Suku Tarahumara: The Flash yang Nyata

Diposting pada
suku tarahumara sedang berlari

Suku Tarahumara: The Flash yang Nyata – Pernahkah Anda nonton film The Flash? Ternyata tokoh The Flash bukan hanya ada dalam di dalam film fiksi saja lho, faktanya di dunia ini ada juga orang-orang yang bisa berlari cepat, bahkan selalu berlari dalam melakukan berbagai aktifitas sehari-hari.

Walaupun tidak secepat The Flash, tapi kecepatan serta ketahanan mereka berlari patut diacungi jempol. Mereka adalah orang-orang dari suku Tarahumara.

Suku Tarahumara

Tarahumara adalah penduduk asli Amerika yang bermukim di Meksiko barat laut. Suku ini terkenal dengan kemampuan berlari jarak jauh mereka.

Mungkin kalau di Indonesia mereka seperti suku baduy, bedanya suku baduy berjalan, sedangkan suku Tarahumara berlari.

Selain berlari cepat, suku ini juga memiliki ketahanan berlari dalam durasi yang lama. Dengan kecepatan berlari mencapai 38 kilometer per jam.

Suku yang dikenal juga sebagai Rarámuri ini dapat menuruni gunung hanya dalam waktu 90 menit dengan alas kaki sederhana.

Padahal jika kita menaiki keledai dengan lari yang cukup cepat, kita bisa menghabiskan waktu sekitar 10 jam.

Populasi Tarahumara pada tahun 2006 sekitar 60.000 orang. Sebagian besar masih bergaya hidup tradisional, menghuni tempat penampungan alami seperti gua atau tebing-tebing, serta pondok kecil dari kayu atau batu.

Alasan utama suku Tarahumara berlari cepat adalah untuk berburu. Tapi tak hanya untuk berburu, untuk melewati musim dingin, berkirim pesan antar desa, serta mencari kayu bakar di hutan adalah alasan suku ini terbiasa untuk berlari.

Rahasia Kecepatan Berlari Suku Tarahumara

Rahasia orang-orang Rarámuri ini bisa berlari cepat adalah karena menu makanan mereka. Kacang-kacangan, labu, sayuran-sayuran hijau dan juga tumbuhan biji bernama Chia.

Itu semua adalah sumber makanan mereka. Selain itu, mereka juga meminum bir hasil racikan mereka sendiri yang dibuat dari jagung, air gula dan jeruk nipis.

Makanan serta ramuan inilah yang dipercaya sebagai penyebab orang-orang Tarahumara bisa berlari secepat kijang.

Selain itu, penyebab lainnya adalah karena memang mereka sejak kecil sudah terbiasa melakukan aktivitas dengan berlari.

Semoga cerita tentang suku Tarahumara di atas bisa menginspirasi kita untuk ikut berlari, karena berlari sangat baik untuk kebugaran dan kesehatan jantung kita lho!

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *