Tips Mencukur Bulu Ketiak Agar Tidak Hitam

Diposting pada

Masalah ketiak yang sering dialami oleh sebagian wanita terutama bau membuat wanita menjadi tidak percaya diri saat berkumpul dengan orang lain. Area ketiak memang terbilang sensitif karena merupakan lekukan yang sering menjadi tempat penumpukan bakteri dan juga area pengeluaran keringat yang lebih banyak sehingga menyebabkan bau badan. Tidak heran jika banyak wanita memilih mencukur bulu ketiak namun hal tersebut tidak mudah dilakukan.

Cara Mencukur Bulu Ketiak

Biasanya alat yang digunakan untuk mencukur bulu ketiak yaitu dengan menggunakan pisau cukur manual atau ada juga yang menggunakan alat pencukur listrik yang harganya lebih mahal. Bulu ketiak harus dicukur secara rutin karena tetap akan mengalami pertumbuhan.

Mencukur Bulu Ketiak
Mencukur Bulu Ketiak

Hal ini karena bulu ketiak hanya dicukur bagian luarnya saja dan tidak sampai ke akar sehingga akan tumbuh kembali. Namun mencukur bulu ketiak dapat membuat kulit ketiak menjadi hitam. Namun anda tidak perlu khawatir karena terdapat cara mencukur bulu ketiak yang aman dan tepat sehingga tidak membuat kulit ketiak menjadi hitam.

1. Bersihkan area ketiak sebelum mencukur

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu dengan membersihkan ketiak terlebih dahulu sebelum mencukurnya. Hal ini bertujuan agar sel-sel kulit mati terangkat. Apabila anda ingin melakukan eksfoliasi kulit ketiak, lakukan beberapa hari sebelum mencukur dan hindari mengeksfoliasi 1-2 hari sebelum dan sesudah mencukur karena rentan iritasi. Eksfoliasi kulit secara rutin juga dapat menghilangkan bakteri penyebab bau badan dan juga mencerahkan kulit ketiak.

2. Gunakan pelembab atau minyak sebelum mencukur

Terkadang, mencukur dapat menyebabkan iritasi karena pisau cukur yang digunakan. Maka dari itu anda bisa mengaplikasikan pelembab berbentuk gel atau krim. Bisa juga dengan menggunakan minyak seperti minyak kelapa, minyak zaitun, grapeseed oil atau tea tree oil sehingga area ketiak akan tetap lembab dan tidak mudah iritasi saat mencukurnya.

3. Mencukur di malam hari

Disarankan untuk mencukur di malam hari karena keringat akan lebih sedikit muncul pada malam hari dibandingkan dengan pada saat siang hari. Jangan mencukur bulu ketiak sebelum dan setelah olahraga karena keringat yang berlebihan dapat mengganggu proses mencukur.

4. Pilih alat cukur yang tepat

Anda juga tidak boleh sembarangan dalam memilih alat cukur. Pilihlah alat cukur yang memang dikhususkan untuk area sensitif karena lebih aman untuk mencukur bulu ketiak. Anda bisa memilh pisau cukur dengan pisau yang hanya terletak di satu sisi agar pisau di sisi lainnya tidak menggores kulit. Jangan menekan pisau terlalu keras.

Terentangkan tangan agar tidak ada lipatan ketiak yang mengganggu proses mencukur. Gerakkan pisau cukur dengan pelan dan lembut untuk mencegah iritasi dan juga mencegah timbulnya bulu ketiak ke arah dalam kulit.

5. Gunakan produk deodoran khusus

Anda bisa memilih produk deodoran khusus untuk merawat kulit ketiak. Pilih deodoran yang memiliki formula yang dapat menjaga kulit tetap lembab, memberikan kecerahan kulit ketiak dan menjaga agar warnanya tetap merata, dan juga yang dapat mencegah bau badan. Namun sebaiknya anda menghindari penggunaan deodoran setelah mencukur karena rentang iritasi. Maka dari itu sebaiknya mencukur pada malam hari di mana sudah minum aktivitas agar tidak bau badan.

Anda bisa menggunakan Dove Ultimate Repair Deodorant Antiperspirant yang memiliki kandungan Vitamin B3, tanpa alkohol, dan juga moisturizing cream dengan wangi yang menyenangkan. Deodoran Dove dapat mencegah warna kulit ketiak gelap akibat mencukur bulu ketiak dan juga merawatnya sehingga bebas dari bau badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *