Simak Tips Menyusui Bayi Baru Lahir

Diposting pada

Bagi Sebagian ibu, menyusui terkesan rumit & merepotkan. Hal ini wajar, khususnya untuk ibu yang baru pertama kali punya anak. Itulah kenapa kalian harus tahu posisi yang benar saat menyusui. Di sini, kita akan membahas beberapa tips menyusui bayi baru lahir. Kalian para ibu harus paham agar proses menyusui bukan hanya lancar tapi juga menyenangkan.

Posisi Menyusui Bayi yang Baru Lahir

  1. Bersandar

Ini adalah posisi yang paling banyak dilakukan ibu yang menyusui anak baru lahir karena sangat mudah. Cukup dengan bersandar dikursi nyaman dengan tambahan banyal jika perlu. Lalu, si kecil ditempatkan di bawah dada & kepala sejajar dengan dada. Leher si kecil jangan sampai menekuk & hidungnya jangan sampai tertekan dada. Kemudian, arahkan putting ke mulut si kecil.

Tips Menyusui Bayi Baru Lahir
Tips Menyusui Bayi Baru Lahir
  1. Berbaring

Untuk ibu menyusui yang belum punya tenaga cukup untuk duduk sehabis melahirkan, posisi berbaring bisa menjadi opsi terbaik. Pertama, topang kepala& punggung dengan bantal agar nyaman. Setelah itu, letakkan kepala bayi di sekitar dada & arahkan mulutnya ke putting.

  1. Cradle hold

Posisi ini bisa menjadi alternatif saat taka da tempat bersandar & bayi berusia kurang dari 4 bulan. Caranya adalah dengan menekuk salah satu tangan guna menopang kepala, leher & tubuh si kecil. Dengan pelekatan yang benar, sang buah hati akan merasa nyaman & leluasa menyusu, bahkan dalam waktu yang lama.

  1. Cross cradle hold

Bedanya dengan cradle hold adalah menggunakan tangan yang berbeda. Jika bayi menyusu payudara kanan, topang tubuh si kecil dengan tangan kiri. Posisi ini memudahkan kalian mengontrol pelekatan menyusui agar putting tak rentan iritasi.

  1. Berbaring menyamping

Jika si kecil ingin menyusu di sela-sela waktu tidur/pasca operasi Caesar, car aini cocok dilakukan. Cukup berbaring rileks ke arah bayi dan miringkan tubuhnya supaya dekat dengan putting. Agar leluasa, singkirkan bantal & selimut dari tempat tidur.

  1. Clutch hold/football hold

Posisi menyusui yang satu ini mengharuskan ibu menyusui mengapit bayi di bawah lengan agar ia menyusu sambil berbaring. Posisi ini cocok untuk ibu menyusui dengan payudara besar. Cocok juga untuk menyusui bayi kembar secara bersamaan. Perlu diperhatikan, jangan sampai hidung si kecil tertekan agar tidak mengganggu pernapasan selama menyusu.

  1. Duduk

Satu lagi posisi menyusui yang benar dan nyaman adalah duduk. Posisi ini cocok jika si kecil sudah 6 bulan atau lebih & bisa duduk sendiri. Dengan posisi ini, kalian tidak perlu menopang tubuh bayi saat menyusu. Si kecil pun akan lebih nyaman & leluasa mengendalikan posisi hidung agar tidak mengganggu pernapasannya.

Jadi, posisi mana yang paling kalian suka Ketika menyusui? Apapun itu, pastikan posisi tersebut nyaman baik untuk ibu menyusui maupun si kecil. Perlu diketahui, menyusui bukan hanya sekedar menjaga ASI tetap lancar tapi asupan gizi & kualitas ASI juga harus diperhatikan.

Setelah mengetahui tips menyusui bayi baru lahir, kalian tak perlu bingung lagi memilih posisi yang baik dan benar untuk menyusui si kecil. Untuk urusan gizi ASI, tak perlu khawatir karena ada Anmum Lacta yang menyempurnakan asupan gizi & makanan sehar-hari. Anmum Lacta memang diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan ibu menyusui dengan NEULIPID serta kandungan omega, serat pangan, vit. B, zat besi, kalsium, DHA, dan ganglioside untuk kualitas ASI lebih baik. Dengan mengkonsumsinya setiap hari, tumbuh kembang si kecil un akan semakin maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *