10 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan yang Menakjubkan

Diposting pada
manfaat susu kambing untuk kesehatan

Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan – Pada saat ini, banyak orang yang telah menyadari bahwa beberapa dari mereka mungkin tidak cocok atau alergi dengan susu sapi, sehingga mencari alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan protein hariannya.

Salah satunya adalah menggantinya dengan susu kambing ini.

Susu kambing sendiri memiliki kandungan nutrisi yang hampir mirip dengan susu sapi, tetapi memiliki beberapa perbedaan dan dampak pada pencernaan dan kesehatan.

Banyak orang yang merasa memiliki masalah dengan susu sapi, tetapi dapat minum susu kambing tanpa masalah.

Bahkan, mereka mengklaim bahwa gejala mereka seperti: eksim, asma, kembung, sembelit, ketidaknyamanan pencernaan dan radang selaput lendir berkurang atau hilang sama sekali.

Diperlukan penelitian ilmiah yang lebih komprehensif untuk mengkonfirmasi manfaat anekdotal ini, tetapi ada sejumlah penelitian yang berfokus pada perbedaan antara kedua susu tersebut.

Susu kambing sangat bergizi, mengandung vitamin dan mineral penting (dan jumlah kalium, zat besi, dan vitamin A yang lebih tinggi daripada susu sapi) dan merupakan minuman yang ideal untuk dinikmati oleh seluruh keluarga.

Nah, buat Anda yang masih ragu ingin mengonsumsi susu kambing, berikut ini beberapa manfaat susu kambing untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui!

1. Memiliki Sedikit Protein Penyebab Alergi

Manfaat susu kambing untuk kesehatan yang pertama, susu ini memliki sedikit protein yang menyebabkan alergi.

Protein sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan dan perbaikan tubuh.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa intoleransi orang-orang terhadap susu sapi biasanya disebabkan karena protein, khususnya Alpha-S1-casein.

Meskipun susu kambing adalah sumber protein berkualitas tinggi seperti susu sapi dan menyediakan hampir 6 g per 200 ml penyajian, tetapi susu kambing memiliki tingkat alpha-S1-casein yang jauh lebih rendah daripada mayoritas susu sapi.

Beberapa protein dalam susu kambing cukup mirip dengan yang ditemukan dalam susu sapi dan dapat menyebabkan reaktivitas silang.

Sebaiknya ikuti saran dari ahli gizi atau dokter kepercayaan Anda mengenai dampak dan manfaat susu kambing untuk kesehatan Anda.

2. Lemak dan Protein yang Mudah Dicerna

Kandungan lemak susu kambing mirip dengan susu sapi (3,6% untuk keseluruhan, 1,6% untuk semi-skim dan hanya 0,1% untuk skim), gumpalan lemak secara alami jauh lebih kecil dalam ukuran dan ini mungkin membuatnya lebih mudah untuk dicerna.

Komposisi protein susu kambing juga lebih lembut selama dalam pencernaan, yang dapat membantu kesehatan dan kenyamanan pencernaan Anda.

3. Lebih Rendah Laktosa

Susu kambing tidak dianjurkan untuk siapa pun yang telah didiagnosis dengan intoleransi laktosa.

Namun, susu kambing umumnya mengandung lebih sedikit laktosa (gula alami yang ditemukan dalam susu dan makanan olahan susu lainnya) daripada susu sapi.

Jumlah laktosa yang dapat ditoleransi orang bervariasi. Itu sebabnya mengapa beberapa orang yang tidak toleran dengan laktosa dapat menikmati susu kambing tanpa dampak apa pun.

Tetapi, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter umum atau ahli kesehatan sebelum rutin mengonsumsi susu kambing ini untuk mendapatkan manfaat.

4. Mengandung Tinggi Kalsium

Tiga porsi produk susu kambing sehari dapat menyediakan lebih dari 100% kebutuhan kalsium harian orang dewasa.

Hebatnya, kalsium dalam susu kambing dan produk turunannya lebih mudah diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh, daripada kalsium pada sebagian besar makanan lainnya.

Kalsium sangat penting untuk pengembangan dan menjaga kesehatan tulang dan gigi, membantu meningkatkan fungsi otot, menghentikan pendarahan dan membantu tubuh untuk menghasilkan energi.

5. Rendah Kolesterol

Secara alami, susu kambing mengandung lebih rendah kolesterol makanan daripada susu sapi murni.

Pilihan seperti susu kambing jenis skim dan semi-skim, bisa menjadi alternatif pilihan bagi orang-orang yang memperhatikan asupan lemak dan lemak jenuh, serta kadar kolesterol.

6. Menjaga Tekanan Darah

Salah satu manfaat susu kambing untuk kesehatan yang menakjubkan adalah dapat menjaga tekanan darah.

Produk susu seperti susu kambing dan yogurt adalah sumber kalsium dan potasium.

Masing-masing kandungan tersebut mencukupi 30% dan 17% dari Nutrisi kebutuhan harian per 200ml penyajian.

Dua mineral tersebut (kalsium dan potasium) sangat penting dalam menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Pilih opsi susu rendah lemak untuk menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung Anda secara keseluruhan.

7. Mengandung Banyak Mineral Esensial

Sekitar 200 ml susu kambing memberikan lebih dari seperempat (180mg) nutrisi harian untuk fosfor.

Kegunaan fosfor sendiri adalah dapat membantu membangun dan mempertahankan tulang dan gigi yang kuat, dan untuk melepaskan energi dari makanan.

Selain itu, susu kambing dapat membantu memenuhi kebutuhan yodium harian Anda, di mana mineral tersebut dibutuhkan untuk menghasilkan hormon tiroid seperti tiroksin, dan untuk menjaga metabolisme tubuh.

Terlebih lagi, susu kambing adalah sumber klorida, menyediakan 38% kebutuhan harian per porsi (200ml), di mana itu penting untuk menjaga pencernaan agar tetap sehat.

8. Sumber Vitamin

Satu porsi (200 ml) susu kambing menyediakan 14% kebutuhan harian untuk vitamin B5 (asam pantotenat), yang membantu tubuh menghasilkan energi dan mengurangi kelelahan, 12% untuk biotin (vitamin B yang penting untuk sistem saraf yang sehat, kulit dan rambut). Serta, mencukupi 11% kebutuhan vitamin A (dibutuhkan untuk kesehatan kulit dan penglihatan) harian.

9. Prebiotik

Susu kambing memiliki lebih banyak oligosakarida (karbohidrat yang tidak dapat dicerna) daripada susu sapi, dengan jumlah dan struktur yang sama dengan yang ditemukan dalam susu manusia.

Ini bertindak sebagai prebiotik dalam usus dan dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mikrobioma usus. Cara kerjanya adalah dengan mendorong pertumbuhan bakteri usus yang bermanfaat.

10. Mengatasi Tuberkulosis dan Asma

Manfaat susu kambing terakhir, dapat mengatasi Tuberkulosis, asma dan masalah pernafasan.

Tuberkulosis dan Asma adalah penyakit yang banyak diderita oleh orang-orang.

Dengan rutin mengonsumsi susu kambing, kedua penyakit tersebut bisa diobati. Itu karena susu kambing mengandung Flourin dan Betacasein.

Selain itu, susu kambing juga memiliki manfaat untuk meredakan penyakit yang berhubungan dengan pernafasan.

Baca juga:

Itulah beberapa manfaat susu kambing untuk kesehatan yang luar biasa. Tidak ada salahnya untuk mengganti susu sapi yang biasa Anda konsumsi dengan susu kambing ini. Semoga menambah wawasan Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *