung memiliki keterampilan kognitif dan berkinerja lebih baik di sekolah.

4. Mencegah diabetes tipe 2

Ternyata manfaat sarapan pagi juga baik untuk mencegah diabetes lho! Ada penelitian penting yang menyimpulkan bahwa dengan makan sarapan sehat secara teratur, akan mengurangi resiko diabetes.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan selama 10 tahun program, para peneliti menemukan bahwa orang yang secara teratur makan sarapan mengalami penurunan risiko diabetes hampir 30%.

Penjelasan tentang penelitian ini adalah, bahwa melewatkan sarapan pagi dapat menyebabkan resistensi insulin, yang merupakan fitur Diabetes Tipe 2.

5. Menurunkan resiko obesitas

Sebuah penelitian yang dilakukan di Eropa pada tahun 2010 dan diterbitkan dalam “The Critical Reviews In Food Science and Nutrition,” menunjukkan bahwa mereka yang makan sarapan mengalami penurunan risiko obesitas dan memiliki BMI (Body Mass Index) yang lebih sehat.

Tentunya hal tersebut juga harus dibarengi dengan menu diet sehat harian serta berolah raga secara teratur.

6. Bagus untuk Penderita Maag

Buat penderita penyakit maag, rasanya sarapan pagi adalah hal yang wajib. Asupan makanan dapat menetralisir asam dalam lambung.

Lambung yang terlalu lama tidak terisi akan menyebabkan perasaan tidak enak atau mual yang diakibatkan naiknya asam lambung.

7. Baik untuk Otak

Manfaat sarapan pagi terakhir adalah dapat memperbaiki kadar gula darah yang turun selama kita terlelap.

Otak manusia butuh pasokan energi untuk tetap berfungsi dengan baik, salah satunya dengan asupan makanan yang tepat.

Makan pagi adalah satu pemasok energi awal untuk otak dalam memulai hari.

Beberapa penelitian terkait sarapan dan fungsi kerja otak telah membuktikan bahwa sarapan mampu meningkatkan konsentrasi serta kemampuan otak untuk berpikir.

Baca juga:

Cara Memilih Sarapan Yang Baik

Nah, Anda sudah tahu kan manfaat sarapan pagi untuk kesehatan seperti yang dijelaskan di atas, sekarang waktunya untuk tahu cara memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi.

Ketika memilih menu sarapan pagi yang baik untuk dikonsumsi, cobalah makan makanan utuh yang penuh nutrisi.

Contohnya termasuk telur, yoghurt, oatmeal, buah, dan roti gandum utuh.

Cobalah untuk membatasi sereal manis, roti putih, dan makanan olahan lainnya.

Setelah menyimak penjelasan di atas, sekarang kita tahu bahwa kita tidak bisa mengabaikan manfaat sarapan pagi untuk kesehatan yang menakjubkan begitu saja.

Jika Anda serius tentang kesehatan dan ingin menurunkan berat badan, penting agar Anda menjaga konsumsi sarapan rutin sebagai aspek penting dari rutinitas harian Anda.

You May Also Like

About the Author: Ardiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *